5 Cara Membersihkan RAM Di Hp Oppo A15 Paling Mudah

Cara Membersihkan RAM Di Hp Oppo – Oppo memang menjadi salah satu merek hp yang banyak digandrungi kaum remaja, salah satunya adalah Oppo a15. Namun kadang jika remaja yang menggunakan ponsel pastilah banyak sekali yang disimpan entah aplikasi maupun foto dan video, yang mengakibatkan ruang penyimpanan penuh.

Cara Membersihkan RAM Di Hp Oppo A15

Untuk itu di sini akan mengulas bagaimana cara membersihkan ram di hp oppo a15 yang mudah dipraktekkan:

1. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Hal pertama yang bisa pengguna lakukan sebagai cara membersihkan ram di hp oppo a15 adalah dengan menghapus aplikasi tidak berguna. Banyaknya aplikasi unduhan yang disimpan juga dapat berpengaruh ram akan cepat habis. Untuk itu pengguna bisa langsung hapus atau uninstall aplikasi tersebut secara permanen.

2. Paksa Berhenti Aplikasi Bawaan

Jika sebelumnya adalah perlakuan untuk aplikasi yang diunduh, maka kali ini adalah perlakuan untuk aplikasi yang berasal dari ponsel yang memang tidak bisa diuninstall. Aplikasi yang sebaiknya dipaksa berhenti itu seperti hangouts, google play film dan aplikasi yang memegang sekiranya tidak dibutuhkan atau tidak pernah digunakan sama sekali. Karena aplikasi tersebut juga memakan banyak ruang penyimpanan ponsel.

#TRENDING  5 Cara Mengatasi Tombol Back home Dan Recent Tidak Berfungsi

Untuk memberhentikan paksa sebuah aplikasi pengguna cukup masuk pada menu pengaturan ponsel Oppo tersebut. Kemudian gulir ke bawah pilih opsi aplikasi setelah buka aplikasi yang akan dipaksa berhenti tersebut. Tap paksa berhenti di bagian bawah aplikasi kemudian tekan ok untuk mengkonfirmasi tindakan tersebut.

3. Nonaktifkan Wallpaper Hidup

Dalam penggunaan wallpaper hidup memang memberi kesan bagus pada layar ponsel, namun hal ini justru berakibat pada ram yang cepat penuh. Jadi pengguna bisa atur atau ganti wallpaper hidup tersebut dengan wallpaper yang biasa saja. Karena jika menggunakan wallpaper foto ruang penyimpanan juga tidak terlalu terganggu.

4. Hapus Cache & Tutup Aplikasi Yang Sedang Berjalan

Salah satu penyebab ram cepat habis bisa juga diakibatkan karena cache yang tidak pernah dibersihkan. Untuk itu pengguna bisa lakukan pembersihan cache ini secara rutin. Caranya sendiri terbilang cukup mudah, pengguna cukup masuk pada menu pengaturan, kemudian tap menu aplikasi seperti yang sesuai disebut di atas untuk paksa berhenti aplikasi. Tap aplikasi satu persatu kemudian hapus data cache, lakukan pada semua aplikasi.

#TRENDING  Cara Merekam Layar di HP Samsung A11 Biar Semakin Rajin Bikin Konten

Kemudian membuka aplikasi secara bersamaan juga bisa membuat ram cepat penuh juga bisa membuat ponsel lag. Untuk itu pengguna bisa langsung keluar atau tutup aplikasi tersebut. Pengguna tinggal buka navigasi recent app, dari situ akan terlihat aplikasi yang masih berjalan, selanjutnya pengguna tinggal menghapus riwayatnya.

5. Reset Aplikasi

Cara membersihkan ram di hp oppo a15 dengan yang satu ini bisa dilakukan pada urutan terakhir ketika beberapa cara di atas sudah tidak bisa berpengaruh lagi. Mungkin hp Oppo tersebut terdapat bug di dalamnya. Sebab saat ponsel di reset maka data-data yang terdapat di dalamnya akan hilang semua.

Mereset sendiri seperti menyetel hp pada setelan pabrik jadi saat ponsel di reset semua akan benar-benar bersih. Termasuk pada data-data aplikasi bawaan sekalipun, dengan cara ini ponsel akan benar-benar ringan kembali dan ram akan kembali longgar. Untuk mereset ponsel pengguna bisa masuk pada menu pengaturan atau tekan tombol power dan pilih opsi setelan pabrik.

#TRENDING  7 Aplikasi penghasil Diamond Free Fire Gratis

Itu tadi adalah 5 cara membersihkan ram di hp oppo a15 yang bisa pengguna jajal di rumah. Sebenarnya masih ada banyak cara, namun di dalam artikel kali ini hanya menuliskan apa saja yang kemungkinan sering terjadi. Jadi pengguna bisa lakukan cara di atas untuk membersihkan RAM penyimpanan ponsel tersebut.