3 Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 di Android Tanpa Aplikasi

Photo size sering dijadikan suatu pelengkap administrasi dokumen baik itu melamar pekerjaan, masuk perguruan tinggi, hingga hal lainnya. Namun, bagaimana apabila saat dibutuhkan foto sebagai syarat tersebut tidak ada? Jangan khawatir, berikut ini akan dijabarkan cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android tanpa aplikasi untuk memenuhi ketentuan berkas:

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 di Android Tanpa Aplikasi

Bagi pemilik Android yang ingin mengedit foto pribadi dengan ukuran 4×6 dapat memanfaatkan editor foto online pada web. Namun, untuk dapat menggunakan layanan ini pastikan bahwa perangkat dalam kondisi yang cukup baik. Langsung saja, simak beberapa situs resize foto sebagai berikut:

1. Image Resize

Untuk dapat menggunakan web ini, pemilik Android harus masuk terlebih dahulu pada browser di perangkat. Kemudian, cari situs imageresize.org dengan mengetiknya di kolom pencarian yang tersedia pada mesin web. Setelah itu, klik opsi Select Images beserta foto yang ingin dilakukan pengubahan ukuran.

Selanjutnya, gulir ke bawah sampai terlihat opsi Image Size dan Custom Size, kemudian buka gambar gembok. Disini ganti satuan menjadi cm, lalu input ukuran foto sesuai kebutuhan (4×6). Setelah itu, pilih opsi Save untuk menyimpan kustomisasi foto dan klik Download Image agar dapat terunduh di perangkat Android.

2. I Love IMG

Tidak hanya Image Resize yang bisa digunakan, I Love IMG juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan resize foto berukuran 4×6. Disini pemilik Android perlu mengetikkan www.iloveimg.com pada mesin pencarian atau browser di perangkat pribadi. Setelah masuk ke laman, pilih Select Images dan input foto yang diinginkan.

Berikutnya, kosongkan ceklis pada opsi Maintain Aspect Ratio yang terdapat pada kolom Resize Options. Hanya saja, dalam web ini kustom untuk satuan cm tidak tersedia sehingga bentuk ukuran yang bisa dipilih berbentuk piksel. Apabila sudah diubah (sesuai ketetapan 4×6), maka silahkan tekan Resize Image lalu Download Resized Image.

3. Canva

Berbeda dengan cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android tanpa aplikasi sebelumnya, Canva tidak hanya bisa digunakan lewat web saja. Namun, disini yang akan dibahas melalui mesin pencarian pada perangkat Android. Pemilik dapat pergi ke laman www.canva.com lalu login menggunakan akun pribadi.

Setelah itu, klik opsi Plus yang terdapat pada laman Canva kemudian pilih ukuran dan Custom Size. Apabila unit yang digunakan cm maka ubah kolom width (38,1) dan height (55,9), lalu tekan Create New Design. Selanjutnya, masukkan foto yang nanti akan disunting dengan ukuran 4×6, tunggu hingga semua rangkaian editor selesai.

Efek dari Edit Foto

Meskipun pemilik dapat menggunakan layanan pada web yang telah disebutkan dalam mengubah ukuran foto pribadi sesuai keinginan. Tetapi, ada beberapa hal yang berpengaruh pada gambar yang sudah dilakukan pengeditan. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat poin-poin penting di bawah ini secara seksama:

  • Editor foto dapat membuat kualitas menjadi menurun, tapi tidak merusak gambar asalkan sesuai dengan ketetapan (cm atau piksel) yang ditentukan.
  • File foto mengalami penurunan ukuran yang cukup intens, walaupun demikian hal ini justru tidak mengganggu ruang penyimpanan pada perangkat Android.
  • Membutuhkan jaringan yang stabil agar segala rangkaian editor foto web berjalan normal dan lancar tanpa hambatan.

Itulah beberapa cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android tanpa aplikasi yang bisa dipilih oleh para pemilik perangkat pribadi. Alternatif ini dapat menjadi pilihan yang baik khusus bagi Android dengan minim ruang penyimpanan sehingga gagal menyimpan aplikasi editor foto.