Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di iPhone

Pengguna iPhone akan kesulitan menggunakan headset Bluetooth apabila perangkat tersebut tidak terdeteksi oleh ponsel yang digunakannya. Apalagi mengingat penggunaan headset Bluetooth utamanya adalah untuk melakukan pembicaraan telepon ketika kedua tangan digunakan untuk kegiatan lain. Oleh karena itu, cara mengatasi headset Bluetooth tidak terdeteksi di iPhone menjadi sesuatu hal yang penting untuk diketahui.

Akses nirkabel melalui Bluetooth telah dikenal sejak lama sebagai media berkirim file secara cepat. Dalam perkembangannya, fitur ini dimanfaatkan untuk mengkoneksikan dengan perangkat lain seperti speaker, headset, keyboard dan mouse.

Cara mengatasi headset Bluetooth tidak terdeteksi di iPhone

Simak uraian cara agar headset dapat dikoneksikan dengan Bluetooth iPhone, berikut ini!

1. Matikan Koneksi Bluetooth dan Lakukan Restart iPhone

Perangkat produksi Apple memang tidak mudah untuk bisa terkoneksi dengan perangkat Bluetooth lain. Hal ini karena fitur keamanannya yang sangat ketat. Dengan begitu, cara mengatasi headset Bluetooth tidak terdeteksi di iPhone yang dapat dilakukan pertama kali adalah mematikan Bluetooth dan restart Iphone.

Untuk menonaktifkan koneksi Bluetooth, pengguna bisa masuk menu Setting pilih Bluetooth dan geser tombol untuk sampai berwarna abu-abu. Kemudian restart iPhone dengan menekan tombol home atau Volume down dan power . Hal ini dilakukan untuk membuang bugs yang terperangkap dan mengganggu kinerja Bluetooth.

2. Bersihkan iPhone dari  Perangkat Bluetooth yang Pernah Terkoneksi

Sistem Bluetooth akan menyimpan semua perangkat yang pernah dikoneksikan (pairing) meskipun hanya digunakan satu kali. Apabila tidak dibersihkan, maka akan muncul daftar device yang pernah disambungkan oleh Bluetooth perangkat.

#TRENDING  Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam, Berikut Langkahnya

Oleh karena itu, hapus semua perangkat dengan cara masuk ke menu Setting, pilih fitur Bluetooth, kemudian tekan simbol i sampai muncul opsi Forget This Device. Kemudian matikan Bluetooth dan restart iPhone seperti tahapan di atas. Hal ini akan me-refresh Bluetooth dan mudah mendeteksi perangkat baru yang akan dikoneksikan.

3. Atur Ulang Jaringan

Selain cara tersebut, masih ada cara mengatasi headset Bluetooth tidak terdeteksi di iPhone yang dapat dicoba. Salah satunya yaitu mengatur ulang jaringan iPhone. Untuk memulainya, masuk ke menu Setting lalu cari menu General. Kemudian temukan fitur Reset lalu pilih Reset Network Setting, masukkan password sebagai konfirmasi.

Nantinya, secara otomatis iPhone akan melakukan perjalanan pengaturan ulang jaringan. Setelah proses reset jaringan selesai, nyalakan fitur Bluetooth. Lakukan pairing dengan headset Bluetooth yang akan digunakan ketika iPhone berhasil mendeteksi headset tersebut .

4. Lakukan General Reset

Cara ini sama seperti master reset pada Android yang akan menghapus semua data dalam iPhone seperti baru. Sebelum melakukan hal ini, pastikan semua data penting telah di-backup di cloud atau media penyimpanan lainnya. Hal ini digunakan untuk menghindari kehilangan data maupun file penting.

Untuk memulainya masuk menu Setting lalu pilih menu General dan temukan menu Reset kemudian pilih opsi Reset All Setting. Masukkan password sebagai tanda persetujuan maka iPhone akan memulai proses pengaturan ulang secara keseluruhan. Ketika proses telah selesai, aktifkan Bluetooth pada iPhone, pilih menu find device. Lanjutkan dengan pairing headset Bluetooth sehingga headset tersebut dapat digunakan.

#TRENDING  Cara Mengatur Kamera Profesional Vivo, Foto Dijamin Kece

5. Perbarui Sistem iOS

Ada kalanya suatu fitur tidak dapat digunakan karena sistem yang terpasang belum diperbaharui. Oleh karena itu, lakukan update sistem iOS pada iPhone yang dipakai. Prosesnya ini biasanya membutuhkan waktu yang agak lama dan harus didukung oleh koneksi internet yang stabil.

Caranya yaitu pengguna perlu masuk ke menu Setting lalu pilih General dan klik Software Update. Setelah proses selesai, iPhone yang digunakan telah menggunakan iOS terbaru yang kompatibel dengan perangkat. Lakukan lagi pairing dengan headset Bluetooth yang akan digunakan.

Itulah beberapa cara mengatasi headset Bluetooth tidak terdeteksi di iPhone yang harus diketahui oleh pemakai ponsel besutan iOS satu ini. Cara ini juga dapat diterapkan pada perangkat Bluetooth lain yang akan dikoneksikan dengan iPhone. Kini headset Bluetooth bisa dikoneksikan untuk berbagai kegiatan bahkan saat menyetir sekalipun. Namun pastikan untuk selalu memperhatikan keselamatan.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA