Cara Membersihkan Android Dari Virus Yang Berbahaya

Cara membersihkan Android dari virus yang berbahaya terbilang cukup mudah. Pengguna bisa melakukan pembersihan virus di ponsel Androidnya dengan beberapa langkah saja. Cara yang bisa pengguna lakukan akan dengan mudah bisa menghilangkan virus yang menginfeksi ponsel dan membuat ponsel kembali aman dan bisa digunakan dengan baik.

5 Cara membersihkan android dari virus yang berbahaya

Berikut cara yang bisa pengguna ikuti untuk membersihkan virus yang bersarang di ponsel. Hanya dengan 5 langkah mudah pengguna bisa memberantas serta melindungi ponsel dari virus yang berbahaya dan bisa menjangkit jaringan ponsel tanpa diduga.

1. Matikanlah Perangkat Android yang Digunakan

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan mematikan perangkat Android yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk menonaktifkan aplikasi dan sistem ponsel yang masih berjalan.

#TRENDING  5 Cara Agar Baterai HP iPhone Tidak Cepat Habis, Pengguna Wajib Tahu!

Pengguna hanya cukup menekan lama tombol power yang ada di ponsel. Setelah itu, ada pilihan untuk power off atau restart.  Mematikan ponsel bisa memulihkan beberapa sistem yang terkena bug ringan, sehingga akan lebih mudah untuk dilakukan pembersihan pada ponsel, sehingga ponsel bisa kembali berjalan dengan lancar dan aman.

2. Nyalakanlah Kembali dan Beralih ke Mode Aman

Setelah ponsel berhasil dimatikan atau dinonaktifkan, tahap selanjutnya adalah diamkan ponsel untuk beberapa waktu sebelum dinyalakan kembali. Jika ponsel sudah menyala dan sudah menampilkan tampilan layar dari ponselnya,  buatlah ponsel berada pada mode aman. Ini bertujuan untuk mendeteksi adanya ketidakwajaran pada aplikasi yang sudah diinstal.

Sesuai namanya, mode aman memungkinkan perangkat pengguna untuk berada pada perbaikan sistem. Dimana sistem ini tidak bisa diperbaiki saat ponsel berada pada kinerja normal.

3. Masuklah ke Pengaturan untuk Menemukan Aplikasi

Jika mode aman sudah diaktifkan, penggunan bisa masuk ke bagian pengaturan. Di bagian ini, pengguna bisa menemukan aplikasi yang sekiranya terindikasi virus berbahaya untuk ponsel Android pengguna. Aplikasi yang terinfeksi bisa lebih dari satu atau dua, maka penting untuk dilakukan pengecekan pada semua aplikasi yang ada pada ponsel.

#TRENDING  Cara Mengunci Jaringan 4G di Hp Oppo Paling Ampuh

Aplikasi ini selanjutnya akan ditindaklanjuti pada tahap berikutnya atau tahap setelah ini. Tahapan yang memungkinkan pengguna untuk mengambil keputusan yang berguna bagi ponsel, supaya virus tidak lagi menjangkit ponsel Android.

4. Hapuslah atau Uninstall Aplikasi yang Terindikasi Bervirus

Tahap setelah menemukan aplikasi yang terinfeksi virus adalah menghapus serta melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Ini dilakukan untuk menghindari virus tersebut menjangkit ke berbagai sistem yang ada pada ponsel Android pengguna. Nantinya pengguna masih bisa melakukan Pengunduhan ulang pada aplikasi yang dibutuhkan.

Bersamaan dengan dihapusnya aplikasi, maka akan hilang juga virus ini. Meski tidak sepenuhnya bisa hilang dari ponsel, setidaknya dengan melakukan ini, pengguna satu langkah lebih baik dalam mencoba memberantas virus yang berbahaya.

5. Lakukanlah Download Anti Virus atau Pelindung Malware

Ada baiknya sebelum mengunduh ulang aplikasi yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pengguna, perlu dilakukan Pengunduhan aplikasi anti virus. Hal ini untuk melindungi ponsel dari serangan Malware yang tidak terduga. Bagian ini bisa menjadi tahap terakhir dari cara membersihkan Android dari virus yang berbahaya di ponsel pengguna.

#TRENDING  5 Cara Menghapus Akun Google Di HP Xiaomi Redmi Note 7

Seperti yang mungkin pengguna Android sudah tahu bahwa virus Malware ini sangat berbahaya bukan hanya bagi sistem perangkat, tapi juga bisa menimbulkan kerugian material.

Demikian 5 langkah cara membersihkan Android dari virus yang berbahaya. Langkah di atas bisa diikuti oleh pengguna dengan tipe HP Android versi apapun. Dengan mengaplikasikan cara tersebut, ponsel pintar akan terhindar dari serangan virus berbahaya.