2 Cara Scan Kode QR WiFi di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Scan Kode QR WiFi di Android – Kode QR memang dulu hanya diperuntukkan untuk sebuah produk, namun seiring berkembangnya waktu, kini sistem android pun sudah dilengkapi dengan kode QR beserta pemindainya. Bahkan sekarang untuk menyambung WiFi pun ada yang sudah menggunakan barcode. Untuk itu di sini akan dibahas mengenai cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi lain dengan mudah.

Sekarang harus ini itu menggunakan ponsel, memang semua jadi terlihat lebih mudah. Namun jika harus selalu mendownload aplikasi, orang juga akan keberatan, alasan yang paling sering terjadi adalah karena memori internal sudah tidak cukup. Untuk itu akan dibahas bagaimana cara scan WiFi tanpa tambahan aplikasi sebagaimana berikut:

Scan Code QR Menggunakan Fitur Bawaan Android

Sekarang sudah hampir semua hp android dilengkapi dengan pemindai, entah itu menjadi salah satu fitur di dalam kamera atau memiliki aplikasinya sendiri. Nah, untuk itu coba manfaatkan fitur bawaan tersebut untuk memindai kode QR WiFi. Untuk tahu caranya lebih lanjut, simak ulasan berikut ini!

  • Pertama pengguna bisa langsung buka aplikasi atau fitur pemindai. Cara ini bisa dilakukan saat offline maupun secara online jika hanya untuk memindai kode QR wifi. Setelahnya pengguna bisa atur untuk memindai kode QR.
  • Saat kamera sudah siap untuk memindai pengguna bisa langsung arahkan di kamera. Setelah itu pada barcode WiFi yang tersedia. Arahkan dengan tepat dalam garis kotak yang tersedia, jika sudah maka akan langsung muncul link untuk menyambut ke saluran WiFi tersebut.
  • Nah, apabila sudah tersedia link tersebut pengguna bisa langsung klik link tersebut dan ikuti. Maka pengguna tak perlu lagi memasukkan kata sandi dan sudah otomatis tersambung dengan WiFi dari barcode tersebut. Selesai.
#TRENDING  Cara Menghapus Driver Printer di Windows 10, Ternyata Penting Untuk Dilakukan

Scan Code QR Menggunakan Google Lens

Fitur pemindai seperti di atas memang tidak semua hp android memilikinya, tapi masih ada lain cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi pihak ketiga. Cara lain ini adalah penggunaan bisa memindai kode QR menggunakan salah satu fitur yang tersedia di Google, yakni google lens dengan cara ini:

  • Langkah pertama pengguna bisa lihat pada fitur Google dengan bentuk yang memanjang. Di situ akan ada logo google di sebelah kiri dan ada logo mikrofon beserta kamera. Pengguna bisa langsung klik ikon kamera untuk memulai.
  • Apabila tidak didapati kamera seperti yang disebutkan tadi pada ion google, pengguna bisa coba di google asisten. Untuk masuk pada google asisten, jika pada hp Xiaomi maka cukup tekan home dibagikan tengah itu agak lama. Jika sudah maka akan langsung muncul google asisten dan bisa tap ikon kamera di bagian bawah.
  • Saat Ikon kamera sudah dibuka maka pengguna akan langsung sampai pada fitur kamera yang menyala. Pengguna bisa langsung arahkah kamera tersebut pada barcode Wifi-nya. Barcode tersebut letakkan pas pada kotak kamera yang tersedia di layar. Jika sudah pas maka kamera akan segera mendeteksinya.
  • Langkah selanjutnya ketika kamera sudah dapat mendeteksi maka secara otomatis kamera tersebut akan menampilkan link alamat untuk tersambung dengan WiFi. Pengguna bisa langsung klik link tersebut untuk menyambungkan WiFi. Jika berhasil, maka jaringan WiFi akan langsung tersambung tanpa harus memasukkan kata sandi WiFi lagi.
#TRENDING  Cara Mengatasi Kuota Axis Tidak Masuk Terbaik

Nah, itu tadi adalah dua cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi tambahan pengguna bisa pilih salah satu cara tersebut untuk dipraktikkan. Sebenarnya tak hanya itu cara untuk bisa scan kode QR tanpa aplikasi tambahan. Namun rasanya dua cara di atas tersebut sudah cukup karena hampir semua ponsel memiliki fiturnya, jadi tunggu apalagi untuk mencobanya.

Leave a Comment