5 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri Saat di Charger Paling Ampuh

Selain menjadi alat komunikasi, Hp juga sangat membantu dalam hal segala pekerjaan. Namun seringkali LCD Hp mengalami lag bahkan error dalam situasi tertentu, salah satunya saat sedang dalam pengisian daya. Lalu adakah cara mengatasi layar Hp bergerak sendiri saat di charger paling ampuh untuk dilakukan?

Namun sebelum itu, kenali terlebih dahulu beberapa penyebab dari permasalahan tersebut. Arus listrik yang sedang tidak stabil menjadi salah satu penyebab touchscreen mengalami error. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada stabilitas komponen pada smartphone.

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri Saat di Charger

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara mengatasi LCD Hp yang error pada saat di charger, antara lain:

1. Matikan Hp

Suhu Hp yang tidak normal menjadi salah satu penyebab LCD Hp bergerak sendiri. Kondisi seperti ini akan membuat performa hardware menurun dan menyebabkan layar Hp menjadi bergerak sendiri. Hal ini biasa terjadi karena aplikasi yang dibuka terlalu banyak, sehingga baterai Hp menjadi boros dan berdampak pada LCD Hp.

Adapun hal yang harus dilakukan adalah dengan mematikan Hp beberapa saat, lalu menghidupkannya kembali saat kondisi Hp sudah kembali normal. Cara ini terbilang ampuh untuk mengatasi layar Hp yang bergerak sendiri saat sedang dalam mode pengisian daya.

2. Ganti Charger Yang Berkualitas

Cara mengatasi layar Hp bergerak sendiri saat di charger selanjutnya adalah dengan mengganti charger atau kabel USB yang berkualitas. Hal ini sangat perlu diperhatikan agar performa Hp tetap dalam kondisi baik. Menggunakan charger abal-abal akan merusak komponen tertentu pada Hp sehingga berdampak pada LCD.

#TRENDING  Cara Mengatasi HP Samsung Mati Hidup Sendiri, Lakukan ini

Solusinya yaitu dengan menggunakan charger original. Lebih baik apabila menggunakan kabel USB bawaan dari Hp. Namun, apabila sudah rusak atau hilang maka cari charger yang memiliki kualitas tinggi dan sesuai dengan tipe Hp tentunya.

3. Bersihkan Layar Hp

Kondisi layar Hp yang kotor juga dapat menjadi penyebab layar Hp bergerak sendiri saat sedang di charge. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan layar Hp menggunakan tisu atau kain lembut. Jangan lupa untuk mengecek kondisi pelindung layar pada Hp.

Pelindung layar yang kurang pas atau tidak menempel dengan sempurna terkadang membuat layar Hp menjadi bergerak sendiri. Maka dari itu penting untuk mengecek kondisi layar pada Hp, baik itu dari segi pelindung layar atau langsung pada LCDnya.

4. Lakukan Factory Reset

Apabila beberapa cara di atas sudah dicoba namun Hp masih saja error, maka cobalah untuk mereset Hp. Biasanya kondisi sistem pada Hp yang membuat layar menjadi bug. Namun, sebelum melakukan reset pada Hp, pastikan untuk mengamankan data penting terlebih dahulu.

Perlu diingat, bahwa ketika Hp di reset maka semua data pada penyimpanan internal akan terhapus secara otomatis. Tetapi jangan khawatir, kondisi touchscreen Hp akan membaik setelah di reset. Hal ini terjadi karena sistem Hp akan kembali normal seperti saat pertama kali digunakan.

5. Ganti Baterai Hp

Kondisi baterai yang rusak akan membuat layar Hp bergerak sendiri atau bahkan tidak bergerak sama sekali. Apabila dibiarkan begitu saja tentu akan membuat komponen Hp lainnya menjadi rusak. Hal yang harus dilakukan adalah mengganti baterai Hp yang baru dan sehat.

#TRENDING  6 Cara Mengatasi Hp Vivo Pengisian Daya Tidak Normal dengan Mudah

Baterai Hp yang rusak ditandai dengan persentase baterai yang cepat menurun. Bahkan akan berdampak pada layar Hp yang bergerak sendiri tanpa disentuh. Tentu hal ini sangat menyebalkan, bukan? Jadi, gantilah baterai Hp dengan yang baru dan berkualitas agar tidak mengalami permasalahan serupa.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi layar Hp bergerak sendiri saat di charger paling ampuh. Apabila sudah mencoba beberapa cara di atas namun belum juga dapat teratasi, maka segera bawa ke tempat servis. Bisa jadi LCD Hp memang sudah mengalami kerusakan parah.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA