Cara Menghapus Akun Gmail Permanen di Hp

Meskipun penting, dalam beberapa kondisi tertentu pengguna akun Gmail mungkin ingin menghapusnya secara permanen. Bisa jadi karena akun sudah tidak digunakan atau akun tersebut di hack. Menghapusnya akun Gmail bisa melalui Hp ataupun PC. Untuk cara menghapus akun Gmail permanen di Hp sebenarnya tidaklah sulit.

Cara Menghapus Akun Gmail Permanen di Hp

Hanya dengan beberapa langkah mudah pengguna bisa menghapus akun secara permanen. Perlu diketahui bahwa ketika pengguna menghapus akun Gmail secara permanen maka akses akun tersebut terhadap layanan Google seperti YouTube, Google Drive akan hilang. Untuk menghapus akun Gmail simak caranya sebagai berikut:

1. Buka Akun Google

Pertama,  cara menghapus akun Gmail permanen di Hp adalah dengan membuka aplikasi Gmail yang ada di Hp. Selanjutnya buka profil dengan klik ikon profil di bagian atas layar. Selanjutnya pilih manage your account.

Atau pengguna bisa juga membukanya melalui menu setting. Klik garis tiga untuk melihat menu Gmail.  Kemudian pilih settings selanjutnya klik tulisan alamat Gmail pengguna. Kemudian pilih manage your account.

2. Masuk ke Menu Data and Privacy

Apabila pengguna sudah berhasil masuk ke akun Google, selanjutnya pilih menu data and privacy. Pada bagian tersebut pengguna dapat melihat semua informasi yang berkaitan dengan aktivitas pengguna seperti riwayat pencarian, riwayat YouTube dan juga profil lengkap pengguna. Pengguna juga bisa melihat aplikasi yang terhubung dengan akun Gmail tersebut.

#TRENDING  Cara Mengecek Nomor Taspen dengan Mudah

3. Download Data

Sebelum mulai menghapus akun Gmail, pengguna bisa mengunduh data-data yang ada di akun tersebut apabila sekiranya penting. Ketika sudah menghapus akun Gmail secara permanen pengguna tidak bisa memulihkan kembali akun tersebut. Oleh sebab  itu pertimbangkan dengan matang sebelum menghapusnya.  Untuk mendownload data caranya mudah. Scrol ke pada menu data and privacy kemudian temukan download your data.

Kemudian Google akan mena. Pilih data-data yang bisa pengguna unduh. Pengguna bisa memilih data mana saja yang ingin di unduh dan sekiranya penting. Setelah memberikan checklist klik next dan pilih opsi ekspor data. Pengguna bisa memilih untuk mengekspor data dalam sekali ekspor atau dua kali dalam kurun waktu satu tahun. Setelah memilih klik ekspor. Data yang diekspor akan dikirimkan ke email pengguna apabila link sudah siap.

#TRENDING  Cara Membuat Foto Menjadi HD Online

4. Hapus Akun

Proses ekspor link download data biasanya membutuhkan waktu beberapa jam atau hari. Setelah link diterima baru pengguna bisa menghapus akun Gmail. Cara menghapus akun Gmail permanen di Hp berada pada menu data and privacy.

Klik pada tulisan delete your Google account. Masukkan kata sandi akun kemudian klik berikutnya. Kemudian ikuti instruksi untuk menghapus akun. Setelah melewati proses tersebut maka akun pengguna akan terhapus secara permanen.

Risiko Menghapus Akun Gmail

Ketika pengguna menghapus akun maka ada beberapa risiko yang akan pengguna alami. Sebab akun Gmail penting dan juga banyak digunakan untuk aplikasi serta layanan lain. Berikut ini beberapa data yang hilang ketika akun Gmail dihapus:

  • Data-data dari layanan Google akan hilang
  • Kontak yang tersimpan di akun Gmail akan hilang
  • Konten berbayar yang dibeli menggunakan akun yang dihapus tidak dapat diakses lagi
  • Pengguna tidak bisa mengakses layanan Google menggunakan akun yang sudah dihapus
#TRENDING  Cara Mengatasi HP Disadap Melalui IMEI

Itu tadi adalah cara menghapus akun Gmail permanen di Hp. Menghapus akun akan membuat pengguna mengalami beberapa hal yang disebutkan di atas. Oleh sebab itu back up data-data yang penting agar tidak ikut terhapus.