3 Cara Membersihkan Sampah Android Tanpa Aplikasi Anti Ribet

Cara Membersihkan Sampah Android – Android yang digunakan sehari-hari seringkali menyebabkan munculnya cache dan sampah lain yang menyebabkan ruang penyimpanan cepat habis. Kondisi seperti ini tentu sangat menjengkelkan, karena dapat mempengaruhi kinerja dari android itu sendiri. Namun, jangan khawatir, karena ada cara membersihkan sampah android tanpa aplikasi, ingin tahu bagaimana caranya? Simak pembahasannya dibawah ini:

Cara Membersihkan Sampah Android tanpa aplikasi

Di bawah ini beberapa langkah untuk membersihkan sampah android tanpa aplikasi yaitu sebagai berikut :

1. Melalui Pengaturan

Cara membersihkan sampah android tanpa aplikasi yang pertama, dapat dilakukan melalui menu Pengaturan. Setiap android pasti telah dibekali dengan menu Pengaturan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengguna, seperti untuk membersihkan sampah dan lainnya. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah dan terbukti mampu membersihkan cache aplikasi secara maksimal.

  • Masuk menu Pengaturan. Yang harus dilakukan pertama kali ialah masuk pada menu Pengaturan yang biasanya memiliki ikon berbentuk gear. Setelah itu, klik opsi Aplikasi dan pengguna akan diarahkan pada tampilan layar yang berisi semua aplikasi yang terpasang di android. Klik aplikasi yang hendak dibersihkan sampahnya, lalu pilih opsi Penyimpanan.
  • Klik tombol Hapus Cache. Pada opsi Penyimpanan tersedia tombol Hapus Cache, klik tombol tersebut. Jika cache sudah berhasil dihapus, pengguna dapat memilih aplikasi lain yang ingin dibersihkan dan lakukan dengan cara yang sama. Jangan lupa untuk membersihkan aplikasi berat dan sering digunakan, karena biasanya aplikasi tersebut menghasilkan cache yang banyak.
#TRENDING  4 Cara Mengembalikan Keyboard Hp Realme Seperti Semula

2. Lewat File Manager

File Manager merupakan tempat dimana semua data pada android seperti foto, video dan berbagai macam file tersimpan. Tidak hanya itu, sampah yang dihasilkan dari semua kegiatan yang dilakukan di android pun juga tersimpan pada menu ini. Dengan demikian, pengguna dapat memanfaatkan menu ini untuk membersihkan sampah android, caranya cukup simpel.

  • Masuk menu File Manager. Pengguna harus masuk terlebih dahulu pada menu File Manager yang tersedia di android, umumnya menu ini juga tersedia pada semua android. Setelah menu File Manager terbuka, pengguna dapat klik ikon titik tiga yang biasanya terletak di sudut kanan atas layar.
  • Ketuk opsi Dapatkan lebih banyak ruang. Disini akan ditampilkan beberapa opsi seperti File besar dan File yang tidak diperlukan. Pengguna dapat mengetuk opsi pertama, pilih file mana saja yang akan dihapus, kemudian klik tombol Hapus. Lalu, pengguna dapat beralih pada opsi ke-2 dan lakukan seperti cara sebelumnya.
#TRENDING  Cara Mengetahui Unlock Bootloader di Xiaomi dengan Mudah

3. Gunakan Fitur Pembersih Bawaan Android

Sebagian besar android keluaran terkini telah menyediakan fitur pembersih bawaan. Cara ini dapat dilakukan jika pengguna merasa android yang digunakan telah banyak menyimpan banyak cache dan kinerja sistemnya lambat. Membersihkan sampah dengan menggunakan fitur bawaan ini dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan aman.

  • Ketik Pemeliharaan Perangkat di kolom pencarian ponsel. Jika menu sudah ditemukan klik menu tersebut, kemudian klik tombol Optimalkan Ponsel. Secara otomatis android akan melakukan scan sampah yang tersimpan didalamnya. Klik tombol Selesai saat proses scan tersebut telah berhasil.
  • Beralih pada opsi Penyimpanan. Pada menu pembersih tersebut, setelah opsi ini diketuk akan melakukan scan otomatis. Tunggu android menyelesaikan proses scan, lalu tekan tombol Hapus Sekarang untuk membersihkan cache android. Tunggu hingga semua cache berhasil dibersihkan dan kinerja android dapat bekerja secara optimal Kembali.
#TRENDING  Cara Cek HP Oppo A53 Asli atau Palsu dengan Mudah

Demikianlah cara membersihkan sampah android tanpa aplikasi anti ribet yang penggunaanya aman dan tidak ada file penting yang ikut terhapus. Dengan melakukan pembersihan file sampah atau cache secara rutin, hal ini dapat mengembalikan kinerja android. Sehingga, ponsel menjadi tidak lagi lemot saat dipakai.