Cara Menonaktifkan Pengguna Sekitar di Telegram

Telegram menjadi platform perpesanan dengan banyak pengguna selain WhatsApp. Alasannya karena fitur di dalamnya lebih beragam, salah satunya Find People by Location. Dan kebanyakan orang ternyata masih bingung cara menonaktifkan pengguna sekitar di Telegram. Sebab fitur tersebut tidak dapat berjalan secara default dan harus diatur sendiri.

Cara Menonaktifkan Pengguna Sekitar di Telegram

Selain mengenai langkah-langkah menon-aktifkannya, penjelasan ini juga memberikan informasi tentang fitur Find People by Location. Sehingga pengguna bisa mengenalnya lebih dalam dan perlu atau tidak menjalankannya. Berikut adalah uraiannya:

1. Mengenal Find People by Location

Fitur yang paling menarik tersedia di aplikasi Telegram adalah Find People by Location. Biasanya fitur tersebut juga sering dikenal dengan sebutan People Nearby. Pengguna yang mengaktifkan pengaturannya dapat menemukan akun-akun Telegram lain di sekitar. Daftar yang ditampilkan lengkap termasuk kontak dan grup melihat posisi paling dekat dari lokasi pengguna.

#TRENDING  Kenapa Instagram Tidak Bisa Membagikan Postingan Ke Story

Tanpa perlu mengetahui nomor akun Telegram lain, pengguna bisa melakukan chatting atau sekedar bergabung ke dalam grup. Saat mengaktifkan fitur Find People by Location pertama kali, secara otomatis sistem akan mendeteksi setiap akun yang masuk dalam radar lokasi pengguna. Sehingga bisa mengetahui siapa saja orang terdekat yang mempunyai akun Telegram.

Jadi bisa disimpulkan bahwa fitur Find People by Location sangat mengandalkan lokasi pengguna dan perlu mengaktifkan GPS terlebih dahulu. Melalui daftar nama-nama akun yang ditampilkan di layar, pengguna Telegram dapat menemukan informasi lumayan lengkap. Karena di sana diberikan juga tampilan foto profilnya berikut jarak dari posisi pengguna dengan cukup akurat.

2. Menonaktifkan Fitur Find People by Location

Sebenarnya fitur menemukan pengguna Telegram dengan melihat lokasinya ini cukup bermanfaat. Sebab dapat bertemu teman-teman meskipun tidak tahu nomor yang dipakai di akun Telegram-nya. Meski begitu, fitur Find People by Location ternyata juga dianggap bisa mendatangkan bahaya, di antaranya adalah:

  • Rawan terkena hack. Para hacker bisa memanipulasi dan menggunakan trik tertentu untuk mendapatkan alamat lengkap milik pengguna dengan melihat lokasi tersebut. Yang mana nantinya dimanfaatkan untuk tidak kejahatan, seperti teror atau perampokan.
  • Menjadi korban penipuan. Fitur ini juga kerap disalahgunakan oleh pihak yang bermaksud negatif. Salah satu yang paling sering dialami pengguna adalah penipuan. Melalui daftar kontak tersebut mungkin pula dipakai menguntit atau mengirim pesan tidak pantas.
#TRENDING  Link Penambah Followers Instagram Tanpa Password

Karena alasan tersebut, banyak yang mencari cara menonaktifkan pengguna sekitar di Telegram. Sehingga nomornya tidak akan terdeteksi dan ditampilkan dalam akun Telegram orang-orang yang mengaktifkan fitur tersebut. Agar terhindar dari akibat bahaya, ikuti petunjuk non-aktif berikut:

  • Membuka Telegram. Pertama kali bisa membuka aplikasi Telegram yang digunakan. Untuk melakukan pengaturan, selanjutnya dapat menekan garis berjumlah tiga. Biasanya terletak pada sisi kiri bagian atas layar.
  • Memilih menu People Nearby. Akan ada beberapa menu yang ditampilkan. Pengguna bisa memulainya dengan memilih ikon berupa orang yang dikelilingi sebuah lingkaran. Sisi kanan dari logo itu terdapat tulisan People Nearby. Klik menu tersebut.
  • Menonaktifkan pengaturan. Langkah terakhir yaitu tinggal menonaktifkan dengan meng-klik pilihan paling atas, yaitu Stop Showing Me. Langkah ini berhasil jika menu tersebut berubah menjadi Make Myself Visible.

Demikian penjelasan rinci tentang cara menonaktifkan pengguna sekitar di Telegram dengan mudah. Setelah menyimak uraiannya tentu sudah bisa menentukan apakah fitur ini lebih baik dinyalakan atau tidak. Karena di samping kemudahannya dalam menemukan teman dekat, ternyata juga ada beberapa akibat bahaya yang sangat rentan.

#TRENDING  Cara Agar Telegram Tidak Terhubung dengan Kontak Hp Paling Gampang