7 Cara Mengatasi Layar HP Vivo Bergerak Sendiri, Simpel dan Anti Ribet!

Masalah layar ponsel yang bergerak sendiri adalah permasalahan umum yang kerap kali terjadi, salah satunya pada HP Vivo. Tentu saja penyebab dan cara memperbaikinya pun bahkan hampir mirip. Kondisi layar ponsel yang bergerak sendiri ini pastinya sangat mengganggu pengguna. Oleh sebab itu, pengguna harus punya bekal cara mengatasi layar HP Vivo bergerak sendiri.

Cara Mengatasi Layar HP Vivo Bergerak Sendiri

Adanya beberapa cara mengatasi masalah tersebut akan sangat membantu pengguna jika tiba-tiba layar HP bergerak sendiri di tengah aktivitas. Pengguna smartphone Vivo bisa memilih salah satunya tergantung penyebab dari layar tersebut bisa bergerak sendiri. Berikut inilah cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah layar bergerak sendiri pada HP Oppo:

1. Ganti Baterai dengan yang Baru

Penyebab utama layar hp bergerak sendiri biasanya terletak pada masalah kelistrikan. Komponen yang berkaitan dengan hal tersebut yaitu baterai. Apabila komponen tersebut mengalami kerusakan, maka layar HP bisa bermasalah.

Umumnya disebabkan oleh oleh baterai yang memiliki tegangan tidak stabil. Selain itu, bisa juga karena kapasitasnya yang sudah tidak normal sehingga harus mengganti baterai baru agar kerusakan ini teratasi.

2. Dinginkan Ponsel

Suhu HP yang terlalu panas termasuk pemicu berbagai masalah, salah satunya layar menjadi bergerak sendiri. Sebab temperaturnya yang tinggi dapat mengurangi respon pada layar bahkan jadi berkedip atau bergerak sendiri.

#TRENDING  Cara Flash Xiaomi Redmi untuk Berbagai Macam Tipe

Mengenai masalah pemicunya ini, tentu cara mengatasi layar HP Oppo bergerak sendiri, harus mengurangi penggunaan HP dalam durasi yang lama. Namun jika sudah parah, dinginkan HP sebelum memakainya dan pastikan kurangi juga pemakaian aplikasi berat.

3. Ganti Charger

Sembarang menggunakan charger dapat mengakibatkan masalah ini. Oleh karena itu, disarankan agar pengguna menggunakan charger ori dari ponsel Vivo tersebut. Hal ini untuk menghindari kerusakan komponen listrik di dalamnya dan menyebabkan berbagai masalah lainnya.

4. Perbaiki Bug pada ROM/ Software

Adanya bug pada ROM dapat memicu layar menjadi berkedip atau bergerak sendiri. Munculnya bug ini umumnya dikarenakan adanya kegiatan penginstalan aplikasi yang malah bentrok dengan sistem operasi HP. Untuk mengatasinya, coba reset dan re-flash setelan data HP Vivo jika mengalami masalah tersebut. Sebab cara ini dapat memperbaiki secara efektif layar bergerak sendiri.

5. Perbaiki Bug Multitouch

Error bawaan pada layar smartphone disebut dengan bug multitouch. Masalah tersebut mengakibatkan layar bergerak sendiri bahkan melompat saat disentuh. Tentu saja hal ini membuat pengguna menjadi kurang nyaman dalam beraktivitas menggunakan ponsel.

Jika disebabkan oleh masalah tersebut, cara mengatasi layar HP Vivo bergerak sendiri adalah dengan menggunakan keyboard QWERTY. Alasannya karena keyboard ini font hurufnya besar, tentu saja dengan demikian bisa mengurangi masalah bug tersebut.

6. Periksa Pelindung Layar

Pelindung layar seperti anti gores dan lain-lain yang dipasang pada HP bisa menyebabkan layar menjadi bergerak sendiri. Walaupun memang masih jarang terjadi yang disebabkan oleh masalah tersebut, namun hal ini perlu diatasi agar ponsel nyaman dipakai.

Penyebab yang datangnya dari pelindung layar, biasanya dikarenakan adanya kotoran atau proteksi layarnya yang kurang melekat pada layar. Maka dari itu, untuk mengatasinya tinggal bersihkan saja layar tersebut agar layar tidak bergerak sendiri.

#TRENDING  Mengetahui Fungsi dan Cara Kalibrasi Baterai Samsung

7. Lakukan Factory Reset

Layar HP Vivo yang kemungkinan juga dipicu oleh sistem Android bermasalah. Jika ini benar terjadi, maka sangat disarankan agar pengguna segera melakukan backup data. Setelah itu, lakukan factory reset supaya masalahnya dapat diperbaiki. Tentu saja, cara terakhir ini termasuk efektif dalam mengatasi masalah tersebut.

Bagaimana mudah kan, cara mengatasi layar HP Vivo bergerak sendiri? Bagi pengguna smartphone Android khususnya Vivo ada baiknya untuk menghindari berbagai penyebabnya agar masalah tersebut tidak menimpa smartphone. Sebab, apabila layar terus bergerak sendiri bisa berdampak pada kerusakan LCD.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA