Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam OPPO

Cara cek kesehatan baterai tanam oppo perlu diketahui penggunanya agar bisa berjaga-jaga jika ponsel mulai ngedrop meskipun baru digunakan sebentar. Bukan itu saja yang bisa terjadi dan menjadi risiko ketika penggunanya tidak rutin melakukan pengecekan kesehatan baterai pada ponsel. Beberapa penggunanya juga bisa menghadapi permasalahan seperti baterai ponsel hamil.

Cara cek kesehatan baterai tanam oppo

Belakangan ini baterai tanam atau non-removable sering digunakan oleh smartphone keluaran terbaru. Baterai tanam tentu berbeda daripada baterai yang bisa dilepas seperti pada ponsel-ponsel zaman dahulu. Untuk mengecek kesehatan baterai lepas juga lebih mudah dibandingkan jenis tanam. Tapi tenang, untuk mengecek kondisi kesehatan baterai tanam, pengguna bisa menggunakan beberapa cara seperti berikut:

1. Pakai Ponsel dalam Keadaan Full Load

Seperti diketahui, ketahanan daya baterai akan terus berkurang ketika terlalu sering digunakan atau mengerjakan aktivitas berat. Hal ini misalnya saja saat bermain game, tentunya komponen CPU, GPU, dan RAM akan bekerja keras dan resourcenya terus meningkat. Dengan begitu, ponsel membutuhkan banyak daya untuk bisa terus hidup.

Penggunanya bisa mengetes kesehatan ponselnya dengan cara ini, dengan begitu akan terlihat bagaimana ketahanannya ketika digunakan untuk aktivitas berat. Jika baterai ponsel berkurang dengan sangat cepat, maka itu artinya baterainya tidak sehat atau bermasalah. Maka dari itu, hentikan pemakaian aktivitas berat agar bisa awet.

2. Lihat Kode Pengecek Baterai Oppo

Hampir sebagian besar ponsel terbaru termasuk Oppo sudah memiliki fitur dial untuk melihat kesehatan baterainya tersebut. Pengguna hanya perlu melakukan panggilan ke *#*#4636#*#*, kemudian tunggu hingga proses pemanggilannya selesai. Setelah proses selesai, nantinya pengguna akan diarahkan ke halaman yang berisi informasi.

#TRENDING  3 Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo A12 Seperti Semula

Langkah berikutnya, tentu akan muncul halaman baru yang berisikan berbagai informasi. Pengguna perlu masuk ke menu battery information atau statistic. Pada bagian tersebut akan terdapat indikator baterai yang akan ditandai dengan tulisan good.

3. Unduh Aplikasi AccuBattery

Untuk cara cek kesehatan baterai tanam oppo satu ini, penggunanya harus mengunduh pihak ketiga atau aplikasi tambahan. Aplikasi satu ini cocok sekali untuk digunakan oleh para pengguna ponsel dengan baterai tanam ataupun lepas pasang.

Untuk cara menggunakannya juga cukup mudah, pengguna hanya perlu menginstal aplikasi dan menghabiskan baterai ponselnya. Buka aplikasi dan jalankan, setelah berjalan, matikan ponselnya. Setelah ponsel mati, sambungkan dengan kabel charger dan tunggu hingga penuh. Barulah setelah ponsel penuh, nyalakan dan buka aplikasi, nantinya akan muncul informasi apakah baterai sehat atau tidak.

4. Lepas Casing Belakang

Ada cara lain yang akan membuat pengguna lebih yakin dengan kesehatan baterai ponsel. Cara ini juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi suhu panas di dalam ponsel. Kondisi seperti inilah yang bisa mengurangi kesehatan baterai dan bahkan menyebabkannya rusak.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan membuka casing bagian belakang ponsel. Meskipun menggunakan baterai tanam, namun casing ponsel juga bisa dilepas. Lakukan pengecekan pada baterai apakah normal atau tidak. Baterai normal yang ditandai dengan bentuk datar atau tidak terlihat hamil. Selain itu, masih terdapat stiker yang menempel pada bagian baterainya tersebut.

5. Lihat Waktu Pengisian Daya

Cara terakhir untuk melihat apakah kondisi dari hp Oppo apakah masih baik atau sudah bermasalah adalah dengan melihat waktu pengisian dayanya. Kebanyakan ponsel-ponsel dengan baterai bermasalah membutuhkan waktu cukup lama untuk melakukan pengisian daya. Hal ini dikarenakan dayanya bocor sehingga sulit penuh.

#TRENDING  Ini Pengaruh Tempered Glass Kamera Perlu Kamu Ketahui

Sedangkan, pada ponsel Oppo dengan baterai kondisi baik, maka pengisian daya hingga penuh hanya membutuhkan waktu 2-3 jam saja. Selain itu, ketika digunakan baterainya juga tidak mudah habis seperti yang bermasalah. Cukup mudah dibedakan, bukan?

Demikian cara cek kesehatan baterai tanam Oppo yang bisa diketahui secara mudah oleh pengguna melalui beberapa cara seperti di atas. Tentu saja ada berbagai penyebab melemahnya kesehatan baterai ponsel, sehingga penggunanya perlu menghindarinya. Apabila sudah terlanjur memiliki kondisi yang buruk, maka bisa segera diatasi secara bijak agar baterai tetap dalam keadaan awet.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA