Cara Mengatur Layar HP Samsung Agar Tidak Mati

Seringkali ketika sedang membaca, menyalin, atau mengerjakan tugas melalui HP, layar menjadi mati jika terlalu lama digunakan dan harus menyalakannya kembali. Tentu sangat merepotkan dan menyebalkan, bukan? Hal ini bisa terjadi di semua jenis ponsel, terutama HP Samsung. Untuk membuat layar tetap menyala, terdapat cara mengatur layar HP Samsung agar tidak mati yang perlu diketahui.

Cara untuk menjaga agar layar tidak mati sangatlah mudah dan tidak ribet sama sekali. Pengguna bisa memanfaatkan fitur yang memang sudah ada di dalam perangkat. Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut!

Cara mengatur layar HP Samsung agar tidak mati

Cara mengatur layar HP Samsung agar tidak mati yang pertama adalah dengan mengatur waktu tampilan layar. Pengguna bisa mengatur kapan waktu layar untuk tetap menyala atau terkunci jika tidak melakukan apapun pada handphone. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaturnya:

1. Membuka Menu Pengaturan

Langkah pertama yang perlu dilakukan pengguna adalah dengan masuk ke menu Pengaturan. Pengguna bisa mencari menu ini dengan masuk ke home dan pilih pengaturan atau settings. Barulah nantinya bisa masuk ke dalam menu yang berisi beberapa pilihan setting lainnya.

2. Memilih Menu Tampilan

Setelah masuk, langkah selanjutnya adalah pengguna harus memilih menu tampilan. Pada menu ini terdapat pengaturan layar seperti kontras, kecerahan, dan pengaturan lampu latar lainnya. Pengguna bisa mengatur tampilan sesuai dengan keinginan, termasuk mengatur lama waktu tunggu layar agar tetap menyala.

#TRENDING  5 Cara Menghapus Data Sistem Di Iphone dengan Mudah

3. Pilih Waktu Tunggu Tampilan Layar

Langkah selanjutnya adalah memilih menu waktu tunggu tampilan layar. Pada menu ini akan muncul berbagai pilihan waktu tunggu tampilan, mulai dari 30 detik, 1 menit, sampai 10 menit. Pilihan waktu dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Perlu diingat bahwa penggunaan fitur ini dapat membuat baterai menjadi boros.

Cara Mengatur Layar HP Samsung Agar Tidak Mati Menggunakan Smart Stay

Setelah mengetahui cara mengatur waktu menyala layar melalui pengaturan tampilan, terdapat 1 cara lagi yang bisa digunakan, yaitu memanfaatkan fitur aktif pintar atau Smart Stay. Cara ini pun sangat mudah dilakukan dan tidak ribet sama sekali. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu pengaturan. Sama seperti cara sebelumnya, yaitu pengguna perlu masuk ke menu pengaturan. Menu ini terdapat pada tampilan home, atau cara yang lebih mudah adalah dengan mencarinya melalui fitur search yang tersedia pada HP. Ketik pengaturan, maka menu tersebut akan langsung muncul pada daftar pencarian.
  • Pilih menu fitur lanjutan. Setelah masuk ke pengaturan, pengguna perlu memilih menu fitur lanjutan. Pada fitur ini berisi menu-menu pengaturan lanjutan. Beberapa diantaranya seperti Smart Stay, Quick Share, menghubungkan ke Windows, mode satu tangan, gerakan dan gestur, serta pengaturan lanjutan lainnya.
  • Aktifkan fitur Smart Stay. Apabila sudah masuk, aktifkan fitur dengan menekan tombol disamping tulisan agar menyala. Fitur ini berfungsi agar layar tetap menyala walau tidak melakukan apapun. Cara kerja Smart Stay adalah lampu layar akan otomatis menyala ketika layar atau kamera depan menghadap wajah pengguna. Pengguna pun tidak perlu lagi menekan tombol lain untuk menyalakan layar.
  • Melalui menu gerakan dan gestur. Jika HP Samsung yang digunakan adalah seri terbaru, maka fitur yang berfungsi sama seperti Smart Stay berada di menu gerakan dan gestur. Dari menu fitur lanjutan, pilih menu gerakan dan gestur. Kemudian aktifkan pilihan “buat layar tetap hidup saat melihat”. Kemudian layar pun akan menyala setiap layar menghadap ke wajah.
#TRENDING  Cara Merekam Layar HP Samsung M12 Menggunakan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Itulah cara mengatur layar HP Samsung agar tidak mati. Mudah, bukan? Pengaturan seperti ini mungkin dapat menguras baterai apalagi jika lupa untuk mematikan ketika kegiatan membaca atau menyalin sudah selesai. Walaupun begitu, kedua cara tersebut tetap wajib dicoba agar tidak repot menekan tombol atau layar agar menyala terus menerus.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA