Cara Menginstal Ulang HP Xiaomi 6a Dengan Metode Hard Reset

Menginstal ulang smartphone biasanya menjadi solusi alternatif untuk mengatasi masalah yang ada pada smartphone. Termasuk pada HP Xiaomi 6a, namun masih banyak pemilik smartphone ini yang tidak mengetahui. Bagaimana cara menginstal ulang HP Xiaomi 6a sendiri dengan aman karena memang metode instal ulang ini bisa sangat beresiko jika tidak dilakukan dengan benar.

Bisa-bisa smartphone malah tidak menyala lagi. Salah satu, metode yang terbilang paling aman untuk digunakan adalah metode hard reset. Hard reset ini termasuk cara yang paling mudah untuk Xiaomi 6a karena tidak perlu perangkat atau aplikasi tambahan lagi.

Cara Menginstal Ulang HP Xiaomi

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

1. Tekan Tombol Volume dan Power Bersamaan

Untuk memulai proses install ulang dengan metode hard reset. Pertama, para pengguna bisa menekan tombol power pada smartphone dengan tombol volume secara bersamaan. Para pengguna bisa memilih antara tombol up atau down saja. Tidak perlu menekan keduanya, cukup salah satu saja. Asalkan ditekan bersamaan dengan tombol power. Tekan selama beberapa saat sampai menu hard reset muncul.

2. Masuk Menu Recovery dan Pilih Panduan Bahasa Inggris

Pada menu hard reset yang muncul pilihlah menu Recovery yang ada pada bagian atas. Dalam menu ini juga, para pengguna akan diminta untuk memilih Bahasa yang digunakan. Pada Xiaomi 6a, sangat jarang ada pilihan untuk Bahasa Indonesia. Biasanya pilihan Bahasa utamanya adalah Bahasa Mandarin kalau bukan Bahasa Inggris. Pilih Bahasa Inggris saja sebagai langkah aman.

#TRENDING  Cara Merekam Layar di HP Samsung A11 Biar Semakin Rajin Bikin Konten

3. Pilih Wipe Data/Factory Reset

Cara menginstal ulang HP Xiaomi 6a selanjutnya adalah memilih Wipe Data/Factory Reset. Para pengguna akan melihat pilihan ini di dalam menu Recovery yang sudah dimasuki. Setelah, para pengguna mengklik opsi tersebut akan muncul jendela notifikasi lagi.

Jendela tersebut merupakan notifikasi konfirmasi, apa benar para pengguna ingin menghapus data atau melakukan reset tersebut. Pilih YES untuk melanjutkan proses reset yang diinginkan.

4. Tunggu Proses Sampai Selesai

Setelah tombol YES ditekan, maka proses reset akan segera dimulai. Para pengguna perlu sabar untuk menunggu proses hard reset hingga selesai. Hal ini tergantung seberapa banyak hal yang harus direset di dalam perangkat.   Karena kemungkinan besar proses hard reset akan memakan waktu yang lama. Ada baiknya, para pengguna memastikan bahwa baterai penuh saat memulai proses.

Kemudian, jangan lupa untuk menyiapkan charger jika baterai menjadi lemah di tengah proses. Para pengguna juga harus memperhatikan, agar smartphone tidak menjadi terlalu panas selama proses hard reset. Setelah proses selesai, para pengguna bisa melakukan reboot terlebih dahulu sebelum menyalakan smartphone.

5. Diamkan Beberapa Saat Sebelum Smartphone Dihidupkan Kembali

Sangat disarankan bagi para pengguna smartphone Xiaomi 6a untuk tidak langsung menyalakan smartphone begitu proses instal ulang selesai dilakukan. Biarkan smartphone dalam keadaan mati untuk beberapa saat. Mungkin sekitar 10 sampai 15 menit saja. Hal ini untuk memberikan kesempatan pada perangkat untuk mendinginkan mesinnya.

#TRENDING  7 Aplikasi Cek Kesehatan Baterai Android Terbaik agar Baterai Awet

Mengingat proses reset sangat menghabiskan banyak energi dan bisa membuat mesin smartphone menjadi panas.Setelah didiamkan dan mesin smartphone terasa dingin. Baru para pengguna bisa menghidupkan smartphone kembali dengan cara yang biasa. Smartphone yang sudah diinstal ulang pun bisa digunakan dengan cara biasa.

Itulah cara menginstal ulang HP Xiaomi 6a dengan metode hard reset. Metode ini terbilang yang paling aman untuk dilakukan. Sebelum melakukannya, pastikan para pengguna sudah mencadangkan semua data di dalam smartphone. Karena ada kemungkinan besar banyak data yang terhapus selama install ulang dengan metode ini.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA