Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Oppo Terbaru

Sudah menjadi hal yang lumrah jika ponsel android yang dibeli ternyata sudah tersemat aplikasi bawaan, termasuk ponsel keluaran vendor Oppo. Sayangnya aplikasi tersebut tidak pernah digunakan, sehingga hanya memenuhi RAM ponsel saja dan sulit dihapus. Namun, tenang saja sebab ada cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di Oppo yang bisa dilakukan. Berikut caranya:

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus Secara Manual

Menghapus aplikasi bawaan pada ponsel Oppo memerlukan teknik khusus agar proses tersebut berhasil dilakukan. Terdapat beberapa fitur yang jarang diketahui para pengguna ponsel Oppo yang masih awam, padahal memiliki manfaat yang luar biasa. Tidak ada salahnya memanfaatkan fitur tersebut untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai. Untuk menggunakannya bisa mengikuti cara berikut:

#TRENDING  7 Aplikasi Percepat Video Terbaik

1. Jalankan Factory Reset

Cara menghapus aplikasi bawaan yang tersemat di ponsel Oppo paling umum yakni dengan menjalankan factory reset. Proses tersebut sebaiknya perlu dipertimbangkan dengan baik, sebab setelah melakukan factory reset seluruh data yang ada akan hilang dari ponsel. Jika tetap memilih factory reset sebagai solusi menghapus aplikasi bawaan, pastikan untuk membuat salinan data pada perangkat lain.

2. Matikan Fitur Administrator

Mematikan fitur administrator aplikasi yang terdapat di ponsel Oppo berfungsi untuk memberikan hak penuh kepada pengguna ponsel terhadap pengelolaan aplikasi. Hal ini tentunya membuat pengguna bisa menghapus aplikasi manapun termasuk aplikasi bawaan ponsel yang sulit dihapus. Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mematikan fitur tersebut yakni;

  • Masuk ke menu pengaturan ponsel Oppo, kemudian klik keamanan dan privasi
  • Setelah itu, pada bagian device administrator klik opsi “menonaktifkan” agar ikon centang yang terdapat di sana hilang
  • Kemudian pengguna bisa kembali ke opsi manajemen aplikasi dan pilih aplikasi bawaan mana saja yang ingin dihapus
  • Klik “paksa berhenti” lalu lanjut memilih opsi “ hapus instalasi,” otomatis aplikasi tersebut akan terhapus dari ponsel Oppo

3. Hapus Aplikasi dengan Drawer Mode

Pada beberapa ponsel Oppo dengan seri colorOS 11.1, mode drawer telah terpasang untuk mempermudah penggunanya melakukan pengorganisasian aplikasi. Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di Oppo dengan mode drawer menjadi solusi paling mudah dari beberapa cara manual lainnya. Tahapan yang dilalui untuk mengaplikasikannya, yakni;

  • Buka menu drawer mode dengan menarik layar dari bawah ke atas
  • Pilih aplikasi dengan menahan ikon, lalu klik opsi uninstall pada menu pop-up yang tersedia
  • Pengguna juga bisa memilih lebih dari satu aplikasi bawaan untuk dihapus secara bersamaan
  • Apabila telah selesai pengguna bisa kembali ke layar utama
#TRENDING  5 Aplikasi Kamera Selebgram Feed Aesthetic

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Oppo dengan Bantuan Pihak Ketiga

1. Easy Uninstaller App Uninstall

Uninstaller app uninstall menjadi salah satu aplikasi pihak ketiga yang digunakan ketika akan menghapus aplikasi bawaan. Cara ini cukup ampuh apabila metode menghapus aplikasi bawaan di ponsel Oppo secara manual tidak berhasil. Pengguna cukup mengunduh aplikasi tersebut di PlayStore kemudian jalankan aplikasi dengan klik start using now. Pilih aplikasi, lalu klik uninstall.

2. CCleaner

Aplikasi yang tak kalah mudahnya digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan pada ponsel Oppo yakni CCleaner. Pengguna bisa mengunduhnya di playstore, kemudian jalankan aplikasi. Klik garis tiga yang terdapat di sana, selanjutnya pilih app manager. Tap opsi tab system dan pilih aplikasi yang akan dihapus. Terakhir klik tombol uninstall untuk mengakhiri proses penghapusan aplikasi bawaan.

#TRENDING  Aplikasi Kompres Video Android

Aplikasi bawaan yang terpasang di ponsel Oppo memang sangat menyebalkan. Sebab aplikasi tersebut sulit sekali dihapus dan keberadaannya juga berpengaruh terhadap RAM ponsel. Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di Oppo di atas bisa menjadi solusi yang sekiranya dapat diikuti dengan aman dan mudah.