2 Cara Membersihkan Speaker iPhone yang Terkena Air

iPhone yang jatuh ke air tentu sangat menyebalkan. Salah satu masalah yang bisa saja terjadi adalah speaker yang terkena air. Air yang masuk ke speaker dapat menurunkan kualitas suara atau bahkan merusak speaker. Namun beberapa pengguna masih kurang paham dengan cara membersihkan speaker iPhone yang terkena air.

Meskipun sebagian smartphone telah dilengkapi dengan komponen yang tahan air, namun bukan berarti perangkat benar-benar tahan terhadap air. Sebab terdapat syarat seperti berapa lama iPhone terkena air atau seberapa banyak air yang masuk. Jika pengguna iPhone ada yang mengalami masalah ini simak cara untuk membersihkan air dari speaker iPhone berikut ini:

Cara Membersihkan Speaker iPhone yang Terkena Air Secara Manual

Ketika iPhone terkena air maka pengguna harus segera mungkin mengeringkannya. Perlu diperhatikan bahwa ketika iPhone tercebur ke dalam air jangan goyang-goyangkan Hp untuk menghilangkan airnya. Sebab hal tersebut justru akan membuat air semakin masuk ke dalam komponen iPhone. Dengan demikian justru dapat berpotensi merusak komponen di dalam iPhone.

Sebaiknya angkat iPhone dan posisikan speaker menghadap ke bawah. Selanjutnya lap bagian luar iPhone menggunakan kain atau tisu. Kemudian untuk cara membersihkan speaker iPhone yang terkena air bisa dengan cara berikut:

1. Menggunakan Hair dryer

Untuk membersihkan air yang masuk ke speaker iPhone bisa dengan menggunakan hairdryer. Angin panas yang dikeluarkan oleh hair dryer dapat mengeringkan air yang masuk ke dalam speaker. Untuk melakukannya, atur suhu paling rendah kemudian arahkan hairdryer pada bagian speaker. Jangan terlalu lama ketika mengeringkan, beri jeda agar suhu Hp tidak terlalu panas.

#TRENDING  Cara Mengetahui Unlock Bootloader di Xiaomi dengan Mudah

2. Menggunakan Beras

Beras merupakan media yang sering digunakan untuk bisa mengeringkan Hp yang habis tercebur ke dalam air. Cara ini dinilai cukup efektif untuk menyerap semua air yang ada dalam Hp. Pengguna bisa menyelimuti Hp dengan beras lalu didiamkan selama 2-3 hari.

3. Menggunakan Silica Gel

Selain menggunakan beras ada juga barang lain yang bisa digunakan. Pengguna bisa mengeringkan Hp menggunakan silica gel, silica gel biasanya ditemui pada produk-produk seperti tas ataupun sepatu. Letakkan Hp iPhone di antara silica gel kemudian posisikan speaker menghadap ke bawah agar air dapat keluar dari speaker.

Cara Membersihkan Speaker iPhone yang Terkena Air Menggunakan Aplikasi

Selain menggunakan cara manual, pengguna Hp iPhone juga bisa menggunakan fitur bawaan dari iPhone. Fitur tersebut adalah Water Eject. Cara membersihkan speaker iPhone yang terkena air dengan fitur ini hanya dapat ditemukan pada perangkat iPhone yang menggunakan iOS 13.

Water Eject merupakan fitur dari iPhone yang memungkinkan Hp mengeluarkan gelombang suara dengan frekuensi 165 Hz untuk mendorong air agar keluar dengan sendirinya dari dalam speaker. Untuk menggunakan fitur pengguna iPhone harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Untuk mengetahui selengkapnya simak caranya berikut:

  • Pengguna bisa menggunakan fitur Water Eject dengan mengunduh aplikasi Shortcuts dari App Store.
  • Setelah aplikasi terpasang pada perangkat iPhone selanjutnya buka aplikasi tersebut dan buka pada menu Library.
  • Cari fitur Water Eject kemudian tambahkan ke Library.
  • Untuk mengeluarkan air dari speaker posisikan speaker menghadap ke bawah, kemudian klik Water Eject yang telah ditambahkan.
  • Kemudian pilih Begin Water Ejection, dengan demikian iPhone akan mengeluarkan suara dan air dapat keluar dengan sendirinya.
#TRENDING  Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di iPhone

Itu tadi cara membersihkan speaker iPhone yang terkena air. Dengan membersihkan air dari speaker maka pengguna dapat menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan pada speaker. iPhone telah dibekali dengan teknologi canggih Water Eject. Namun untuk pengguna iPhone dengan iOS 13 ke bawah untuk membersihkan air dari dalam speaker bisa menggunakan cara manual saja.  

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA