5 Cara Mengatasi Lag ML di Ram 3GB Agar Lebih Kencang

Game memang sudah menjadi hiburan tersendiri bagi remaja masa sekarang ini, salah satunya adalah game mobile legends atau yang sering juga disebut dengan ml. Namun saking seringnya main ada juga yang membuat game itu sendiri jadi nge lag atau lemot.

Dari masalah tersebut, menjalankan pembahasan kali ini adalah mengenai bagaimana cara mengatasi lag ml di ram 3gb agar lebih kencang dengan mudah.

5 Cara Mengatasi Lag ML di Ram 3GB Agar Lebih Kencang

1. Update Game Ml

Hal pertama yang bisa pengguna lakukan saat game tiba-tiba lag, pengguna bisa coba untuk update game tersebut. Game yang jarang atau bahkan tidak pernah diperbaharui bisa berakibat game jadi lemot. Hal seperti ini pun tidak hanya terjadi pada game saja namun semua aplikasi di Android.

#TRENDING  Kumpulan Game PS4 Android yang Seru untuk Dimainkan

Update bisa dilakukan pengguna melalui Play Store. Caranya cukup gampang, tinggal buka Play Store kemudian buka akun di bagian kanan atas. Setelahnya pengguna akan langsung masuk pada halaman setelan. Buka menu kelola aplikasi & perangkat nanti akan terlihat beberapa aplikasi yang perlu di update, tinggal tap update pada aplikasi ml, selesai.

2. Bersihkan Ram

Adapun yang kedua adalah membersihkan ruang penyimpanan dan juga cache /sampah aplikasi. Jika penyimpanan ponsel penuh maka akan berimbas aplikasi di dalamnya akan bekerja dengan lambat atau lag. Jadi untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa hapus aplikasi tidak berguna lain agar game kembali bekerja dengan stabil.

3. Hapus Cache

Atau jika tidak pengguna bisa bersihkan Cache aplikasi ml tersebut. Cache ini merupakan sebuah sampah aplikasi yang apabila aplikasi terus digunakan maka sampah akan makin menumpuk bahkan sampai ratusan MB. Jadi cache ini memang harus selalu rutin dibersihkan agar ponsel juga bisa bekerja dengan maksimal termasuk saat main game.

Untuk membersihkan cache ini pengguna bisa masuk pada menu pengaturan. Kemudian tap menu aplikasi terinstall atau perizinan dan aplikasi, buka data aplikasi ml kemudian langsung hapus data cache. Cara ini bisa dilakukan secara bergilir pada aplikasi lain agar ruang penyimpanan semakin longgar.

#TRENDING  Cara Mengembalikan Akun COC Tanpa Email dengan Supercell

4. Install Ulang Aplikasi Game

Cara mengatasi lag ml di ram 3gb agar lebih kencang selanjutnya adalah dengan menginstal ulang aplikasi ml itu. Apabila game sudah lama atau bahkan bertahun-tahun dan hanya melakukan update secara terus menerus maka ruang penyimpanan yang diperlukan juga semakin besar. Bahkan ada yang mengatakan ruang penyimpanan yang dibutuhkan bisa mencapai 5gb.

Untuk itu pengguna bisa hapus atau uninstall aplikasi ml itu terlebih dahulu. Setelahnya pengguna bisa install aplikasinya kembali pada google Play Store, jika sudah maka bisa langsung pasang kembali. Dengan cara ini ruang penyimpanan juga akan sedikit longgar, jadilah akan berkurang.

5. Pastikan Jaringan WiFi Stabil

Sebenarnya hal ini adalah poin Paling utama saat game terjadi lag. Karena bisa jadi game lag tersebut disebabkan karena sinyal yang tidak stabil. Untuk itu pastikan sinyal saat itu sedang stabil, menggunakan jaringan WiFi yang sudah banyak penggunanya untuk bermain game juga mengakibatkan sinyal lemot, jadi pengguna bisa pindah tempat dan sebagainya sampai sinyal kembali stabil.

#TRENDING  Game Online Penghasil Pulsa

Nah itu tadi adalah beberapa cara mengatasi lag ml di ram 3gb agar lebih kencang dengan mudah. Pengguna bisa pilih cara-cara tersebut untuk dijajal dengan sesuai keadaan yang sedang terjadi saat itu. Nah, yang perlu diingat, pengguna bisa juga istirahatkan ponsel dalam beberapa waktu, mungkin ponsel sedang kelelahan karena terus digunakan untuk bermain. Hindari juga bermain game saat ponsel sedang di charge.