5 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di Ponsel

Sebenarnya bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid pada ponsel? Pertanyaan ini mungkin banyak diajukan oleh pengguna smartphone. Tentu saja karena kode MMI sangat penting untuk pengguna. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan kode MMI.

Ada berbagai macam cara yang bisa diikuti serta dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Tapi sebelum mengetahui cara-cara yang mampu digunakan untuk mengatasi masalah kode MMI, ada baiknya untuk memahami tentang pengertian dan penyebab dari tidak validnya kode MMI. Simak penjelasannya berikut ini:

Mengenal Kode MMI

Kode MMI ini biasa digunakan sebagai perintah ponsel terhadap sistem tertentu. Biasanya berkaitan dengan pengecekan pulsa, info nomor telepon dan lain sebagainya. Sayangnya, kode ini masih bisa ditemukan invalidnya, sehingga terkadang menyulitkan pengguna yang juga sedang membutuhkan.

#TRENDING  Cara Memindahkan Kontak ke Kartu SIM di HP Xiaomi

Penyebab Tidak Validnya Kode MMI

Apa kiranya penyebab dari kode MMI yang tidak valid? Ada banyak faktor yang menyebabkannya. Tapi yang paling banyak terjadi adalah karena faktor jaringan. Selain itu, kesalahan pada sistem ponsel juga turut mempengaruhinya. Faktor-faktor inilah yang harus pengguna ketahui. Jangan lupa untuk melihat jaringan sebelum melakukan pengiriman kode.

Bagaimana Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid?

Pengguna kini bisa bernafas lega saat menemukan kode MMI yang invalid, karena dengan 5 cara berikut, bisa membantu mengatasinya. Inilah 5 jawaban dari pertanyaan bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid:

1. Menonaktifkan atau Melakukan Restart pada Ponsel

Jika kode MMI tidak valid yang dikirim, pengguna bisa melakukan penonaktifan ponsel terlebih dahulu. Jika perlu, lakukan restart atau menghidupkan ulang sebagai pilihan kedua saat tombol power ditekan lama. Penonaktifan ini bertujuan untuk menormalkan kembali sistem yang terindikasi bug, sehingga membuat kode MMI invalid.

2. Bersihkanlah Cache yang Ada pada Ponsel

Bukan tidak mungkin jika invalidnya kode tersebut karena banyaknya sampah yang ada pada ponsel. Membersihkan cache bisa menjadi solusinya. Jika pengguna mempunyai aplikasi pembersih sampah, hal tersebut bisa digunakan untuk membantu membuat ponsel lebih bersih.

#TRENDING  5 Langkah Cara Merekam Layar HP Samsung A10 Tanpa Aplikasi

3. Ubahlah Jaringan LTE Ponsel

Jaringan LTE tidak worth it untuk melakukan panggilan telepon. Seperti yang banyak diketahui bahwa kode MMI ini memerlukan jaringan seperti telepon seluler, karena itu jika LTE masih diaktifkan maka kemungkinan besar kode tersebut akan invalid. Pastikan juga jika pengguna memuat kode yang benar sebelum dikirim.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat biasanya memulihkan kembali jaringan dari ponsel. Aktifkanlah mode pesawat ini untuk memulihkan jaringan yang mungkin menyebabkan tidak validnya kode MMI. Setelah mode pesawat aktif, tunggu beberapa saat lalu nonaktifkan kembali mode pesawat itu untuk memulihkan jaringan.

5. Atur Ulang Ponsel Menjadi Setelan Pabrik

Ini adalah tahapan atau cara terakhir jika semua hak di atas tidak bekerja. Mengatur ulang ponsel menjadi Setelan pabrik bisa memulihkan ponsel yang sistemnya buruk. Namun perlu diingat juga, bahwa cara ini bisa menghapus permanen seluruh data yang ada pada ponsel. Sehingga ponsel seperti baru lagi, seperti tidak adanya aplikasi yang telah diunduh. Semua dokumen dan foto akan hilang dari ponsel.

#TRENDING  4 Cara Mengembalikan Keyboard Hp Realme Seperti Semula

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan kode MMI. Sekarang pengguna telah menemukan jawaban tentang bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid. Semua ponsel bisa mengikuti 5 cara di atas untuk mengatasi ketidak validan kode MMI. Meski begitu, untuk menghindarinya pengguna harus tahu betul tentang penyebabnya supaya tidak terulang lagi.