Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi Paling Mudah

Aplikasi pada handphone sangat penting untuk menunjang aktivitas. Namun terkadang beberapa aplikasi di dalamnya tidak bisa terpasang walaupun sudah terunduh terutama di handphone Android seperti Xiaomi. Hal ini tentu menjadi masalah baru bagi penggunanya.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi

Berikut inilah beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Xiaomi yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Aktifkan Fitur Unknown Resource

Fitur ini sebetulnya ada di setiap handphone Android dan tidak hanya pada Xiaomi saja. Fungsinya adalah untuk melindungi handphone dari aplikasi yang tidak jelas sumbernya, serta agar terhindar dari virus. Aplikasi yang terunduh kemungkinan tidak bisa terpasang karena fitur ini belum aktif, sehingga aplikasi dari luar play store tidak bisa terpasang.

Untuk mengaktifkannya cukup masuk ke pengaturan kemudian cari fitur keamanan dan cari opsi sumber tidak dikenal. Setelah itu, ulangi mengunduh aplikasi tersebut. Maka aplikasi yang diinginkan bisa terpasang dengan benar di ponsel.

#TRENDING  Rekomendasi Aplikasi Membuat Flowchart yang Populer

2. Restart Handphone dan Install Aplikasi Dalam Mode Pesawat

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Xiaomi yang paling cepat adalah restart handphone. Dengan memulai ulang perangkat dan menginstal aplikasi dengan mode pesawat, maka bisa mengatasi permasalahan satu ini.

Langkahnya cukup restart handphone Xiaomi dan nyalakan mode pesawat. Lalu ketuk file APK dan instal. Apabila melihat perintah “diblokir oleh play protect”, maka klik tombol “tetap install”. Jika aplikasi berhasil diinstal, maka matikan mode pesawat.

3. Pastikan Jaringan Stabil

Terkadang koneksi jaringan kurang stabil ketika hendak menginstal aplikasi di Google play store atau sumber lain. Hal tersebut menyebabkan proses download akan terhenti, tertunda atau bahkan mengulang dari awal terus menerus.

Solusinya adalah gunakan paket data kuota lebih banyak dan jaringan stabil. Pengguna bisa juga menggunakan wifi jika tidak ingin kuota habis terlalu banyak. Jadi, selalu pastikan dulu bahwa koneksi stabil ketika ingin mengunduh aplikasi.

4. Pastikan Memori Penyimpanan Cukup

Ukuran memori di setiap tipe handphone Xiaomi memang berbeda. Terkadang aplikasi yang akan diinstal berukuran 70 MB, namun setelah terpasang ukurannya bisa menjadi 200 MB. Memori melebihi kapasitas karena aplikasi yang digunakan terus menerus, sehingga cache dan data juga bertambah.

#TRENDING  7 Aplikasi Pengingat Jadwal Terbaik Bagi yang Sering Lupa Agenda Penting

Solusinya adalah cek memori secara berkala di manajer file. Maka akan terlihat berapa sisa memori di handphone Xiaomi pengguna. Setelah itu, hapus beberapa cache, file atau aplikasi agar dapat memasang aplikasi lain lagi.

5. Cek Kompatibilitas dan Versi Aplikasi

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Xiaomi selanjutnya adalah pastikan bahwa versi dan kompatibilitas aplikasi sudah sesuai dengan tipe handphone. Apabila tidak sesuai, maka otomatis aplikasi tidak bisa terpasang.

Solusinya cukup cari aplikasi versi lama dengan browsing di internet. Tambahkan kata old version pada aplikasi yang akan diunduh. Alternatif lain jika ingin menginstal lewat play store, maka lihat spesifikasi minimum aplikasi tersebut. Pastikan apakah sudah sesuai dengan handphone Xiaomi pengguna.

6. Reset Handphone

Sebetulnya reset handphone jadi cara yang simple dan ampuh. Fungsi mereset handphone adalah untuk menghapus foto, video atau aplikasi yang sebelumnya tersimpan. Jika tidak ingin semuanya hilang, maka pengguna bisa melakukan backup terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan mereset handphone otomatis membuat semua data akan hilang.

#TRENDING  Aplikasi Blur Wajah Di Video Yang Mudah Digunakan

Namun perlu dipastikan juga bahwa versi dan kompatibilitas aplikasi sudah sesuai dengan tipe ponsel. Jika tidak sesuai, maka percuma saja melakukan reset pada handphone. Aplikasi pun akan tetap tidak bisa terpasang.

Demikian 6 cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Xiaomi. Pastikan untuk menerapkan beberapa opsi tersebut agar aplikasi dapat digunakan dengan baik di ponsel yang dimiliki. Bila mengalami kesulitan lain, pengguna bisa membawanya ke jasa profesional.

Check Also

Aplikasi kamera selebgram feed aesthetic

5 Aplikasi Kamera Selebgram Feed Aesthetic

Aplikasi kamera selebgram feed aesthetic – Memiliki instagram yang rapi tentu merupakan impian semua orang, …