Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus Di Hp Samsung

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus – Aplikasi dalam hp Samsung terbagi menjadi 2 yaitu bawaan atau sistem dan yang di install sendiri oleh penggunanya. Aplikasi bawaan sendiri merupakan aplikasi yang tidak bisa dihapus dan terkadang membuat penggunanya menjadi kesal. Hal tersebut membuat penggunanya mencari cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di hp Samsung agar dapat mengurangi penyimpanan pada hp.

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus

Di bawah ini sudah saya bagikan beberapa cara menghapus aplikasi yang tidak di hapus di ponsel samsung dengan beberapa metode yang bisa anda terapkan , yaitu :

A. Menggunakan Menu Pengaturan

Ada berbagai cara untuk menghapus aplikasi yang tidak dapat dihapus dan salah satunya dengan menggunakan menu pengaturan yang ada pada hp Samsung. Berbagai itu adalah sebagai berikut ini:

1. Menonaktifkan Administrator Perangkat

Cara yang paling sering digunakan untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada hp Samsung yakni dengan menonaktifkan fitur administrator perangkat. Fitur tersebut merupakan salah satu fitur pada hp Samsung yang mampu memberikan hak kepada penggunanya dalam mengelola aplikasi yang ada didalamnya.

#TRENDING  6 Cara Mengatasi Hp Vivo Pengisian Daya Tidak Normal dengan Mudah

Menonaktifkan fitur administrator perangkat ini juga adalah cara yang paling aman karena tidak harus melakukan root pada hp Samsung para penggunanya. Langkah untuk me-nonaktifkannya adalah sebagai berikut ini:

  • Masuk ke pengaturan atau setelan lalu pilih menu keamanan dan privasi.
  • Scroll ke bagian bawah hingga bertemu dengan Administrator Perangkat dan langsung saja didalamnya pilih untuk menonaktifkan salah satu aplikasi.
  • Setelah menonaktifkan fitur tersebut kembali ke beranda Pengaturan dan pilih menu aplikasi.
  • Setelah masuk dalam menu aplikasi langsung pilih aplikasi salah satu aplikasi kemudian hapus aplikasi tersebut dan selesai.

2. Disable Aplikasi

Disable aplikasi atau menyembunyikan aplikasi adalah salah satu cara yang cukup efektif yang digunakan untuk menghapus aplikasi. Meskipun hanya dengan menyembunyikan aplikasi namun cara ini dapat menghentikan dan tidak memakan kapasitas dari penyimpanan. Langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  • Pergi ke menu Pengaturan dan langsung pergi ke opsi Aplikasi
  • Setelah membukanya, pilih aplikasi yang akan disembunyikan
  • Cari opsi Nonaktifkan Aplikasi dan klik
#TRENDING  Cara Daftar Vaksin

Dengan menonaktifkan aplikasi ini memang tidak terhapus dari perangkat namun seperti yang sudah dilakukan sebelumnya. Bahwa aplikasi yang disembunyikan tidak akan memakan penyimpanan dan tidak akan menerima notifikasi update dari aplikasi yang sudah dihapus.

3. Menyalakan aktivasi USB Debugging

Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di hp Samsung terakhir adalah dengan mengaktifkan fitur USB debugging.  Cara ini hanya disarankan untuk seseorang yang memang sudah benar-benar memahami tentang perangkat Samsung.

Hal tersebut dikarenakan apabila terdapat sebuah kesalahan akan menimbulkan kerusakan pada sistem perangkat hp tersebut. Langkah-langkah dalam mengaktifkan USB debugging untuk menghapus aplikasi adalah sebagai berikut ini:

  • Buka menu pengaturan dan langsung pilih Tentang Ponsel
  • Ketuk sebanyak tujuh kali pada nomor versi hingga muncul pemberitahuan “Selamat Anda Telah Menjadi Pengembang”
  • Setelah itu kembali pada menu awal Pengaturan dan buka pilihan Pengembang
  • Didalamnya pada bagian atas ubah ke Enable pada opsi Men-debug USB
  • Ketika USB debug sudah aktif maka pengguna dapat menghapus aplikasi yang tidak dapat dihapus sebelumnya

B. Menggunakan Aplikasi Pendukung

Aplikasi pendukung yang banyak digunakan untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada hp Samsung yaitu software Easy Uninstaller. Cara menggunakan software ini juga cukup mudah untuk dilakukan yaitu sebagai berikut ini:

  • Download dan install aplikasi pada hp Samsung
  • Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan akan muncul semua aplikasi pada hp
  • Pilih aplikasi yang akan dihapus dan selesai
#TRENDING  Cara Mengatur Sensitif Layar Android Patut Dilakukan

Itulah beberapa cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di hp Samsung yang dapat digunakan agar penyimpanan tidak penuh. Sebelum melakukan uninstall atau hapus lebih baik pengguna mengecek kembali apakah aplikasi tersebut berguna atau tidak untuk perangkat Samsung tersebut.