Cara Mengatasi Kecerahan Layar HP
Cara Mengatasi Kecerahan Layar HP

6 Cara Mengatasi Kecerahan Layar HP Tidak Bisa Diatur

Brightness tentu mempengaruhi kenyamanan saat menggunakan smartphone. Karena di setiap kondisi ruangan, tingkat kecerahannya harus disesuaikan agar mata tidak lelah. Lalu bagaimana jika mengalami error? Jangan khawatir, cobalah cara mengatasi kecerahan layar HP tidak bisa diatur dengan beberapa tips berikut. Pastikan melakukannya secara bertahap dengan mengetahui masalah utama.

Cara Mengatasi Kecerahan Layar HP Tidak Bisa Diatur

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kecerahan layar hp tidak bisa di atur yaitu sebagai berikut ini :

1. Atur Brightness di Setelan

Karena kesalahan yang tidak diketahui, sering kali smartphone mengalami crash dan membuat beberapa sistem eror. Salah satu akibatnya terjadi pada bar notifikasi. Ketika dipakai untuk mengatur tingkat kecerahan, tombol tidak dapat bekerja. Jika itu terjadi, cobalah mengaturnya secara manual di menu Setelan. Caranya berikut ini:

  • Bukalah Setelan dan gulir layar untuk menemukan menu Tampilan.
  • Lalu carilah fitur Kecerahan Layar.
  • Aturlah manual dengan menggeser sesuai kondisi ruangan.
#TRENDING  Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di iPhone

2. Restart HP

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa restart menjadi solusi dari segala bug yang muncul dalam smartphone. Akibat sistem yang tidak stabil tersebut biasanya bisa berdampak pula pada pengatur tingkat kecerahan. Saat ditambahkan, layar malah tetap redup atau sebaliknya. Oleh karena itu, hilangkan error dengan proses ini.

Umumnya melakukan restart hampir sama di semua jenis smartphone. Caranya yaitu dengan menekan beberapa saat pada tombol power. Setelah dimunculkan opsi di layar, klik pilihan Mulai Ulang (Restart). Tunggulah handphone mati dan menyala kembali. Lalu coba atur tingkat kecerahan lagi apakah sudah normal.

3. Matikan Opsi Developer

Cara mengatasi kecerahan layar HP tidak bisa diatur ketiga yaitu dengan mematikan Opsi Developer. Bagi yang belum tahu, menu tersebut serupa Setelan dan letaknya tersembunyi. Mengaktifkan Opsi Developer menimbulkan efek samping, salah satunya pada brightness. Karena itulah, nonaktifkan dengan cara berikut:

  • Bukalah Setelan dan cari Opsi Developer. Jika tidak menemukannya bisa mengetikkan pada kolom pencarian di atas.
  • Geser tombolnya ke kiri untuk menonaktifkan.
  • Lakukan restart dan cek apakah kecerahan sudah dapat diatur.
#TRENDING  5 Cara Reset Ponsel Samsung Lupa Pin & Email

4. Masuk ke Safe Mode

Penyebab pengatur kecerahan tidak berfungsi yaitu adanya aplikasi yang mengalami crash. Untuk mengeceknya bisa masuk ke Safe Mode (Mode Aman) dan melakukan reboot. Masuk ke mode tersebut dengan menekan tombol power. Lalu pilih opsi Matikan Daya dan tekan Oke. Nantikan proses reboot.

Cobalah untuk mengatur brightness HP di sini. Jika berjalan, bisa dipastikan ada aplikasi error yang harus dihilangkan. Temukan aplikasi tersebut, biasanya yang paling akhir dipasang dan berhubungan terhadap fungsi layar. Setelah itu lakukan uninstall secara langsung atau melalui Setelan.

5. Unroot HP

Melakukan rooting memang bisa mendatangkan keuntungan, seperti mudah memasang aplikasi tertentu. Tapi ternyata, proses ini mempunyai risiko merusak sistem pada smartphone. Sehingga fitur-fitur lainnya ikut eror, seperti atur kecerahan. Jika sudah begini, segeralah lakukan unroot dengan melihat panduannya di internet sesuai tipe HP.

6. Lakukan Factory Reset

Menghapus semua data dan mengembalikan layaknya pengaturan pabrik membuat sistem diperbaharui serta bug diperbaiki. Tapi proses reset akan membuat pengguna kehilangan semua berkas dalam HP-nya. Jadi sebelum itu sebaiknya backup dulu data-data penting, seperti foto atau chat. Jika berkas sudah dicadangkan, bisa ikuti langkah berikut:

  • Buka Setelan dan temukan menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Gulir layar dan klik pilihan Kembalikan ke Setelan Pabrik yang ada di paling bawah.
  • Tunggu reset sampai berhasil.
#TRENDING  5 Cara Menambah Memori Internal Hp Android Tanpa Root

Dan itu adalah cara mengatasi kecerahan layar HP tidak bisa diatur karena ada bug dan masalah pada sistem. Saat fitur ini tidak berjalan tentu sangat mengganggu. Karena mata lebih terasa lelah menyesuaikan dengan brightness yang tidak sesuai. Cobalah tipsnya satu per satu hingga tombol kecerahan berfungsi seperti semula.

Check Also

cara mengatasi jaringan wifi lemot di HP Samsung

Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Wifi Lemot di HP Samsung

Bukan lagi rahasia jika wifi memiliki jaringan yang lebih kencang daripada data seluler. Seperti halnya …