5 Cara Reset Ponsel Samsung Lupa Pin & Email

Jika ponsel sering lemot atau penyimpanan sering penuh mungkin reset bisa menjadi cara yang ampuh untuk dilakukan. Ternyata memang banyak manfaat yang bisa didapat dengan melakukan reset ponsel. Cara menginstal ulang hp Samsung a10s ternyata beragam dan bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Melakukan reset pada ponsel Samsung biasanya dilakukan banyak orang supaya bisa mengembalikan kinerja ponsel seperti baru beli. Hal ini lantaran proses reset akan mengembalikan ponsel ke setelan pabrik.

Cara Reset Ponsel Samsung

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mereset hp. Cara-cara ini dapat dilakukan untuk bisa membersihkan semua file sampah supaya performa ponsel meningkat dan tidak ada kendala lainnya. Cara-caranya yakni sebagai berikut:

1. Menggunakan Factory Reset

Fitur factory reset bisa menjadi salah satu cara menginstal ulang hp Samsung a10s. Cara ini cukup mudah, lantaran pengguna bisa melakukan setel ulang dengan mengakses masuk ke menu pengaturan. Langkah-langkahnya yakni pertama, buka menu pengaturan di ponsel, kemudian pilih management umum. Selanjutnya pilih menu reset.

Jika sudah, pilih opsi kembalikan ke setelan pabrik. Setelah itu, klik pilihan reset. Jika berhasil, pilih hapus semua. Ini artinya semua data file maupun aplikasi akan terhapus secara otomatis. Lalu, tunggu saja beberapa menit hingga proses setel ulang selesai. Jika sudah selesai, ponsel akan merestart. Apabila ponsel baru pertama kali di reset, kadang memang memerlukan waktu yang tidak sebentar.

2. Restart dengan Hard Reset

Alternatif selanjutnya yakni mereset menggunakan hard reset. Caranya yakni dengan masuk ke bagian recovery mode. Langkah-langkahnya pertama, ponsel harus dalam keadaan baterai terisi 50%. Sesudah itu, tekan dan tahan power dan volume naik bebarengan selama beberapa saat. Kemudian masuklah ke mode recovery, dan lepaskan tombol power dan volume up.

Dalam mode recovery ini, gunakan tombol power untuk yes atau ok dan tombol volume untuk navigasi. Jika sudah, pilihlah menu wipe data atau bersihkan data. Setelah berhasil, tunggu hingga proses reset ini selesai. Jika proses reset selesai, klik pilihan reboot system now. Setelah itu, ponsel akan menyala secara otomatis dengan menampilkan home screen baru.

3. Menggunakan Kode Rahasia

Apa maksud dari menggunakan kode rahasia? Ternyata memang ponsel Samsung ini menyediakan kode yang dapat mengirim perintah untuk mereset data. Caranya yakni dengan menggunakan kode rahasia dari Samsung, pengguna hanya perlu menekan kodenya *2767*3855#.

Langkah-langkahnya adalah pertama buka menu telepon pada ponsel. Selanjutnya ketikkan pada keypad kode rahasia Samsung. Jika sudah, pencet tombol panggil. Setelah itu system secara otomatis akan melakukan riset.

Kelebihan Melakukan Reset

Ternyata melakukan reset pada ponsel ini bisa mendapatkan banyak keuntungan. Mungkin tindakan mereset ponsel agak jarang dilakukan lantaran akan menghapus data-data dalam ponsel. Namun, dalam melakukan reset ini banyak kelebihan atau keuntungan yang bisa didapatkan.

Meskipun begitu, melakukan reset hp ini tidak dianjurkan jika sering dilakukan. Hal ini lantaran akan mempengaruhi performa dari ponsel. Ada baiknya jika melakukan reset ini secara terjadwal supaya dapat memberikan manfaat dari reset ini secara maksimal. Beberapa keuntungannya dari reset ini yakni:

  • Membersihkan ponsel dari malware dan virus
  • Performa ponsel kembali lembut dan cepat
  • Menghapus aplikasi dalam ponsel sampai ke akar-akarnya
  • Dapat menghapus file yang tidak berguna
  • Ruang penyimpanan ponsel menjadi lebih lega.

Itulah cara menginstal ulang hp samsung a10s yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus repot meminta bantuan tukang service. Selain itu ternyata banyak keuntungan yang didapat ketika melakukan reset ponsel. Nah, pastikan untuk melakukan cara restart dengan benar agar ponsel bisa direstart dengan sempurna tanpa kesalahan.