2 Cara Membersihkan Hp Android Agar Tidak Lemot

Cara Membersihkan Hp Android – Hp lemot adalah salah satu permasalahan yang cukup meresahkan bagi para penggunanya dalam menjalankan aktivitasnya. Lemot tersebut biasanya disebabkan oleh sampah atau cache yang menumpuk dan tidak pernah dibersihkan. Sehingga dalam hal ini pengguna perlu mengetahui cara membersihkan hp android agar tidak lemot dan dapat digunakan dengan lancar saat beraktivitas.

2 Cara Membersihkan Hp Android

Ada dua metode untuk membersihkan hp android agar ponsel tidaklemot dan bisa bekerja dengan optimal yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan dan juga tanpa aplikasi tambahan .

1. Membersihkan Tanpa Menggunakan Aplikasi Pendukung

Agar hp menjadi tidak lemot, sampah yang ada pada android perlu dibersihkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat sistem yang ada pada android tersebut. Caranya adalah sebagai berikut ini:

A. Melalui File Manager

Data pada File Manager biasanya juga terdapat sampah yang membuat hp menjadi lemot saat digunakan. Salah satu sampah yang ada pada File Manager ini adalah berkas-berkas tersembunyi dari android itu sendiri. Sehingga pengguna perlu untuk membersihkannya dengan cara sebagai berikut ini:

  • Buka aplikasi File Manager dan akan muncul beberapa folder
  • Ketuk titik tiga pada bagian kanan atas layar hp android
  • Klik pada bagian “Tampilkan Berkas Tersembunyi”
  • Setelah berkas tersembunyi ditampilkan maka akan muncul folder baru yang awalnya tersembunyi
  • Pilih semua folder tersembunyi dan hapus
#TRENDING  Cara Reset Hp Samsung Lupa Pin yang Mudah Dilakukan

File tersembunyi tersebut sangat banyak yang membuat hp menjadi lemot saat digunakan. Sehingga membersihkan folder tersembunyi tersebut akan membuat hp dapat digunakan dengan lancar saat beraktivitas.

B. Melalui Setelan

Cara membersihkan hp android agar tidak lemot dengan menu setelah adalah dengan menghapus cache pada aplikasi. Cache yang ada pada setiap aplikasi membuat hp menjadi lemot dan tentunya akan membuat kesal para penggunanya. Cara untuk menghapus cache melalui setelan yaitu:

  • Buka menu Setelan dan cari fitur Penyimpanan
  • Selanjutnya akan muncul beberapa opsi seperti aplikasi, musik, data dalam cache dan file lainnya
  • Klik pada bagian “Data Dalam Cache” hingga muncul pemberitahuan “Hapus data dalam cache?” dan “Ini akan menghapus data cache untuk semua aplikasi”
  • Lanjut dengan pilih Oke dan semua data cache aplikasi akan terhapus dan hp menjadi tidak lemot
#TRENDING  Cara Flash Hp Samsung dengan Mudah dan Cepat

Pengguna hp android tidak perlu khawatir akan kehilangan data-data yang ada pada aplikasi karena cache ini adalah data sampah. Yang mana ketika dihapus tidak akan berpengaruh pada data-data penting yang ada pada aplikasi tersebut.

2. Membersihkan dengan Menggunakan Aplikasi Pendukung

Selain menggunakan cara-cara yang sebelumnya sudah disebutkan terdapat cara yang lain untuk membersihkan dengan menggunakan aplikasi pendukung agar hp menjadi tidak lemot. Aplikasi-aplikasinya adalah sebagai berikut ini:

A. Ccleaner

Aplikasi yang cukup menjadi rekomendasi untuk membersihkan sampah agar hp tidak lemot yang pertama adalah Ccleaner. Ccleaner ini dapat dengan mudah dijumpai pada PlayStore sehingga dapat dengan mudah untuk di install pada android. Cara menggunakan software ini cukup mudah hanya dengan membukanya, pilih Quick Clean dan otomatis aplikasi tersebut akan membersihkan semua sampahnya.

B. File by Google

Cara membersihkan hp android agar tidak lemot menggunakan aplikasi selanjutnya dengan File by Google. Sebelum menggunakan aplikasi ini pengguna harus memasangnya terlebih dahulu pada android agar dapat membersihkan sampah yang ada didalamnya. Perlu untuk diketahui juga bahwa aplikasi ini mampu membersihkan sisa sampah yang sudah di uninstall sebelumnya.

#TRENDING  Cara Mengatur Kamera Profesional Vivo, Foto Dijamin Kece

Itulah beberapa cara membersihkan hp android agar tidak lemot yang dapat dicoba. Tidak hanya membuat hp tidak lemot namun cara tersebut juga dapat membuat penyimpanan menjadi tidak penuh lagi. Dengan begitu pengguna dapat lebih maksimal dalam menggunakan hp itu sendiri.