Penyebab dan Cara Mengembalikan Suara HP Oppo yang Hilang

Semua ponsel dilengkapi dengan speaker yang berfungsi sebagai penyalur suara, baik yang penerima telepon ataupun penelepon. Selain itu, speaker juga berfungsi mengeluarkan suara musik dari pemutar musik. Hanya saja, sering kali pada HP Oppo ada mengalami masalah dan menyebabkan suaranya hilang. Lantas sebenarnya bagaimana cara mengembalikan suara HP Oppo yang hilang?

Caranya memang sangat mudah, tapi sebelum membahas masalah cara memperbaikinya, pengguna perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. HP Oppo yang mengalami hilang suara baik saat menelepon atau mendengarkan musik disebabkan oleh beberapa masalah pada komponen tertentu di dalam perangkat. Berikut ulasan lengkapnya, yaitu:

Apa Saja Penyebab Suara HP Oppo Hilang?

Tentunya dalam memahami apa saja penyebab suara HP Oppo yang hilang, maka pengguna perlu mengetahui permasalahan komponen atau error yang disebabkan. Di bawah ini beberapa penyebab yang perlu diketahui lebih lanjut oleh pengguna HP Oppo:

1. Terjadi Kerusakan pada Komponen Speaker

HP Oppo yang tidak bisa mengeluarkan suara biasanya kemungkinan karena adanya kerusakan pada komponen speaker. Umumnya kerusakan ini terjadi dikarenakan beberapa kecerobohan pengguna, seperti memutar musik dengan volume keras, terkena air dan lain sebagainya.

2. HP Pernah Terjatuh

HP jatuh bisa menyebabkan kerusakan fatal, tetapi ada juga yang masih selamat. Salah satu masalah fatal yang bisa diakibatkan karena insiden ponsel jatuh ini adalah suara speaker yang menjadi hilang. Benturan yang menimpa ponsel Oppo akibat terjatuh kemungkinan mengakibatkan jalur suara pada speaker menjadi bermasalah atau terganggu. Hal inilah yang membuat HP Oppo menjadi kehilangan fungsi speakernya.

#TRENDING  5 Cara Menambah Memori Internal Hp Android Tanpa Root

3. Salah dalam Menyetel Pengaturan

Penyebab speaker ponsel tidak berfungsi lainnya adalah dikarenakan salah dalam pengaturan. Setting yang kurang tepat akan merubah fungsi speaker, maka dari itu harus hati-hati dalam melakukan pengaturan ponsel. Pengguna pun jadi tidak bisa mendengarkan musik atau menerima telepon secara lancar.

4. Ponsel Terinfeksi Malware

Smartphone yang terinfeksi Malware biasanya akan ada beberapa komponen tidak normal. Bahkan fitur yang ada tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Salah satunya suara ponsel menjadi hilang atau putus-putus saat menelepon dan lain sebagainya.

5. Sistem Operasi Mengalami Error

Sistem operasi yang error karena tidak di-update oleh pengguna bisa menyebabkan timbulnya masalah pada audio di perangkat Oppo. Hal tersebut akan berimbas pada speaker tidak berfungsi dengan normal. Tentu saja penyebab satu ini harus diketahui agar tidak terjadi permasalahan serupa.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Suara HP Oppo yang Hilang?

Pasca mengetahui penyebab dari suara HP Oppo menjadi hilang, tentu mengetahui cara mengatasinya juga tidak kalah penting. Sebab, cara ini adalah bekal bagi pengguna HP Oppo agar tidak kebingungan ketika ditimpa masalah tersebut. Berikut adalah penjelasan lengkapnya, yaitu:

  • Periksa pengaturan suara. Cara mengembalikan suara HP Oppo yang hilang yang pertama yaitu dengan memeriksa terlebih dahulu pengaturan suara dan getaran pada perangkat. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh pengaturan suaranya yang kecil.
  • Restart dan perbarui sistem operasi.  Langkah yang perlu lakukan untuk mengembalikan suara HP Oppo itu dengan memeriksa pembaruan sistem operasi, sudah terupdate atau belum. Kalau belum, segera update. Tapi lebih mudahnya bisa lakukan restart terlebih dahulu.
  • Bersihkan speaker. Saran selanjutnya untuk memperbaiki speaker yaitu dengan membersihkan komponennya. Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi hilangnya suara pada ponsel Oppo.
#TRENDING  Cara Menggandakan Aplikasi Di Hp Oppo

Itulah penyebab dan cara mengembalikan suara HP Oppo yang hilang. Disarankan bagi pengguna ponsel untuk selalu mewaspadai penyebab dari rusaknya speaker pada ponsel satu ini. Jika masalahnya terlanjur terjadi, maka cobalah untuk menerapkan rekomendasi cara di atas supaya ponsel bisa digunakan secara normal lagi.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA