Aplikasi Cek Kesehatan Baterai Android
Aplikasi Cek Kesehatan Baterai Android

7 Aplikasi Cek Kesehatan Baterai Android Terbaik agar Baterai Awet

Pemilik perangkat Android tentu harus mengetahui aplikasi cek kesehatan baterai Android terbaik. Hal ini dikarenakan kondisi baterai yang baik menjadi hal yang sangat penting pada sebuah perangkat. Apalagi mengingat jika tanpa baterai yang sehat, maka kinerja perangkat menjadi tidak optimal. Perangkat secanggih apa pun tidak akan dapat digunakan jika baterai yang terpasang dalam keadaan tidak sehat.

Kesehatan baterai perangkat Android antara lain meliputi waktu pengisian, suhu baterai, dan juga lamanya baterai dapat digunakan. Di antara komponen perangkat Android, baterai menjadi bagian yang sering cepat rusak. Tentu saja ini akan tergantung pada perilaku penggunaannya.

7 Aplikasi Cek Kesehatan Baterai Android

Berikut ini adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek kesehatan baterai pada perangkat, yaitu:

1. AccuBattery

Sering lupa melepas charger ketika baterai sudah penuh bukanlah kebiasaan yang baik untuk kesehatan baterai. Solusinya adalah dengan memasang aplikasi AccuBattery yang memiliki fitur Stop Charging ketika baterai perangkat sudah penuh. Selain fitur tersebut, aplikasi cek kesehatan baterai Android ini memiliki fitur yang dapat mengisi baterai dalam waktu lebih cepat dari waktu normal.

#TRENDING  Cara Live Streaming Youtube Di Iphone / Android

Pengembang aplikasi satu ini juga melengkapinya dengan fitur yang dapat menginformasikan aplikasi apa saja yang mengkonsumsi baterai secara berlebih. Apabila fitur tersebut diaktifkan, AccuBattery akan mematikan aplikasi-aplikasi dimaksud, sehingga kinerja perangkat menjadi lebih optimal.

2. Ampere Meter Pro

Aplikasi ini merupakan pilihan tepat untuk baterai yang mengalami kendala ketika mengisi daya bahkan yang tidak bisa di-charge sekalipun. Indikator dalam Ampere Meter Pro dapat memberikan informasi penyebab masalah yang timbul pada baterai yang digunakan. Hal ini tentu saja memudahkan untuk mencari solusi yang tepat supaya bisa mengatasinya.

3. Battery Checker

Ketika sisa baterai perangkat tinggal sedikit dan belum menemukan tempat untuk mengisi dayanya, maka tidak lagi masalah apabila memasang aplikasi ini. Battery Checker dapat memberitahukan berapa lama sisa baterai dapat bertahan, kapan harus mengisi daya dan harus menghentikan pengisian baterai (charging).

Aplikasi ini dapat digunakan tanpa kesulitan meskipun baru pertama kali memakainya. Dikemas dalam tampilan yang sederhana, Battery Checker akan memudahkan untuk melihat kondisi baterai ketika sedang mengisi daya ataupun tidak.

#TRENDING  5 Cara Mengatasi Tombol Back home Dan Recent Tidak Berfungsi

4. Kaspersky Battery Life

Aplikasi penghemat baterai ini telah lama dikenal pengguna ponsel dan perangkat Android lainnya. Hal ini disebabkan oleh fitur-fitur yang tersemat di dalamnya. Beberapa fiturnya yaitu seperti kondisi kesehatan baterai yang digunakan, apakah masih layak atau sudah saatnya diganti. Kaspersky Battery Life juga dapat mendeteksi apabila terdapat aplikasi yang menguras daya secara berlebih yang membuat baterai cepat habis.

5. Battery Health Checker

Salah satu aplikasi cek kesehatan baterai Android terbaik ini mampu membuat kinerja perangkat yang dipakai tetap optimal. Dengan menggunakan Battery Health Checker, pemilik perangkat pun bisa merasakan performa baterai  dapat digunakan lebih lama dan semakin efektif. Kondisi baterai jadi lebih awet dan mampu memperpanjang usia penggunaannya.

6. dfndr Battery

Selain dapat dipakai untuk mengetahui kondisi baterai yang terpasang pada perangkat, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menghemat baterai melalui cara yang sederhana. Pengguna Android jadi tidak perlu khawatir jika baterai perangkatnya akan cepat habis.

Selain itu, aplikasi ini dapat dioperasikan hanya dengan satu klik saja. Hal ini secara otomatis akan mematikan aplikasi yang tidak dipakai. Baterai perangkat pun menjadi lebih terjaga dan tidak akan mengalami permasalahan lagi.

#TRENDING  5 Cara Mengetahui Nomor IMEI HP Oppo Anti Ribet

7. mAH Battery

Pemilik perangkat akan mendapatkan informasi berapa lama lagi baterai harus diisi dan banyaknya daya baterai yang tersisa dari aplikasi ini. Informasi-informasi tersebut tidak sulit diperoleh jika menggunakan aplikasi mAh Battery. Hal ini tentu memberikan kemudahan pada pemilik Android untuk mengetahui kesehatan baterai perangkat yang dipakainya.

Itulah beberapa aplikasi cek kesehatan baterai Android terbaik yang dapat dipilih. Dengan memasang aplikasi tersebut, pengguna Android dapat mengetahui seberapa sehat baterai yang digunakannya. Memang usia komponen tidak ada yang bisa memastikan, tetapi perilaku penggunaan perangkat yang baik akan memperpanjang masa pakai baterai tersebut.

Check Also

cara mengatasi jaringan wifi lemot di HP Samsung

Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Wifi Lemot di HP Samsung

Bukan lagi rahasia jika wifi memiliki jaringan yang lebih kencang daripada data seluler. Seperti halnya …