Cara Mengatasi Tombol Navigasi Xiaomi Tidak Berfungsi

kromo

Tombol navigasi yang mati atau tidak berfungsi pada ponsel kadang kala menjadi permasalahan yang cukup serius. Permasalahan ini bisa terjadi pada semua ponsel, tidak terkecuali ponsel keluaran Xiaomi. Untuk itulah, mengetahui cara mengatasi tombol navigasi Xiaomi tidak berfungsi sangat diperlukan.

Kerusakan pada tombol navigasi Xiaomi bisa kapan saja terjadi. Maka dari itu, mengetahui cara mengatasi tersebut diperlukan untuk berjaga-jaga jika nantinya mengalami permasalahan yang serupa. Jika kerusakan tombol navigasi pada Xiaomi ini terjadi, pastinya akan mengganggu kenyamanan pengguna ponsel.

Cara Mengatasi Tombol Navigasi Xiaomi Tidak Berfungsi

Penasaran bagaimana caranya, yuk langsung simak ulasan berikut.

1. Menghapus Aplikasi

Cara mengatasi tombol navigasi Xiaomi tidak berfungsi yang pertama bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi. Perlu diketahui bahwa ada sebagian aplikasi yang tidak bisa merespon dengan baik saat dioperasikan. Hal inilah yang menyebabkan tombol navigasi pada Xiaomi tidak berfungsi dengan baik.

#TRENDING  Hp Khusus Game FF Murah: Panduan Utama Untuk Memilih Smartphone Gaming Terbaik

Lantas aplikasi apakah yang dihapus? Untuk mengetahui aplikasi apakah yang perlu dihapus, pengguna bisa mencobanya pada aplikasi yang terakhir kali digunakan pada ponsel. Setelah aplikasi dihapus, cobalah untuk restart kembali ponselnya.

2. Membersihkan Anti Gores Ponsel

Anti gores memiliki peran besar untuk melindungi layar ponsel dari goresan dan benturan. Meskipun demikian, pemasangan anti gores pada ponsel juga dapat berpengaruh pada tombol navigasi. Salah satunya adalah tombol navigasi yang menjadi kurang responsif.

Selain itu, kebersihan anti gores juga perlu diperhatikan. Jika tidak dibersihkan dengan baik, anti gores yang kotor karena debu dan minyak dapat membuat tombol navigasi tidak merespon sebagaimana mestinya. Agar pemasangan anti gores ponsel tidak mempengaruhi responsivitas tombol navigasi, sebaiknya cukup pasang anti gores hanya di layar ponsel saja.

#TRENDING  5 Cara Menghapus Data Sistem Di Iphone dengan Mudah

3. Memeriksa Opsi Tombol di Status Bar

Memeriksa opsi tombol yang ada di status bar juga bisa menjadi cara mengatasi tombol navigasi Xiaomi tidak berfungsi. Cara satu ini bisa dikatakan cukup mudah. Pengguna Xiaomi hanya perlu memeriksa apakah opsi tombol yang ditampilkan di status bar aktif atau tidak.

Jika opsi tombol pada Xiaomi aktif, maka pengguna ponsel harus menonaktifkan untuk beberapa waktu. Langkah selanjutnya, cobalah untuk mengecek kembali tombol navigasi Xiaomi. Periksa apakah tombol navigasi tersebut dapat merespon dengan baik atau tidak.

4. Menghapus Efek Talk Back

Permasalahan tombol navigasi Xiaomi yang tidak berfungsi dengan baik dapat terjadi karena banyak hal. Salah satunya dikarenakan efek talk back. Untuk mengatasinya cukup mudah, pengguna harus masuk ke menu Pengaturan dan memilih Aplikasi Terinstall. Setelah itu, pilih aplikasi Talk Back dan nonaktifkan aplikasinya.

Langkah selanjutnya adalah menghapus data cache dan restart kembali ponsel Terakhir, silakan cek kembali tombol navigasi Xiaomi apakah berfungsi atau tidak. Apabila tidak berfungsi, maka bisa menggunakan alternatif cara lainnya.

#TRENDING  5 Cara Menghilangkan Notifikasi Memori Internal Hampir Habis pada HP Android

5. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Untuk memperbaiki tombol navigasi yang tidak berfungsi dengan baik juga bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi tombol navigasi. Cara satu ini bisa dijadikan alternatif jika cara lainnya tidak berhasil.

Selain memudahkan pengguna, bantuan aplikasi tombol navigasi ini juga dapat berguna untuk mengecek layar sentuh atau home button ponsel. Untuk mendapatkan aplikasi bantuan tombol navigasi ini pun cukup mudah. Pengguna bisa mendapatkannya secara gratis dengan mengunduh di Play Store.

Itulah beberapa cara mengatasi tombol navigasi Xiaomi tidak berfungsi yang bisa dilakukan. Cukup mudah bukan? pengguna pun bisa melakukan cara-cara di atas seorang diri tanpa bantuan. Cara tersebut perlu diketahui oleh pengguna Xiaomi untuk berjaga-jaga jika terjadi permasalahan pada tombol navigasi.

Tags

Related Post

Ads - Before Footer