Penyebab Kenapa Tidak Bisa Kirim SMS di HP OPPO
Penyebab Kenapa Tidak Bisa Kirim SMS di HP OPPO

Penyebab Kenapa Tidak Bisa Kirim SMS di HP OPPO Dan Cara Mengatasinya

Beberapa layanan finansial dan aplikasi membutuhkan akses SMS untuk mengirim kode atau menerima OTP (One Time Password). Pemilik ponsel OPPO akan bertanya-tanya kenapa tidak bisa kirim sms di HP OPPO dan cara mengatasinya karena tidak dapat mengirimkan pesan penting tersebut. Meskipun mengirim SMS memang tidak sepopuler dulu sejak adanya aplikasi berkirim pesan menggunakan jaringan internet.

Dari hal ini terlihat jika SMS masih diperlukan keberadaannya di sebuah handphone. Sehingga ketika ponsel tidak dapat mengirimkan SMS harus dicari tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu, simak uraian berikut ini!

Kenapa tidak bisa kirim sms di HP OPPO

Ada banyak hal yang membuat kenapa tidak bisa kirim sms di HP OPPO dan cara mengatasinya. Untuk dapat mengatasinya, terlebih dahulu harus diketahui penyebabnya agar solusi yang diambil akan tepat. Beberapa hal berikut dapat menjadi penyebab tidak terkirimnya SMS, antara lain:

  • Tidak ada pulsa. Sehingga jika kartu SIM yang digunakan tidak ada pulsa secara sistem SMS itu gagal dikirimkan.
  • Tidak ada sinyal atau sinyal jelek. SMS dapat dikirim apabila ponsel dapat menangkap sinyal yang baik, oleh sebab itu perhatikan bar sinyal ponsel semakin banyak artinya sinyal yang diterima semakin kuat.
  • File Cache yang menumpuk. Sering tidak disadari jika aplikasi yang telah dijalankan akan meninggalkan cache yang apabila dibiarkan akan menghambat kinerja ponsel.
  • Kartu SIM Rusak. Seiring dengan lamanya pemakaian apalagi jika sering keluar masuk slot, sehingga bisa saja ini menjadi salah satu penyebabnya.
#TRENDING  5 Cara Mengatasi Tombol Back home Dan Recent Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Ponsel yang Tidak Bisa Mengirim SMS

Setelah mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan SMS tidak terkirim. Pengguna ponsel OPPO dapat mengatasinya berdasarkan hal tersebut. Berikut ini adalah cara yang dapat diupayakan agar mengirim SMS:

1. Periksa Sinyal Ponsel dan Lakukan Restart

Seperti telah dijelaskan, SMS dapat dikirimkan apabila ponsel menangkap sinyal yang baik. Oleh karena itu, perhatikan bar sinyal pada layar ponsel. Jika semakin banyak artinya sinyal yang diterima semakin kuat begitu pula sebaliknya. Sehingga bila ternyata sinyal yang diterima tidak bagus, melakukan restart ponsel untuk merefreshnya.

2. Isi Pulsa

Jika permasalahannya terletak pada tidak adanya pulsa, maka cara penyelesaiannya adalah dengan mengisi pulsa. Sebab untuk setiap SMS yang dikirimkan akan dikenakan sejumlah biaya dan akan memotong pulsa yang dimiliki.

#TRENDING  3 Cara Backup Kontak Android Ke iPhone Paling Parktis

3. Periksa Aplikasi Pesan

SMS merupakan aplikasi default yang sudah ada di ponsel sejak pertama kali dibeli. Namun, hal ini bukan berarti jika aplikasi tersebut tidak akan mengalami kendala. Untuk memastikan kenapa tidak bisa kirim sms di HP OPPO dan cara mengatasinya, lakukan hal berikut ini:

  • Buka menu pengaturan.
  • Pilih Manajemen Aplikasi lalu tekan titik dua di pojok kanan dan muncul opsi Tampilkan Sistem.
  • Klik Pesan kemudian pilih Penggunaan Memori lalu klik hapus data dan cache.

4. Cek Kondisi Kartu SIM

Hal ini biasanya terjadi pada kartu SIM yang telah lama digunakan. Selain umur pemakaian yang telah lama tetapi mungkin saja kartu SIM ini telah sering keluar masuk slot kartu. Hal ini akan menggores lempeng chip berwarna kekuningan yang ada di kartu.

Untuk memastikannya, periksa apakah pada chip tersebut muncul garis hitam? Jika iya, bersihkan menggunakan kapas lembut dan pasang kembali di ponsel. Apabila kartu masih belum dapat digunakan hubungi customer service terdekat untuk memperoleh kartu yang baru dengan nomor sama.

#TRENDING  Cara Reset Pabrik HP Xiaomi Redmi 9 Semua Tipe dengan Mudah

5. Perbarui Sistem Ponsel

Mengabaikan pembaruan sistem akan berpengaruh pada performa ponsel yang digunakan sehingga bisa saja ini menjadi penyebab SMS tidak terkirim. Oleh karena itu, segera lakukan pembaruan sistem setiap kali mendapatkan notifikasi pembaruan.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan kenapa tidak bisa kirim sms di HP OPPO dan cara mengatasinya. Beberapa hal tampak seperti hal kecil tetapi jika diabaikan berpotensi mengganggu kelancaran komunikasi dan kegiatan yang membutuhkan ponsel sebagai alatnya. Peduli dengan hal detail akan membuat pemakaian ponsel menjadi lebih nyaman.

Check Also

Cara Mengatur Kamera Profesional Vivo

Cara Mengatur Kamera Profesional Vivo, Foto Dijamin Kece

Cara mengatur kamera profesional Vivo bagi sebagian besar pengguna HP tersebut harus mengetahuinya. Sebab kamu …