Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Xiaomi dan Penyebabnya

kromo

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Xiaomi – Untuk memenuhi kebutuhan user-nya, produsen HP murah dan berkualitas kelas satu di Indonesia, Xiaomi telah menyediakan slot memori eksternal untuk penyimpanan tambahan. Namun sayang, masalah kartu SD tidak terbaca selalu datang menghantui. Banyak user yang mencari tahu cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Xiaomi dan mencoba untuk mengaplikasikannya, tetapi tidak pernah berhasil.

Padahal keberadaan kartu SD itu sangat penting untuk sebagian pengguna HP Xiaomi. Terlebih bagi para pengguna yang membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih dari yang telah disediakan oleh pihak Xiaomi. Agar tidak melakukan perbaikan berulang, coba pahami penyebab kartu SD Xiaomi tidak terbaca dan cara mengatasinya pada ulasan di bawah ini:

Penyebab MicroSD Tidak Terbaca di ponsel Xiaomi

Permasalahan terkait microSD yang tidak terbaca sistem di Hp Xiaomi tentu sangat mengganggu user dalam beraktivitas menggunakan HP. Lebih-lebih, untuk user yang memang memerlukan kapasitas penyimpanan besar. Misalnya user adalah seorang gamers yang sangat membutuhkan keberadaan kartu SD tersebut untuk melakukan instalasi game di dalam ponselnya.

#TRENDING  2 Cara Mengirim File dari HP Ke Laptop Lewat WiFi Tanpa Jaringan Internet

User akan kerepotan jika harus memindahkan file-file penting yang ada di dalam ponsel ke perangkat lainnya. Memangnya, apa penyebab kartu SD yang baru saja terpasang di HP Xiaomi tidak terbaca? Ada berbagai macam penyebab, bisa jadi karena adanya bug, masalah pada sistem MIUI, atau karena terjadinya kerusakan pada hardware.

Namun, bisa juga kerusakan berasal dari kartu SD yang digunakan. Bahkan sangat mungkin, jika kasus tidak terbacanya kartu SD pada HP Xiaomi akibat dari pengaturan HP yang belum sesuai. Untuk mengetahui penyebabnya, user dapat melakukan pengecekan melalui pengaturan. User bisa masuk ke bagian penyimpanan dan melihat apakah ada memori tambahan yang terbaca oleh sistem ataukah tidak ada.

#TRENDING  5 Cara Mengubah Video YouTube Menjadi MP3 di Android

Jika kartu SD sudah dipasang, tetapi tidak terbaca sama sekali maka, user harus memastikan bahwa pemasangan kartu SD sudah pada posisi yang benar. Jika tidak juga terbaca, ada kemungkinan bahwa kuningan yang terdapat pada karti SD bermasalah dan berakibat pada kerusakan kartu SD.

Cara Memperbaiki MicroSD Xiaomi yang Tidak Terbaca

Setelah mengetahui penyebab tidak terbacanya microSD pada HP Xiaomi, selanjutnya adalah mempelajari dan memahami cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Xiaomi. Langkah ini dapat coba dipraktekkan sendiri di rumah. User Xiaomi hanya perlu melakukan Unmount SD Card mengikuti instruksi yang ada di bawah ini:

  • Masuk pada menu pengaturan HP Xiaomi. Cari opsi penyimpanan yang ada di dalam menu pengaturan, kemudian pilih opsi “unmount SD card. Opsi tersebut ada di bawah keterangan persentase memori yang telah digunakan di HP Xiaomi. Cara ini dilakukan agar kartu SD dapat ter-eject dari HP Xiaomi. Tunggu sampai kartu SD benar-benar terlepas.
  • Sambungkan kartu memori. Setelah proses pelepasan kartu memori selesia, pilih opsi “Mount SD Card” yang terdapat pada menu pengaturan. Sambungkan lagi kartu SD yang tadi dilepaskan.
  • Copy File. Setelah melakukan pemasangan ulang, coba gandakan file yang ada di memori internal dan pindahkan ke kartu SD. Jika pemindahan tidak berhasil dilakukan, ulangi poin pertama dan kedua. Pastikan bahwa, tidak ada langkah yang terlewat.
#TRENDING  5 Cara Membuat Link Zoom Di Hp Android Gratis Tanpa Ribet

Bagaimana? Bukankah cara itu sangat mudah untuk dipraktikkan? Itulah cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Xiaomi dan penyebabnya. Apabila kasus nya memori tidak terbaca sama sekali, cobalah untuk memasangkan kartu SD tersebut pada perangkat lain. Apabila di perangkat lain masih terbaca, berarti ada kemungkinan kerusakan terjadi pada slot memori HP Xiaomi yang digunakan.

Tags

Related Post

Ads - Before Footer