Cara Kalibrasi Baterai Samsung
Cara Kalibrasi Baterai Samsung

Mengetahui Fungsi dan Cara Kalibrasi Baterai Samsung

Cara Kalibrasi Baterai Samsung – Sangat menjengkelkan apabila baterai ponsel pintar habis pada saat penting. Baterai bisa dianggap salah satu komponen yang terpenting sebuah ponsel. Kalau tidak ada baterai tersebut, maka ponsel tidak bisa hidup. Untuk membuat baterai awet, pengguna ponsel Samsung perlu mengetahui fungsi dan cara kalibrasi baterai Samsung. Fungsi kalibrasi ialah baterai jadi tak cepat ngedrop dan masa pakai lama.

Baterai yang melemah membuat daya tahan ponsel pintar tidak lama. Beberapa pengguna langsung mengganti baterai yang lemah dengan yang baru. Tapi sebetulnya nya ada solusi guna menanggulangi baterai  yang mulai lemah, yaitu dengan cara kalibrasi yang dapat mengatasi problem turunnya daya tahan baterai. Pengkalibrasian baterai Samsung bisa dilakukan dalam kondisi root atau tanpa root.

Cara Kalibrasi Baterai Samsung

Berikut cara kalibrasi ponsel samsung yang bisa anda coba , di antaranya adalah sebagai berikut ini :

#TRENDING  Cek Cara Flash Hp Xiaomi yang Terkunci Akun Mi, Solusi HP Terkunci

1. Menggunakan Kode Rahasia

Pengkalibrasian baterai ponsel Samsung dapat dikerjakan dengan memakai kode rahasia yang bisa didapat setelah melakukan proses rooting. Proses semacam ini dilakukan khusus untuk ponsel Samsung.

Waktu paling pas untuk pengkalibrasian ialah pada saat baterai ponsel tersisa 10 sampai 15 persen. Mengetahui fungsi dan cara kalibrasi baterai Samsung dimulai dengan membuka menu dial panggilan telepon dengan mengetikkan kode rahasia *#0228#.

2. Mengecek Informasi Baterai

Setelah mengetikkan kode rahasia ada menu tentang status baterai. Setelah dibaca, pada menu status baterai itu tercantum macam-macam informasi tentang baterai Samsung yang terpasang berupa status pengecharge-an, besar voltase baterai, level baterai dan sebagainya.

Perhatikan berbagai informasi itu guna mengetahui kondisi baterai pengguna. Pada bagian bawah informasi ada tombol yang bertuliskan Quick Start untuk proses selanjutnya yang bisa dilakukan.

3. Cara Kalibrasi Baterai Samsung Dengan Menekan Tombol Quick Start

Selanjutnya untuk mengetahui fungsi dan cara kalibrasi baterai Samsung, tekan saja tombol start cepat yang ada pada bawah menu yang menginformasikan status baterai. Setelah itu akan keluar peringatan atau warning bahwa Fue Gauge yaitu suatu komponen di baterai yang berguna untuk mendeteksi ketahanan baterai sehingga diketahui apakah daya tahan baterai masih banyak atau sudah hampir habis.

#TRENDING  Penyebab dan Cara Mengembalikan Suara HP Oppo yang Hilang

Setelah mengetahui daya tahan baterai, klik “OK” untuk memulai proses pengkalibrasian baterai tersebut. Harap sabar menunggu sampai proses selesai. Mudah-mudah proses dapat berjalan tanpa gangguan.

4. Mencharge Baterai Sampai Penuh

Setelah proses kalibrasi itu selesai, buat ponsel Samsung menjadi tidak aktif dengan memencet tombol off, lalu isi baterai ponsel pintar tersebut sampai penuh. Setelah penuh, jangan berhenti dulu. Tetaplah melakukan pengisian baterai selama dua puluh lima menit sampai enam puluh menit. Setelah itu cabut saja kabel charge lalu pengguna harus membiarkan ponsel Samsung dalam keadaan mati selama dua jam.

5. Menghidupkan Ponsel Pintar Kembali

Langkah terakhir mengetahui fungsi dan cara kalibrasi baterai Samsung ialah menghidupkan kembali ponsel. Pada saat ini akan diketahui apakah baterai sudah balik normal dan bisa kembali berfungsi.

Apabila baterai tidak dapat berfungsi, itu berarti proses pengkalibrasian gagal dan mau tidak mau baterai itu harus diganti dengan yang baru. Boleh dilakukan cek harga baterai yang baru karena yang lama kelihatannya sudah tidak layak mungkin telah menggelembung.

#TRENDING  Cara Merawat Baterai Iphone Agar Tidak Kembung dan Stabil

Demikian tadi lima langkah untuk mengetahui fungsi dan cara kalibrasi baterai Samsung. Lakukan prosesnya dengan hati-hati dan sabar. Dengan melakukan lima langkah tadi siapa tahu baterai masih bisa menjadi normal sehingga menghemat uang untuk pembelian baterai baru. Sangat penting pengguna selalu memperhatikan daya baterai, jangan sampai itu menggelembung sehingga tidak bisa dikalibrasi, dan baterai harus diganti yang baru.

Check Also

cara mengatasi jaringan wifi lemot di HP Samsung

Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Wifi Lemot di HP Samsung

Bukan lagi rahasia jika wifi memiliki jaringan yang lebih kencang daripada data seluler. Seperti halnya …