Penyebab Kenapa Play Store Tidak Bisa Mendownload Tertunda dan Cara Mengatasi

kromo

Play Store merupakan salah satu fitur yang hanya dimiliki oleh pengguna Android, baik berupa ponsel maupun tablet. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna Android bisa mengunduh berbagai kebutuhan pada gawai. Namun tak jarang ditemui permasalahan seperti kenapa Play Store tidak bisa mendownload tertunda dan cara mengatasi yang dirasa cukup sulit.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebenarnya terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna. Namun terlebih dahulu pengguna harus mengerti penyebabnya. Di bawah ini penyebab mengapa Play Store mengalami penundaan ketika mengunduh beserta cara mengatasinya:

Kenali Dahulu Penyebab Download Tertunda

Terdapat berbagai permasalahan penyebab unduhan tertunda atau bahkan tidak dapat diproses sama sekali pada Play Store. Beberapa penyebab tersebut diantaranya, yaitu seperti berikut:

  • Koneksi internet yang tidak cukup stabil
  • Memori internal pada ponsel yang sangat terbatas
  • Versi Play Store yang digunakan usang
  • Adanya tumpukan sampah cache
  • Aplikasi diunduh secara bersamaan pada fitur Play Store
#TRENDING  Cara Instal Ulang Play Store yang Rusak Paling Up To Date 2022

Begini Cara Mengatasi kenapa Play Store tidak bisa mendownload tertunda

Pembahasan selanjutnya yaitu mengenai cara mengatasi apabila terjadi masalah pada pengunduhan Play Store. Adapun faktor kenapa Play Store tidak bisa mendownload tertunda dan cara mengatasi hal tersebut yaitu, antara lain:

1. Cek Koneksi Internet

Penyebab pertama pada tertundanya pengunduhan yaitu tidak stabilnya koneksi pada internet. Untuk itu, disarankan pengguna melakukan pengunduhan di tempat yang terbuka. Hal ini karena tembok pada bangunan dapat membuat internet menjadi tidak stabil.

Selain itu, periksa sisa kuota internet yang dimiliki. Disarankan untuk menggunakan WiFi pada saat melakukan download. Dikarenakan sinyal pada WiFi cukup stabil untuk digunakan, sehingga proses mengunduh aplikasi lebih cepat dilakukan.

#TRENDING  Cara Mengatasi Zarchiver This Folder is Read Only di Handphone Android

2. Segera Lakukan Pengecekan Pada Memori Internal

Faktor kedua pada pengunduhan tertunda yaitu memori internal yang terbatas. Biasanya hal ini dialami karena banyaknya aplikasi yang diinstal pada ponsel. Maka dari itu, lakukan penghapusan aplikasi yang tidak digunakan kembali.

Pastikan pula melakukan sortir pada beberapa aplikasi yang memang tidak digunakan. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan mengatasi permasalahan satu ini dengan baik.

3. Perbarui Play Store

Penyebab selanjutnya yaitu versi Play Store yang terdapat pada ponsel sudah kadaluarsa. Jika hal seperti ini terjadi, maka pengguna harus memperbarui versi Play Store. Pilih pengaturan pada Play Store, kemudian lakukan pembaruan fitur. Untuk melakukan pembaruan, ikuti langkah berikut:

  • Buka Play Store
  • Pilih akun Play Store pada bagian kanan atas
  • Kemudian tekan “Kelola Aplikasi dan Perangkat”
  • Pilih “Update Tersedia”

4. Cek Sampah Cache

Tertumpuknya cache karena penghapusan aplikasi mengakibatkan banyaknya memori internal yang dipakai. Untuk itu, selalu lakukan pembersihan cache ketika selesai menghapus aplikasi. Untuk menghapus cache pada Play Store, lakukan langkah berikut:

  • Pilih menu pengaturan pada ponsel. Kemudian klik “Aplikasi Saya”
  • Selanjutnya geser ke bawah, cari “Google Play Store”
  • Geser ke arah bawah, klik “Penyimpanan”
  • Pilih “Bersihkan Cache
#TRENDING  5 Aplikasi Adzan Terbaik Yang Memudahkan Umat Muslim

5. Jangan Unduh Aplikasi Secara Bersamaan

Penyebab terakhir yaitu pengunduhan beberapa aplikasi yang dilakukan secara bersamaan. Untuk mencegah tertundanya proses pengunduhan, download satu per satu aplikasi yang diinginkan. Pengunduhan yang dilakukan secara bersamaan juga mengakibatkan prosesnya menjadi lebih lama.

Setelah mengetahui kenapa Play Store tidak bisa mendownload tertunda dan cara mengatasi, maka pengguna Android tidak perlu khawatir apabila terjadi. Cukup periksa kembali perangkat pada ponsel, kemudian lakukan langkah sesuai dengan permasalahan yang ada. Dijamin tidak akan ada lagi yang namanya download tertunda atau permasalahan serupa lainnya.

Tags

Related Post

Ads - Before Footer