cara mengatasi HP yang bergetar terus menerus
cara mengatasi HP yang bergetar terus menerus

Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Yang Bergetar Terus Menerus

Kasus HP bergetar secara terus-menerus tidak satu dua kali dijumpai di kalangan para pengguna ponsel pintar. Untuk mengatasinya, tentu harus diketahui dulu apa penyebab utamanya. Jangan terburu-buru membawanya ke tukang servis HP. Pahami penyebab dan cara mengatasi HP yang bergetar terus menerus.

Penyebab dan cara mengatasi HP yang bergetar terus menerus

Penyebabnya permasalahan satu ini pada umumnya cukup beraneka ragam, mulai dari pemasangan aplikasi yang tidak sesuai dengan kapasitas HP sampai dengan usia HP yang memang sudah tua. Nah, untuk mengatasinya, maka simak ulasan berikut:

1. Lakukan Pengisian Daya

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP yang bergetar secara terus menerus adalah dengan melakukan pengisian daya sampai penuh. HP yang bergerak terus-menerus bisa jadi karena pemakaian aplikasi yang berukuran besar dilakukan secara bersamaan. Bisa juga karena pemakaian melebihi kapasitas memori penyimpanan.

#TRENDING  Cara Memindahkan Data iPhone Lama ke Iphone Lain dengan Praktis

Akibatnya, data sampah yang tersimpan di dalam memori menumpuk dan kinerja HP akan mengalami penurunan. Hal yang demikian bisa membuat HP bergetar secara terus-menerus, bahkan mati atau me-restart sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, maka lakukan pengisian daya sampai penuh 100%. Setelah itu, usahakan untuk tidak mengoperasikan aplikasi yang berat secara bersamaan.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Keberadaan aplikasi yang melebihi kapasitas memori penyimpanan, ternyata juga bisa menjadi penyebab utama HP yang terus menerus bergetar tanpa henti. Oleh karena itu, sebelum menginstall aplikasi, perhatikan ukuran memori yang akan digunakan. Jangan paksakan untuk memasang aplikasi jika ketersediaan memori tidak memungkinkan untuk dilakukan pemasangan.

Jika sudah terlanjur, agar getaran pada HP dapat dihentikan, cobalah untuk meng-uninstall aplikasi yang berukuran besar tersebut. Gunakan bantuan aplikasi uninstaller agar file aplikasi yang dihapus tidak ada yang tertinggal dan terhapus 100%. Sebab, jika masih ada sisa file yang tertinggal itu bisa jadi penghambat kelancaran kinerja ponsel selanjutnya.

3. Tutup Aplikasi dengan Benar

Tidak jarang para pengguna ponsel pintar asal-asalan ketika menutup aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika dilakukan hanya 1 atau 2 kali saja. Namun sayangnya, sebagian besar pengguna ponsel pintar melakukan hal tersebut lebih dari 1 maupun 2 kali. Akibatnya kejadian HP bergetar sendiri secara terus-menerus tidak bisa terhindarkan.

#TRENDING  Ketahui Cara Menampilkan Tanggal pada Kamera Samsung A71

Cara mengatasi HP yang bergetar terus menerus akibat kebiasaan buruk itu adalah dengan menghapus data cache aplikasi tersebut terlebih dahulu. Jika penghapusan data cache sudah dilakukan, selanjutnya jangan ulangi kebiasaan buruk menutup aplikasi secara sembarangan. Buka dan tutuplah aplikasi sebagaimana yang telah diinstruksikan agar kejadian HP bergetar sendiri tidak terulang lagi.

4. Lakukan Penginstalan Ulang

Selain karena masalah memori penyimpanan, HP yang bergetar secara terus menerus bisa juga disebabkan karena adanya masalah pada sistem operasi. Jika cara-cara mengatasi HP bergetar sebelumnya sudah dicoba tetapi tidak menemui hasil, lakukan penginstalan ulang terhadap sistem operasinya. Biasanya install ulang sistem operasi hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu. Pastikan membawa HP tersebut ke tukang servis.

5. Ganti dengan Perangkat yang Baru

Cara darurat satu ini harus dilakukan jika keempat cara sebelumnya tidak memunculkan titik terang. Kenapa? ponsel yang bergetar secara terus-menerus bisa jadi karena memang usia perangkat sudah terlalu tua. Hal itu tentu akan mempengaruhi kinerja HP dan menyebabkan kerusakan yang tidak bisa diatasi menggunakan cara apapun. Alternatif terbaiknya adalah menggantinya dengan yang baru.

#TRENDING  Cara Mengatasi HP Samsung Mati Hidup Sendiri, Lakukan ini

Itulah 5 cara mengatasi HP yang bergetar terus menerus. Setelah tahu penyebab terjadinya HP bergetar berulang kali, maka pastikan untuk tidak mengulangi kebiasaan lama pada perangkat baru. Apabila kebiasaan buruk tersebut terus dilakukan, maka kejadian yang demikian sangat mungkin bisa terulang.

Check Also

cara mengatasi jaringan wifi lemot di HP Samsung

Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Wifi Lemot di HP Samsung

Bukan lagi rahasia jika wifi memiliki jaringan yang lebih kencang daripada data seluler. Seperti halnya …