penyebab layar Android tidak sensitif
penyebab layar Android tidak sensitif

Penyebab Layar Android Tidak Sensitif Dan Cara Mengatasinya

Berbicara soal touchscreen, banyak pengguna yang mengalami problem yaitu layar sentuh tidak responsif. Hal tersebut tentunya cukup mengganggu dimana penggunaan hp sekarang tidak hanya untuk komunikasi tetapi juga sudah menjurus ke pekerjaan. Jika hal tersebut terjadi, maka langkah paling tepat adalah mengetahui penyebab layar Android tidak sensitif dan cara mengatasinya.

Keuntungan dari mengetahui hal ini adalah pengguna nantinya bisa menghindari agar layar hp mereka tidak mengalami masalah. Misal pun sudah terlanjur mengalami problem, maka bisa dilakukan beberapa langkah penanganan yang bisa dicoba.

Penyebab layar Android tidak sensitif

Nah, berikut ini akan dijelaskan cara menangani layar HP yang tidak responsif:

1. Layar Kotor

Berbicara soal penyebab layar Android tidak sensitif dan cara mengatasinya tentu kita akan langsung menjurus ke kondisi layar itu sendiri. Ini penting diketahui karena faktor utama penyebab layar sentuh error adalah dari kebersihan layar. Touchscreen yang kotor membuat sensor pada jari terhambat dan membuat perintah kepada handphone menjadi tersendat.

#TRENDING  3 Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo A12 Seperti Semula

Cara mengatasi hal ini cukup mudah yaitu bisa menggunakan lap halus dan sedikit air. Saat melakukan hal ini usahakan untuk tidak menggunakan air terlalu banyak karena bisa merusak layar secara permanen. Jika percobaan pertama belum berhasil, bisa dicoba berulang-ulang sampai kotoran yang menempel benar-benar bersih.

2. Kemasukan Air

Selain layar yang kotor, masalah utama kenapa layar touchscreen tidak responsif adalah karena kemasukan air. Seperti kita tahu perangkat elektronik dapat rusak karena air. Meskipun sudah dijaga dengan baik namun hal tersebut tetap bisa saja terjadi.

Jika mengalami hal seperti diatas, ada beberapa langkah untuk mengatasinya. Yang pertama matikan HP untuk menghindari korsleting di komponen yang lain. Jika memungkinkan maka bisa bongkar layar dengan alat yang direkomendasikan atau taruh di bawah sinar matahari secukupnya. Jika layar masih tidak bisa digunakan langkah paling tepat adalah membawanya ke tempat service.

3. Retak Di Bagian Dalam

Pembahasan soal penyebab layar Android tidak sensitif dan cara mengatasinya masih berlanjut. Kali ini salah satu penyebab layar tidak sensitif adalah kemungkinan retak di bagian dalam. Hal ini sulit terdeteksi terlebih jika retakan tersebut tidak terlihat secara kasat mata.

#TRENDING  5 Cara Membersihkan RAM Di Hp Oppo A15 Paling Mudah

Seperti kita tahu layar HP terdiri dari beberapa lapisan komponen baik kaca atau semacamnya. Jika salah satu komponen ini retak, maka performa/sensitivitas layar akan menurun bahkan bisa mati. Solusi paling tepat adalah mengganti dengan layar yang baru tentu dengan harga yang cukup mahal untuk beberapa merk tertentu.

4. Overheat

Penggunaan HP dengan intensitas tinggi tentu membuat kinerja dari perangkat yang ada menjadi meningkat. Jika ini terjadi maka HP akan mengalami overheat atau kenaikan suhu. Tidak hanya baterai, layar juga bisa mengalami hal semacam itu dan bisa menimbulkan efek layar menjadi tidak sensitif.

Jika hal tersebut terjadi, maka langkah yang tepat adalah dengan menurunkan suhu handphone. Selain mematikannya, pengguna bisa mematikan sinyal/memanfaatkan mode terbang. Dengan begitu maka suhu HP akan menurun dan performa layar juga kembali normal.

5. RAM Penuh

Masalah pada RAM tidak bisa dipisahkan dari penyebab layar HP tidak sensitif. RAM adalah hardware yang berfungsi meneruskan perintah dari jari pengguna ke perangkat handphone. Nah, jika bagian ini terkendala maka akan mempengaruhi semua komponen termasuk sensitivitas layar.

#TRENDING  Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Bisa Menerima SMS Termudah

Jika hal ini terjadi maka solusi paling tepat adalah membersihkan RAM. Untuk melakukanya, pengguna bisa menggunakan aplikasi pembersih yang biasanya sudah ada pada setiap handphone. Dengan membersihkan RAM maka performa HP dan juga layar akan kembali normal.

Itulah 5 faktor penyebab layar Android tidak sensitif dan cara mengatasinya. Jika pengguna berhasil menemukan penyebab masalah sensitivitas layar Android, maka cara mengatasinya pun cenderung lebih mudah. Namun, untuk lebih aman dan mudahnya, pengguna bisa membawanya ke tempat servis.

Check Also

cara mengatasi jaringan wifi lemot di HP Samsung

Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Wifi Lemot di HP Samsung

Bukan lagi rahasia jika wifi memiliki jaringan yang lebih kencang daripada data seluler. Seperti halnya …