Cara Membersihkan Cache Android Samsung Semua Tipe dengan Mudah

Ternyata cara membersihkan cache Android Samsung terbilang cukup mudah. Pengguna bisa melakukan pembersihan tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun. Sehingga bisa menghambat ruang dan tidak perlu menghapus dokumen lainnya.

Cache ini sebetulnya adalah penyimpanan sementara atau data sementara dari aplikasi yang terinstal di ponsel maupun semua sistem yang berjalan. Manfaatnya tentu ponsel tidak perlu lagi memproses data itu berulang kali. Sayangnya, jika dibiarkan menumpuk, cache ini bisa mengganggu kinerja penyimpanan ponsel.

Cara Membersihkan Cache Android Samsung Tanpa Aplikasi

Tidak perlu repot jika pengguna hendak membersihkan cache yang ada pada ponsel. Pasalnya, tanpa mengunduh aplikasi pun cache secara mudah bisa langsung dibersihkan dari ponsel. Berikut 5 cara membersihkan cache Android Samsung yang mudah tanpa aplikasi apapun:

#TRENDING  Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di iPhone

1. Masuklah ke Pengaturan Ponsel

Hal penting yang harus pengguna lakukan adalah dengan masuk ke bagian pengaturan di ponsel. Semua kontrol sistem dan hal lain dari ponsel ada pada bagian pengaturan. Sesuai namanya, fungsi adanya bagian ini adalah untuk melakukan pengaturan pada banyak hal yang memiliki kaitannya dengan ponsel.

Memperbaiki kesalahan kecil pada sistem pun bisa dilakukan pada pengaturan. Termasuk dalam hal membersihkan cache yang penuh serta mengganggu kinerja sistem. Akan ada banyak pilihan fitur pada menu pengaturan ini.

2. Carilah Manajemen Aplikasi atau Daftar Aplikasi yang Ada pada Ponsel

Jika sudah masuk ke pengaturan ponsel, carilah menu Manajemen Aplikasi atau Apps. Di sana pengguna akan mendapati semua aplikasi yang telah ada pada ponsel. Mulai sari aplikasi sistem hingga aplikasi yang telah diunduh oleh pengguna.

Pengguna bisa melihat aplikasi apapun yang telah ada pada ponsel. Manajemen Aplikasi ini bisa mengontrol hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi di ponsel pengguna. Mulai dari besar ukuran hingga akses perizinan aplikasi.

3. Pilihlah Aplikasi yang Ingin Dihapus Cache

Ketika pengguna telah dibawa untuk melihat daftar aplikasi yang ada pada ponsel, pilihlah aplikasi yang berukuran besar. Bagian ini bisa dilakukan satu-satu untuk melihat kiranya aplikasi mana yang butuh untuk dihapus cache-nya. Selain itu, saat aplikasi telah dipilih dan memasuki pengaturannya, pengguna bisa mengatur kembali akses izin aplikasi dan pengaturan notifikasi dari aplikasi.

#TRENDING  Cara Menginstal Ulang HP Xiaomi 6a Dengan Metode Hard Reset

Pengguna bisa menonaktifkan notifikasi dari aplikasinya. Juga bisa menonaktifkan aplikasi jika sudah tidak digunakan atau bahkan melakukan pencabutan aplikasi jika memang tidak dibutuhkan lagi.

4. Tekanlah Menu Storage/Penyimpanan pada Aplikasi yang Dipilih

Pada aplikasi yang telah dipilih, tekanlah menu Storage/Penyimpanan. Pengguna akan dibawa untuk melihat besarnya ukuran dari aplikasi. Pada bagian ini, ada detail ukuran aplikasi, yaitu App, Data, Cache, dan Total. Detail ini memberitahu pengguna tentang bagian apa yang paling menyita memori internal ponsel.

Tujuan awalnya adalah ingin menghapus cache, maka detail ukuran dari selain cache bisa diabaikan. Namun, jika aplikasi tersebut betul-betul sudah tidak digunakan lagi, penghapusan data bisa dijadikan pilihan.

5. Bersihkanlah Cache dengan Menekan Pilihan Clear Cache/Hapus Memori

Sampailah pada tahapan akhir yaitu membersihkan cache. Pengguna bisa menekan pilihan Clear Cache yang ada pada bagian bawah kanan ponsel. Jika menggunakan bahasa Indonesia cache ini akan bertuliskan memori. Hapuslah semua cache tersebut.

#TRENDING  Cara Memindahkan Data iPhone lama ke iPhone Baru Menggunakan iTunes, Simple!

Penghapusan cache tidak mengganggu data di aplikasi tersebut. Karena cache hanyalah data sementara dari aplikasi tersebut. Yang berpengaruh adalah ketika pengguna menghapus data ponsel, jika dilakukan maka informasi dan data aplikasi akan hilang.

Itulah 5 cara membersihkan cache Android Samsung yang mudah untuk diikuti tanpa harus menginstal aplikasi lainnya. Cara yang sama untuk semua tipe HP Samsung, mungkin hanya letak atau penamaannya saja yang sedikit berbeda.