5 Cara Mengatasi Tombol Back home Dan Recent Tidak Berfungsi

HP touch screen hanya memiliki beberapa tombol saja dan jika salah satu tombol tidak berfungsi maka dapat mengganggu aktivitas pengguna ketika menggunakan HP. Oleh sebab itu jika terjadi kerusakan pada tombol sebaiknya segera perbaiki.

Cara Mengatasi Tombol Back home Dan Recent Tidak Berfungsi

Untuk memahami cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi perhatikan penjelasan berikut:

1. Restart Hp

Ketika Hp tiba-tiba error dan macet ketika sedang digunakan, merestart Hp bisa menjadi cara pertama untuk mengatasinya. Dengan melakukan restart Hp maka sistem error yang menyebabkan tombol pada Hp tidak berfungsi dapat diatasi dengan mudah. Umumnya cara yang satu ini efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan pada Hp.

Tombol tidak bisa berfungsi biasanya hanya karena adanya error sementara pada sistem. Hal tersebut bisa saja terjadi karena Hp yang overload. Atau bisa jadi karena membuka sebuah aplikasi tertentu yang tidak cocok di Hp pengguna.

2. Hapus Aplikasi yang Baru Saja Dipasang

Cara selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang baru saja dipasang. Jika masalah ini muncul setelah pengguna menginstal suatu aplikasi maka bisa jadi aplikasi tersebut bermasalah. Pengguna mungkin tidak menyadari jika aplikasi yang baru saja dipasang pada Hp dapat menyebabkan kesalahan sistem. Oleh sebab itu hapus aplikasi yang baru saja dipasang.

Setelah aplikasi yang dipasang dihapus. Selanjutnya restart Hp pengguna. Nyalakan kembali setelah beberapa saat dan coba periksa apakah tombol sudah berfungsi atau belum.

3. Unroot Hp

Apabila masalah tombol yang tidak berfungsi ini dialami setelah melakukan root maka, untuk mengatasinya adalah dengan unroot. Pengguna biasanya melakukan custom rom untuk kepentingan tertentu. Hal tersebut bisa saja menyebabkan tombol tidak berfungsi sebab custom rom yang dipasang tidak kompatibel dengan Hp.

4. Kembalikan ke Setelan Pabrik

Reset Hp bisa menjadi salah satu cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi. Biasanya cara ini menjadi jalan pamungkas untuk mengatasi permasalahan di Hp. Sebab semua konfigurasi yang pernah pengguna lakukan  akan dikembalikan ke setelan awal ketika Hp tersebut baru saja dibeli. Untuk melakukannya simak caranya berikut ini:

  • Buka pengaturan Hp
  • Kemudian pilih menu tentang ponsel
  • Setelah itu klik opsi reset data

Sebelum melakukan reset data cadangkan semua file yang penting agar tidak ikut hilang setelah Hp di reset. Cara yang satu ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai permasalah di Hp. Biasanya masalah terjadi karena adanya sistem error, kesalahan konfigurasi dan juga bug. Dengan reset Hp maka masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah.

5. Gunakan Aplikasi Pengganti Tombol Fisik

Jika dengan cara di atas belum mampu mengatasi masalah tombol yang tidak dapat digunakan, kemungkinan karena tombol fisik sudah rusak. Untuk mengatasinya bisa dengan menambahkan aplikasi bantuan di Hp. Bagi pengguna android bisa menggunakan aplikasi Assistive Touch for Android san juga Hand Soft Key.

Aplikasi ini bisa menjadi alternatif cara agar Hp tetap bisa digunakan dengan menggunakan tombol fisik yang rusak pada Hp. Setelah memasang aplikasi tersebut maka akan muncul tombol bayang yang ada di layar Hp. Dengan demikian aplikasi ini dapat menggantikan fungsi tombol pada Hp yang tidak bisa digunakan.

Itu tadi cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi. Meskipun terkadang bukan masalah serius namun jika terjadi hal ini akan mengganggu aktivitas pengguna ketika menggunakannya. Oleh sebab itu jika tombol fisik pada Hp sudah rusak pengguna bisa membawanya ke service center untuk memperbaiki.