5 Cara Mengatasi Layar Hp Xiaomi Kedap Kedip dengan Mudah

Ketika masalah ponsel muncul, misalnya layar berkedip. Itu akan sangat mengganggu aktivitas dan menghambat pekerjaan. Hal ini lantaran di zaman ini ponsel ada barang yang sangat vital bagi setiap insan.  Lantas bagaimana cara mengatasi layar hp Xiaomi kedap kedip? Terdapat beberapa cara atau alternatif yang bisa ditempuh, mulai dari yang mudah hingga cara yang cukup beresiko. Berikut ini cara-caranya:

1. Matikan Kecerahan Otomatis

Mematikan fitur kecerahan otomatis bisa menjadi salah satu cara mengatasi layar hp Xiaomi kedap kedip. Fitur kecerahan otomatis ini umumnya ada pada setiap ponsel Android. Fitur tersebut fungsinya untuk mengatur kecerahan secara otomatis Berdasarkan cahaya di sekitarnya.

Misalkan dalam ruangan maka pencahayaan ponsel akan menurun, begitupun sebaliknya misalkan di luar ruangan siang hari cahaya akan meningkat. Hal ini lantaran kecerahan otomatis ini diatur menggunakan sensor otomatis. Ketika ponsel berkedip, bisa saja ada masalah pada sensor kecerahan ini. Untuk itu, coba matikan kecerahan otomatis. Caranya, pilih menu setting lalu ke display & brightness kemudian pilih nonaktif fitur auto brightness.

#TRENDING  Cara Reset Hp Samsung Lupa Pin yang Mudah Dilakukan

2. Matikan Face Unlock

Layar ponsel yang berkedip bisa saja diakibatkan oleh bug yang terjadi pada fitur face unlock ponsel. Untuk itu, supaya dipastikan apakah ada masalah dengan face unlock ponsel atau tidak, cobalah untuk mematikannya. Caranya yakni pertama kunjungi pengaturan pada ponsel, lalu cari menu Biometrik. Jika sudah, pilih opsi pengenalan wajah. Pada bagian ini akan ditemukan pilihan untuk mematikan fitur face unlock.

3. Nonaktifkan Overlay HW

Cara selanjutnya yakni dengan mematikan fitur overlay HW. Untuk dapat mematikan fitur ini, perlu mengunjungi Developer Option dalam ponsel. Caranya yakni pertama buka pengaturan ponsel. Selanjutnya geser menu hingga dasar dan temukan menu tentang ponsel. Kemudian, pilih menu tersebut dan geser hingga dasar lalu pilih nomor bentukan. Jika sudah, klik sampai 5 kali atau 7 kali maka akan muncul teks kini anda pengembang.

Apabila developer optionnya sudah terbuka, maka masuklah ke menu Developer Option tersebut. Kemudian carilah menu rendering, lalu klik satu kali pada pilihan nonaktifkan overlay HW. Setelah itu, nyalakan ulang ponsel. Mematikan Overlay HW ini bisa mengatasi kedip layar dan bisa meningkatkan performa ponsel. Hal ini karena layar ponsel memerlukan sedikit memori untuk menampilkan tampilan dan gambar dari aplikasi yang berjalan.

#TRENDING  Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di HP Vivo

4. Reboot HP

Mungkin menyalakan ulang ponsel adalah hal yang sangat simple. Akan tetapi, metode ini cukup ampuh untuk mengatasi banyak masalah pada ponsel yang sistemnya agak error. Cobalah untuk menekan tombol power selama beberapa detik, kemudian pilih restart.

Tunggu saja beberapa saat hingga ponsel nyala kembali dan pastikan apakah layar ponsel masih berkedip atau tidak. Jika ternyata tidak berefek apa-apa, cobalah untuk mematikan ponsel selama beberapa saat, kemudian nyalakan kembali.

5. Atur ke Setelan Pabrik

Alternatif selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengembalikan aturan ponsel ke pengaturan pabrik. Namun, sebelum melakukannya, perlu diketahui bahwa mengatur ke pengaturan pabrik akan menyebabkan hilangnya semua data dalam ponsel.

Untuk itu, sebelum melakukannya, ada baiknya untuk menyelamatkan terlebih dahulu data-data yang dianggap penting. Jika sudah, langkah pertama untuk mengatur ke aturan pabrik adalah masuk ke pengaturan. Setelah itu, pilihlah menu setel ulang atau pencadangan. Klik opsi kembali ke pengaturan pabrik. Jika sudah, ikuti lah panduan yang ada dalam layar ponsel.

#TRENDING  5 Cara Mengatasi Hp Oppo Susah Sinyal Paling Mudah

Itulah cara mengatasi layar hp Xiaomi kedap kedip yang bisa dilakukan di rumah. Jika cara-cara di atas ternyata tidak efektif mengatasi kedip layar, cobalah membawanya ke servis ponsel, barangkali ada masalah dengan hardwarenya.