3 Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo A12 Seperti Semula

Pengguna smartphone Oppo A12 bisa melakukan kustomisasi terhadap keyboard-nya sesuai keinginan agar lebih menarik. Tapi terkadang terjadi error dan membuat posisi huruf berantakan. Daripada bingung, sebaiknya coba cara mengembalikan keyboard HP Oppo A12 seperti semula dalam pengaturan awal. Ada tiga metode yang mungkin bisa dijajal, berikut adalah penjelasannya:

Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo A12 Seperti Semula dengan 3 Metode Berikut

Adapun untuk mengembalikan keyboard hp oppo A12 bisa di lakukan dengan 3 metode mudah yang akan saya sebutkan di bawah ini :

1. Cara Mengembalikan di Menu Pengaturan

Keyboard yang sudah di kustomisasi ternyata dapat dikembalikan lagi ke pengaturan default dengan sangat mudah. Tidak perlu aplikasi tambahan apapun karena bisa dilakukan di menu Pengaturan yang juga terdapat di smartphone Oppo A12. Jadi akses menu tersebut dengan menekan shortcut-nya di homescreen atau langkah cepat melalui layar panel di atas. Setelah berhasil berada di menu Settings, bisa mengikuti langkahnya berikut ini:

  • Pilih Additional Settings. Pengaturan ini dapat dilakukan dalam menu Additional Settings. Klik menu tersebut dan carilah pengaturan tentang Keyboard and Input Method yang ada di bagian bawah. Lalu lanjutkan ke langkah kedua.
  • Pilih keyboard default. Tahapan berikutnya yaitu memilih menu bernama Current Keyboard. Akan dimunculkan jendela kecil untuk melakukan pengaturan lanjutan. Gunakanlah papan ketik bawaan dengan memilih Default Keyboard. Coba cek di aplikasi perpesanan apakah cara ini berhasil.
#TRENDING  Dua Cara Menampilkan Layar iPhone ke Laptop Windows 10

2. Cara Mengembalikan Secara Manual

Jika sebelumnya sudah dijelaskan tentang mengembalikan papan ketik ke pengaturan semula secara default, yang kedua ini pengguna smartphone Oppo A12 bisa mencoba cara manual. Langkahnya yaitu dengan melakukan kustomisasi sendiri sama seperti ketika mengatur keyboard sesuai keinginan. Sebenarnya cara ini mudah, hanya saja perlu tahu aturan default papan ketik tersebut.

Cara ini juga sama-sama dilakukan di Pengaturan. Jadi langsung saja akses menu tersebut dengan mencari shortcut-nya. Lalu seperti cara pertama, carilah menu bernama Additional Settings atau Pengaturan Tambahan. Selanjutnya bisa mengikuti uraian langkah di bawah ini:

  • Cari pengaturan keyboard. Melakukan pengaturan terhadap papan ketik dapat dilakukan dalam Keyboard and Input Method. Jadi gulir layar ke bawah dan temukan menu tersebut. Setelahnya klik dan masuk ke langkah berikutnya.
  • Pilih Available Keyboard. Akan ada beberapa pilihan pengaturan yang ditampilkan pada layar. Pengguna harus mengklik menu Available Keyboard. Selanjutnya tekan lagi pada pilihan Look and Feel untuk mulai ke tahapan selanjutnya.
  • Lakukan kustomisasi. Karena di sini melakukannya secara manual, maka aturlah sendiri bagaimana papan ketik sesuai yang semula di menu Candidate Size. Coba lakukan pengecekan dengan membuka keyboard di aplikasi perpesanan.
#TRENDING  7 Aplikasi Cek Kesehatan Baterai Android Terbaik agar Baterai Awet

3. Cara Mengembalikan di Aplikasi Perpesanan

Papan ketik yang dikustomisasi ternyata bisa mengalami eror karena ada bug. Masalah yang sering dialami yaitu susunan qwerty-nya acak dan membuat sulit saat mengetik. Untuk memperbaikinya cobalah cara mengembalikan keyboard HP Oppo A12 secara langsung. Bukan melakukannya di Pengaturan, tapi langsung di aplikasi perpesanan.

Bukalah aplikasi pesan singkat, WhatsApp, atau Line. Lalu tampilkan papan ketik dengan meng-klik pada kotak Tulis Pesan. Jika keyboard sudah dimunculkan, tekan ikon yang terletak pada sudut kiri. Biasanya bentuknya berupa dua garis tegak dan melengkung di bagian bawahnya, mirip dengan emoticon senyum.

Setelah menekan ikon tersebut, gulir layar dan temukan menu Bahasa. Kembalikan papan ketik seperti semula dengan meng-klik Mode Penuh. Coba cek apakah cara ini berhasil. Gunakanlah untuk menulis pesan dan lihat tampilannya yang sudah sesuai default.

Demikian itulah cara mengembalikan keyboard HP Oppo A12 dengan menggunakan 3 metode berbeda. Pengguna bisa melakukannya secara default atau kustomisasi di menu Pengaturan. Selain itu juga dapat mencoba cara mudah lainnya melalui aplikasi perpesanan dengan menampilkan papan ketiknya.

#TRENDING  Cara Reset Hp Samsung Lupa Pin yang Mudah Dilakukan