Cara Merekam Layar HP Samsung M12 Menggunakan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Cara Merekam Layar HP Samsung M12 – Merekam layar HP bisa menjadi sangat menyenangkan untuk dilakukan. Rekaman layar juga dapat berguna dalam suatu tutorial untuk menunjukkan kepada teman mengenai cara melakukan tugas-tugas tertentu di HP-nya. Jadi, para pengguna Samsung M12 juga harus tahu bagaimana cara merekam layar HP Samsung M12 yang mudah dan simple.

Pengguna bisa memanfaatkan perekaman layar untuk merekam permainan game-nya. Setelah itu, hasil rekamannya bisa di-posting di media sosial. Samsung M12 sendiri menyediakan fitur screen recorder untuk hal ini. Namun jika fitur tersebut tidak berfungsi, pengguna bisa menginstal aplikasi dari pihak ketiga. Berikut adalah cara melakukan perekaman layar pada Samsung M12 dengan fitur bawaan maupun aplikasi tambahan:

Cara Merekam Layar HP Samsung M12 dengan Fitur Bawaan

Samsung me-launching seri Galaxy M terbaru, yaitu Samsung Galaxy M12, pada bulan April 2021. Perangkat ini menggunakan OS Android 11 serta didukung One UI Core 3.1 yang mempunyai berbagai fitur menarik. Satu dari beberapa fiturnya ialah fitur rekam layar alias screen recorder.

Fitur rekam layar merupakan fitur yang dapat digunakan pengguna untuk mengambil rekaman dari aktivita pada layar HP-nya. Jadi, perekaman layar di Samsung M12 bisa dilakukan tanpa aplikasi dari pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkahnya:

#TRENDING  Penyebab dan Cara Mengatasi HP Samsung Mati Hidup Sendiri

1. Periksa Apakah Ikon Perekam Layar Ada di Quick Panel

Pertama-tama, periksa dulu apakah ada ikon untuk merekam layar di quick panel. Untuk memeriksanya, buka kunci Samsung M12 dan geser jari dari tepi atas layar ke bawah beberapa sentimeter. Ini kemudian akan menampilkan quick panel di mana quick settings akan muncul.

Pada quick panel tersebut biasanya akan ada pengaturan terkait jaringan Wi-Fi, bluetooth, mode diam, mode pesawat, dan lain-lain. Geser ke bawah lagi dengan satu jari untuk menampilkan panel secara penuh, periksa apakah ada ikon perekam layar di sana.

2. Tampilkan Ikon Perekam Layar

Jika ikon perekam layar tidak ada di quick panel, maka pengguna perlu melakukan sedikit pengaturan pada quick panel-nya. Pengaturan ini dimaksudkan untuk menampilkan ikon perekam layar tersebut. Inilah step-step yang harus dilakukan:

  • Klik lambang tiga buah titik di bagian atas sebelah kanan quick panel.
  • Lalu tapButton order“.
  • Sekarang pengguna akan melihat ikon rekam layar. Seret di bagian tombol ikon tersebut untuk memasukkannya ke dalam quick panel.

3. Mulai Rekam

Sekarang, ikon perekam layar sudah ada di quick panel. Untuk langsung mulai cara merekam layar HP Samsung M12, buka quick panel lalu ketuk ikon perekam layar tersebut. Namun jika pengguna ingin mengatur kualitas video hasil rekam layarnya terlebih dahulu, tekan dan tahan ikon tersebut.

#TRENDING  7 Aplikasi penghasil Diamond Free Fire Gratis

Selanjutnya, akan tampil pengaturan videonya. Pengguna bisa juga memilih video tanpa suara atau mengambil suara dari microphone. Jika semua pengaturan sudah disesuaikan dengan keinginan, klik tombol “Mulai” untuk mulai merekam layar. Sistem akan memunculkan hitung mundur untuk 3 detik sebelum merekam. Untuk berhenti merekam, klik tombol “Stop” di kiri atas layar.

Cara Merekam Layar HP Samsung M12 dengan Aplikasi

Selain menggunakan fitur screen recorder yang ada pada Samsung M12, pengguna juga bisa merekam layar menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Ada banyak sekali aplikasi semacam itu di Google Play Store. Salah satu dari yang terbaik adalah aplikasi Screen Recorder & Video Recorder – Xrecorder dari Inshot Inc.

#TRENDING  6 Cara Mengatasi WiFi Lemot di HP Realme C2 Dengan Mudah

Pengguna hanya perlu men-download dan menginstalnya melalui Google Play Store. Sesudahnya, jalankan aplikasinya lalu ikuti petunjuk-petunjuk yang ada dalam aplikasi tersebut. Semuanya sudah dijelaskan dengan lengkap. User interface-nya pun juga sangat simple dan mudah dipahami.

Demikianlah cara merekam layar HP Samsung M12 menggunakan fitur bawaan ataupun menggunakan aplikasi tambahan. Kelebihan dari HP ini adalah sudah tersedianya fitur perekam layar bahkan dengan pengaturan lengkap. Namun terkadang, pengguna juga memerlukan hal lain dari sebuah rekaman layar yang tidak didapatkan dari fitur bawaan tersebut. Jadi, aplikasi pihak ketiga bisa menjadi alternatifnya.