cara mengatasi layar HP terlalu sensitif
cara mengatasi layar HP terlalu sensitif

Cara Mengatasi Layar HP Terlalu Sensitif agar Nyaman Memakainya

Umumnya masalah pada touchscreen adalah layar kurang responsif. Namun meski demikian, penting juga untuk mengetahui cara mengatasi layar HP terlalu sensitif. Hal ini dikarenakan sensitivitas layar memang berpengaruh terhadap kenyamanan pemakaian ponsel.

Layar sentuh pada ponsel merupakan bagian yang sering digunakan, sebab semua aktivitas pemakaian ponsel akan dilakukan lewat layarnya. Sebagai pemilik tentu akan menjaga dan memelihara bagian ini dengan sebaik-baiknya.

Cara mengatasi layar HP terlalu sensitif

Ketika layar ponsel bekerja tidak normal, baik kurang responsif atau terlalu sensitif, pemiliknya dapat menggunakan cara berikut untuk memperbaikinya:

1. Cek Kondisi Touchscreen

Perhatikan dengan seksama kondisi layar ponsel yang digunakan. Bersihkan dari kotoran yang dapat membuat kinerjanya menjadi tidak normal. Debu halus dan air juga bisa menimbulkan masalah untuk layar ponsel dengan menjadikannya lebih sensitif atau malah kurang responsif.

#TRENDING  Cara Mengatasi Memori Penuh

Untuk mengatasinya, cukup gunakan kain halus untuk membersihkan layar sentuh ponsel. Jika ada noda yang membandel, bersihkan dengan tisu basah terlebih dahulu. Hindari mengusapnya terlalu keras agar tidak merusak layar ponsel.

2. Lakukan Kalibrasi Ulang

Biasanya ponsel terbaru telah dilengkapi dengan fitur kalibrasi yang bisa digunakan untuk cara mengatasi layar HP terlalu sensitif. Selain itu, fitur ini bisa mengecek sensitivitas touchscreen. Apabila perangkat yang digunakan tidak didukung oleh fitur ini, unduh saja aplikasi Touchscreen Fixer dari Google Play Store. Setelah memasangnya di ponsel, jalankan aplikasi untuk mulai melakukan kalibrasi ulang.

3. Ganti Kaca Pelindung

Melengkapi handphone dengan kaca pelindung memang membuat layar ponsel terlindungi dari retak dan rusak saat jatuh. Namun, tidak jarang hal ini menjadi penyebab sensitivitas layar menjadi tidak seperti seharusnya. Ketika layar ponsel yang dipakai terasa sangat sensitif, ada baiknya untuk mengganti kaca pelindungnya atau melepasnya.

Apabila kemudian kinerja layar sudah seperti seharusnya, maka ini berarti permasalahannya ada di kaca pelindung ponsel yang digunakan. Namun, jika kinerja ponsel masih dirasakan belum normal, pengguna dapat mencoba cara yang lain lagi.

#TRENDING  Cara Flash Hp Samsung dengan Mudah dan Cepat

4. Kurangi Skala Animasi Layar

Pengaturan transition animation scale atau skala animasi juga berfungsi untuk mengatur lamanya respon layar ketika disentuh. Agar touchscreen memberikan respon normal, maka atur fitur ini pada skala yang tepat.

Caranya adalah dengan membuka menu pengaturan, kemudian pilih opsi tentang telepon dan cari nomor bentukan perangkat. Ketuk 5 kali pada nomor tersebut dan akan muncul notifikasi opsi pengembang telah aktif. Buka opsi itu dan temukan menu pengaturan. Barulah atur transition animation scale pada angka 5x.

5. Atur Pointer Speed

Selain cara-cara tersebut, masih ada cara mengatasi layar HP terlalu sensitif yaitu dengan mengatur pointer speed atau kecepatan penunjuk. Caranya masuk menu pengaturan pilih sub menu bahasa dan masukan, kemudian pilih pointer speed atau kecepatan penunjuk. Apabila layar terlalu sensitif, maka yang harus dilakukan adalah mengurangi kecepatan dengan menggeser slide poin ke sebelah kiri.

6. Hapus File Sampah

Dalam ponsel yang digunakan akan tersimpan sampah aplikasi atau cache yang jika dibiarkan akan mengganggu performa ponsel. Salah satunya yaitu termasuk sensitivitas touchscreen, sehingga seringkali pemilik ponsel harus rajin membersihkan file cache secara berkala.

#TRENDING  Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Kuning pada HP Samsung yang Efektif dan Mudah

Untuk mengatasinya, pastikan masuk di menu pengaturan terlebih dahulu. Kemudian pilih fitur penyimpanan, dan lihatlah berapa banyak cache file yang tersimpan. Lalu tekan opsi cache sampai muncul persetujuan untuk membersihkan file sampah dengan memilih OK. Biarkan prosesnya berlangsung sampai selesai dan rasakan touchscreen akan bekerja secara normal.

Demikianlah cara mengatasi layar HP terlalu sensitif yang harus diketahui pengguna ponsel. Touchscreen ponsel yang terjaga akan membuat nyaman ketika digunakan untuk segala pekerjaan. Bahkan, perawatan yang tepat dapat memperpanjang usia pemakaian perangkat.

Check Also

cara mengatasi jaringan wifi lemot di HP Samsung

Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Wifi Lemot di HP Samsung

Bukan lagi rahasia jika wifi memiliki jaringan yang lebih kencang daripada data seluler. Seperti halnya …