6 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Gelap Saat Sedang Video Call

kromo

Kamera yang gelap saat melakukan video call bisa saja terjadi pada pengguna Xiaomi. hal tersebut tentu saja sangat mengganggu, terutama ketika hendak digunakan untuk hal yang penting. Cara mengatasi kamera Xiaomi gelap saat sedang video call sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana.

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Gelap Saat Sedang Video Call

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah sebagai berikut ini :

1. Restart Hp

Ketika kamera tiba-tiba error dan berubah menjadi gelap ketika digunakan, pengguna tak perlu panik. Hal pertama yang bisa pengguna lakukan untuk mengatasinya adalah dengan merestart Hp Xiaomi milik pengguna. Cara ini biasanya cukup efektif untuk mengatasi adanya error pada sistem.

#TRENDING  Cara Pasang Tema Pihak Ketiga MIUI 10 Permanen Tanpa Ribet!

Dengan demikian maka sistem dapat berjalan kembali secara normal. Setelah Hp menyala coba kembali kamera Hp Xiaomi. Apabila cara ini belum berhasil, maka simak cara selanjutnya.

2. Kembalikan Kamera ke Setelan Bawaan

Pengguna mungkin seringkali mengutak atik pengaturan kamera yang menyebabkan kamera Xiaomi menjadi gelap saat digunakan. Untuk memperbaikinya pengguna bisa mengembalikannya ke setelan bawaan. Caranya juga cukup mudah.

Masuk ke pengaturan Hp kemudian pilih ‘aplikasi sistem’. Setelah itu klik pada aplikasi ‘kamera’ dan pilih opsi ‘kembalikan setelan bawaan’. Dengan demikian pengaturan kamera akan dikembalikan sebagaimana awalnya.

3. Aktifkan Izin Kamera

Selanjutnya, kamera yang gelap saat digunakan juga bisa jadi disebabkan karena izin kamera belum diaktifkan. Pada beberapa tips Hp Xiaomi membutuhkan izin agar kamera bisa digunakan. Untuk mengaktifkan izin kamera simak caranya berikut:

  • Buka pengaturan pada Hp Xiaomi
  • Kemudian masuk ke menu aplikasi
  • Pilih aplikasi kamera kemudian aktifkan izin aplikasi

4. Hentikan Aplikasi dan Hapus Cache

Selanjutnya, cara mengatasi kamera Xiaomi gelap saat sedang video call adalah dengan menghentikan aplikasi kamera secara paksa dan menghapus cache kamera. Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi kamera Hp Xiaomi yang gelap saat digunakan. Untuk melakukannya simak caranya berikut:

  • Masuk ke pengaturan Hp
  • Kemudian pilih menu aplikasi
  • Pilih aplikasi kamera
  • Selanjutnya klik opsi paksa berhenti
  • Kemudian klik hapus data
#TRENDING  Rahasia Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh Mudah

5. Reset Hp

Mereset Hp berarti mengembalikan Hp ke setelan pabrik. Cara ini dapat dilakukan untuk mengatasi eror pada Hp Xiaomi yg menyebabkan kamera gelap saat digunakan. Setelah di reset maka seluruh setelan akan kembali seperti awal. Melakukan reset Hp merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah eror pada Hp. 

Untuk mereset Hp, pastikan pengguna sudah mencadangkan semua data yang dimiliki terlebih dahulu. Sebab ketika mereset Hp maka semua data akan ikut terhapus. Setelah data dicadangkan baru lakukan reset melalui menu pengaturan di Xiaomi. Kemudian pilih ‘setelan tambahan’ dan klik ‘cadangkan dan setel ulang’. Terakhir klik ‘kembalikan ke setelan pabrik’.

#TRENDING  Cara Mengubah Tulisan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Berkat Inovasi SamsungOne

6. Update OS

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi kamera yang gelap saat digunakan pada Hp xiomi adalah dengan melakukan update OS. Sebab bisa jadi masalah tersebut terjadi karena adanya error pada sistem dan membutuhkan pembaruan agar bisa kembali berjalan normal. Ketika update maka akan ada banyak perbaikan pada OS pengguna.

Untuk melakukan update OS bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Masuk pada menu ‘tentang ponsel’ kemudian pilih opsi ‘pembaruan’. Jika sudah terdapat pemberitahuan untuk melakukan update maka segera update OS agar sistem dapat kembali berjalan normal dan kamera bisa digunakan lagi.

Itu tadi adalah cara mengatasi kamera Xiaomi gelap saat sedang video call. Beberapa cara di atas dapat pengguna lakukan dengan mudah. Namun jika masalah ini masih belum bisa diatasi dengan cara tersebut, sebaiknya bawa Hp tersebut ke service center.

Tags

Related Post

Ads - Before Footer