Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo Y91C
Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo Y91C

Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo Y91C Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Vivo menjadi smartphone dengan banyak pengguna karena ketersediaan fitur yang beragam. Salah satu paling menarik adalah kloning aplikasi di Vivo Y91C. Tapi sebenarnya di mana letak fitur tersebut dan bagaimana mengaturnya? Berikut dijelaskan cara menggandakan aplikasi di HP Vivo Y91C. Ketahui juga apa saja kelebihan dan kekurangan fiturnya berikut ini:

Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo Y91C

Fitur kloning aplikasi ini sebenarnya sangat mudah dilakukan. Pengguna smartphone Vivo tidak memerlukan bantuan aplikasi lain karena memang fitur bawaan tersebut sudah tersedia. Termasuk juga dalam Vivo series Y91C. Berbeda dengan beberapa tipe sebelumnya yang belum menyediakan fitur kloning dan membutuhkan aplikasi tambahan.

Bagi beberapa pengguna Vivo Y91C mungkin sangat membutuhkan fitur ini untuk menunjang aktivitas hariannya yang memang mengharuskan penggunaan dua aplikasi. Jadi hanya dengan satu ponsel saja semua kegiatan bisa dikendalikan. Untuk mengaktifkan fitur tersebut coba ikuti penjelasan 5 tahapan dari cara menggandakan aplikasi di HP Vivo Y91C berikut:

  • Buka pengaturan. Fitur kloning aplikasi dapat ditemukan dalam menu Settings atau Pengaturan dalam smartphone Vivo Y91C. Jadi bukalah menu tersebut dengan meng-klik shortcut berupa gear atau langsung mengakses lewat tombol cepat di layar panel.
  • Pilih Apps and Notification. Dari beberapa pilihan yang ditampilkan, klik menu Apps and Notification. Yang mana dalam menu ini terdapat pengaturan untuk menggandakan aplikasi.
  • Klik pilihan App Clone. Setelah melakukan langkah kedua, carilah fitur App Clone yang terletak di baris ketiga. Menu ini ditandai dengan ikon dua kotak sama yang diduplikasi dan berada di bawah menu Screen time.
  • Aktifkan fitur kloning aplikasi. Pengguna akan memperoleh daftar aplikasi yang dapat digandakan. Carilah nama aplikasi yang ingin diduplikasi dan digunakan bersamaan. Setelah itu, gandakan dengan menggeser slider di sebelah nama aplikasi ke kanan hingga berubah warna biru.
  • Cek aplikasi yang digandakan. Jika sudah mengaktifkannya, secara otomatis akan ada dua aplikasi sama dalam satu smartphone. Coba kembali ke home screen dan cek apakah proses aktivasi fitur ini berhasil. Aplikasi duplikat ditandai dengan pita merah di sudut kanan.
#TRENDING  5 Cara Membuka Hp Android yang Terkunci Pin

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Kloning Aplikasi

Setelah menyimak cara di atas, sebaiknya ketahui juga apa saja kelebihan dan kekurangan dari kloning aplikasi ini. Fitur tersebut memang menguntungkan dan membantu para pengguna Vivo Y91C yang memerlukan dua akun sekaligus. Tapi memasang aplikasi yang sama dalam satu smartphone tidak mungkin bisa. Oleh karena itu, perlu untuk menggandakannya.

Dan inilah yang menjadi kelebihan fitur kloning aplikasi. Pengguna bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dengan tampilan satu layar melalui split screen. Termasuk juga membuat dua akun yang berbeda, seperti akun pribadi dan bisnis di WhatsApp. Aplikasi lain yang dapat digandakan di antaranya adalah Instagram, Facebook, dan Shopee.

#TRENDING  Cara Mengatasi Tombol Navigasi Xiaomi Tidak Berfungsi

Tapi di samping kelebihan tersebut, ternyata fitur ini mempunyai kelemahan. Menjalankan dua aplikasi sekaligus membuat kinerja smartphone Vivo Y91C menjadi meningkat dari biasanya. Akibat selanjutnya yaitu ponsel cepat panas atau mengalami overheating. Sehingga penggunaan baterai juga lebih boros daripada saat menggunakan satu aplikasi saja dan tentunya sering mengisi ulang daya.

Demikian penjelasan cara menggandakan aplikasi di HP Vivo Y91C secara langsung di menu Pengaturan dan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Fitur kloning tersebut memang memudahkan pengguna untuk membuat dua akun tanpa harus mengunduh platform yang lain. Tapi juga harus tahu bawah aplikasi duplikat membuat baterai boros karena smartphone bekerja lebih berat.

Check Also

Cara Mengatasi HP Samsung Mati Hidup Sendiri

Cara Mengatasi HP Samsung Mati Hidup Sendiri, Lakukan ini

Sampai detik ini cara mengatasi HP Samsung mati hidup sendiri masih paling dibutuhkan oleh sebagian …