Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di HP Vivo

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus – Salah satu merek ponsel dengan penjualan tinggi di Indonesia, Vivo, tidak ketinggalan menyisipkan beragam aplikasi bawaan pada produknya. Sayangnya, aplikasi bawaan tidak dapat dihapus dengan cara uninstall aplikasi seperti pada umumnya. Pengguna dapat mempelajari cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di HP Vivo jika ingin menghapusnya.

Pada dasarnya, eksistensi aplikasi bawaan bertujuan agar pengguna tidak perlu repot mengunduh aplikasi yang telah ada.  Pihak Vivo menanam aplikasi-aplikasi yang dianggap penting untuk dimiliki pengguna. Tentu tidak semua pengguna Vivo membutuhkan aplikasi tersebut sehingga ada keinginan untuk menghapusnya demi membuat storage lebih lega. Untuk itu, simak tips berikut agar aplikasi bawaan dapat dihapus.

Melakukan Pembaruan Sistem untuk Menghapus Aplikasi Bawaan

Seperti yang sudah disebutkan, aplikasi bawaan berbeda dengan aplikasi dari Play Store. Jika aplikasi Play Store dapat dicopot secara mandiri, lain halnya dengan aplikasi bawaan. Perlu trik khusus agar aplikasi-aplikasi tersebut terhapus salah satunya dengan melakukan update Operating System. Funtouch OS terbaru memungkinkan pengguna menghapus aplikasi bawaan dengan mudah. Berikut caranya:

  • Bukalah menu “Pengaturan” pada ponsel Vivo pengguna.
  • Gulir ke bawah dan temukan tab “Pembaruan Sistem” dan tekan.
  • Silakan pilih “Download dan Install” untuk mendapatkan sistem operasi terbaru.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai. Biasanya, memasang update sistem membutuhkan waktu yang sedikit lama dari instalasi aplikasi biasa.
  • Jika sudah, ponsel akan otomatis melakukan restart agar Funtouch OS dapat diperbarui.
  • Pada sistem yang update, barulah cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di HP Vivo dapat dilakukan. Masuk pada menu “iManager” saat ponsel sudah menyala.
  • Buka opsi “Pengelola Aplikasi” di dalamnya.
  • Tekan pilihan “Copot Instalasi Aplikasi” dan carilah aplikasi bawaan yang ingin dihapus.
  • Pilih aplikasi tersebut dan akhiri dengan menekan “uninstall”.
  • Dengan begitu, aplikasi bawaan yang biasanya tidak dapat dihapus kini bisa dihapus dengan mudah berkat pembaruan sistem yang telah dilakukan.
#TRENDING  5 Cara Mengetahui Hp Disadap atau Tidak Paling Ampuh Serta Mudah

Apa Saja Aplikasi Bawaan HP Vivo yang Dapat Dihapus?

Pengguna Vivo mungkin tidak begitu hafal aplikasi mana yang merupakan aplikasi bawaan Vivo dan aplikasi yang telah didapatkan dari Play Store. Untuk itu, ketahui beberapa aplikasi bawaan ponsel ini agar dapat dihapus dan mengosongkan ruang memori. Berikut diantaranya:

1. Vivo App Store

Tidak jauh berbeda dengan Play Store, Vivo App Store berisikan aplikasi-aplikasi yang dapat diunduh untuk kepentingan pengguna. Meskipun begitu, banyak dari pengguna Vivo yang memilih untuk menggunakan layanan Play Store sebab interface-nya lebih sederhana.

2. I Theme

Untuk mengubah tema dan tampilan pada ponsel Vivo, produsen menyediakan aplikasi ITheme sebagai aplikasi bawaan. Jika tidak digunakan, ITheme dapat dihapus melalui langkah-langkah penghapusan di atas. Bagi yang menyukai design tema berbeda dapat membiarkan aplikasi ini tetap pada ponsel.

#TRENDING  6 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Gelap Saat Sedang Video Call

3. Google Play Music

Aplikasi bawaan kali ini merupakan aplikasi pemutar musik dari Google. Pengguna yang memakai layanan lain untuk memutar musik dapat menghapus Google Play Music agar ruang penyimpanan lebih luas untuk file lain.

4. WPS Office

Lebih nyaman mengetik melalui aplikasi Office di laptop? Tentu pengguna tidak lagi membutuhkan WPS Office pada ponsel. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan HP Vivo dan pengguna akan menjumpainya tanpa perlu diunduh. Hapuslah WPS Office jika tidak diperlukan.

Demikian uraian tentang cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di HP Vivo sekaligus apa saja aplikasi yang dimaksud. Dengan menghapus aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan, pengguna akan mendapatkan sisa memori yang lebih banyak. Memori yang tersisa dapat dimanfaatkan untuk menyimpan aplikasi atau berkas-berkas yang lebih penting.

#TRENDING  3 Cara Backup Kontak Android Ke iPhone Paling Parktis