Cara Menggandakan Aplikasi Di Hp Oppo

Cara menggandakan aplikasi di hp oppo terhitung sangat mudah dilakukan. Pengguna dapat melakukannya secara langsung karena memang fitur ini sudah tersedia. Tapi jika ingin mencoba alternatif lain, pengguna smartphone tersebut bisa mengaturnya dengan bantuan aplikasi. Setelah berhasil diduplikasi, pengguna dapat membuat dua akun sekaligus dalam satu ponsel, menarik bukan?

Cara menggandakan aplikasi di hp oppo

Untuk menggandakan aplikasi di hp oppo bisa di lakukan dengan dua cara yang akan saya sebutkan berikut ini :

1.Menggandakan Aplikasi dengan Fitur Kloning

Oppo merupakan vendor ponsel besar yang berasal dari China. Pengguna smartphone tersebut tergolong sangat banyak, termasuk juga di Indonesia. Alasannya tentu fitur-fitur di dalamnya yang terus saja ditingkatkan. Untuk menandai setiap serinya, Oppo menggunakan versi berupa ColorOS. Dan mulai dari ColorOS 3 sudah ada fitur cloning aplikasi, meski penyebutannya berbeda.

Dalam handphone Oppo A5 fitur menggandakan aplikasi ini disebut dengan App Cloner. Melalui menu tersebut pengguna bisa memiliki dua aplikasi sekaligus dalam satu ponsel dengan bentuk berupa duplikat, misalnya saja WhatsApp. Jadi pengguna dapat membuat dua akun WA, bisnis dan pribadi dalam satu ponsel tanpa kerepotan download aplikasinya lagi.

#TRENDING  Penyebab Layar Android Tidak Sensitif Dan Cara Mengatasinya

Karena ini merupakan fitur bawaan, pengguna Oppo A5 bisa membuat duplikat dengan sangat mudah. Khusus yang pertama ini menjelaskan cara menggandakan tanpa perlu bantuan aplikasi. Simak langkah lengkapnya di bawah ini:

  • Membuka menu Settings. Sama seperti pengaturan lainnya, fitur kloning juga harus dilakukan di Pengaturan. Jadi bukalah menu tersebut dengan meng-klik shortcut-nya di homescreen atau melalui langkah cepat di layar panel.
  • Mencari fitur App Cloner. Setelah berada di menu Settings, gulirkan layar ke bawah. Lalu temukan fitur App Cloner untuk melihat daftar aplikasi yang dapat dikloning. Pilih aplikasinya dan geser slider pada menu Clone App.
  • Mengubah nama aplikasi. Agar lebih mudah membedakan, maka ganti nama aplikasi duplikasi di kolom Rename Cloned App. Cara ini berhasil jika muncul notifikasi “Added to Home Screen.”

2. Menggandakan Aplikasi dengan Parallel Space

Selain yang dijelaskan, cara menggandakan aplikasi di Oppo A5 2020 juga dapat dilakukan melalui Parallel Space. Jadi bisa mencoba trik alternatif ini. Sebenarnya masih banyak jenis aplikasi lain yang memberikan fitur kloning. Tapi Parallel Space lebih sering digunakan karena kemudahannya. Aplikasi besutan LBE Tech tersebut juga memiliki antarmuka yang sederhana.

#TRENDING  Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Drive di HP Android

Karena dukungan interface itulah, pengguna bisa menduplikasi aplikasi dengan sangat mudah dalam Parallel Space. Hanya tiga tahapan saja, pengguna dapat menikmati dua akun sekaligus tanpa perlu download aplikasi lagi. Untuk mencobanya, bisa ikuti cara-cara lengkapnya di bawah ini:

  • Mengunduh dan menjalankan Parallel Space. Terlebih dahulu dapatkan Parallel Space di market Google Play Store. Ukurannya hanya kecil. Setelah itu, langsung jalankan di smartphone Oppo A5 . Buka aplikasinya dan setujui semua perizinan.
  • Menambahkan aplikasi. Langkah selanjutnya yaitu memunculkan aplikasi yang hendak dikloning dengan memilih Tambahkan App. Pilih aplikasinya dan setujui dengan cara menekan pilihan Tambahkan ke Parallel Space di bagian bawah.
  • Membuat shortcut. Pada tahapan ini aplikasi telah berhasil diduplikasi dan sudah dimunculkan dalam homescreen. Agar pengguna Oppo A5 lebih mudah saat hendak mengaksesnya, maka buatlah shortcut. Caranya dengan menekan opsi di bagian kiri atas bernama Buat Pintasan.
#TRENDING  Cara Mengatasi Memori Penuh

Itulah cara menggandakan aplikasi di Oppo A5 melalui fitur bawaan atau mencoba alternatif menggunakan Parallel Space. Pengguna bisa memilih salah satu cara untuk mengkloning agar ada aplikasi yang sama dalam satu ponsel. Jadi jika ingin membuat dua akun yang berbeda, seperti WhatsApp, tidak perlu mengunduhnya lagi.