6 Cara Mengecek Sensor HP Oppo Dijamin Pasti Berhasil!

Oppo merupakan merek Smartphone yang memiliki spesifikasi bagus dengan harga terjangkau. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan suatu saat akan mengalami kerusakan. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, sebaiknya harus mengetahui cara mengecek sensor HP Oppo agar tahu penyebabnya. Dengan demikian, kerusakan pun akan segera teratasi sebelum komponen lain turut rusak juga.

Pada dasarnya kerusakan di HP Oppo bervariasi mulai dari lama pemakaian, pemakaian yang kurang baik dan kerusakan dari perangkatnya. Jika hal ini diteruskan maka fungsi dari device tersebut akan menurun bahkan rusak dengan sendirinya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan melalui fitur Diagnostik pada aplikasi bawaan Oppo.

6 Cara Mengecek Sensor HP Oppo

Nah, agar lebih jelas dan paham, ikuti penjelasan di bawah ini!

 1. Nyalakan HP dan Ceklah LCD

Pertama kali yang harus dilakukan yakni nyalakan HP Oppo dan lakukan pengecekan pada seluruh layar LCD. Cek secara manual dan rabalah pada seluruh bagian HP. Dikhawatirkan apabila ada bekas perekatan lem, maka proses mengecek sensor tidak akan berhasil akibat LCD yang sudah diganti. Hal ini dikarenakan di tahap berikutnya akan ada pengecekan melalui sentuhan tangan.

 2. Bukalah Menu Pengelola Telepon

Kerusakan akibat sensor biasanya terjadi seperti kecerahan otomatis tidak berfungsi, layar tidak mati atau mati ketika ada panggilan telepon. Kesalahan tersebut disebabkan oleh gagalnya fungsi sensor. Fitur Diagnostik merupakan cara mengecek sensor HP Oppo melalui menu Pengelola Telepon. Langkahnya adalah setelah HP menyala, bukalah menu Alat Bantu, pilih Pengelola Telepon dan klik Diagnostik.

#TRENDING  Inilah Cara Melewati Aktivasi iPhone dengan Mudah

 3. Lakukan Deteksi pada Ponsel

Melakukan deteksi pada ponsel adalah hal terpenting untuk mengecek kerusakan sensor yang terjadi. Di samping agar mengetahui penyebabnya, cara manual ini merupakan proses untuk masuk ke tahapan selanjutnya. Pada halaman Diagnostik akan tertera spesifikasi dari perangkat yang dipakai diantaranya CPU, RAM dan Memori HP. Kemudian, klik opsi Setuju dan Lanjutkan pada kolom berwarna hijau yang terletak di bawah layar.

 4. Jalankan Fitur Diagnostik

Pada halaman Diagnostik akan muncul beberapa pilihan menu seperti Versi Sistem, Identifikasi Sidik Jari dan Cek Item Manual. Fokuslah pada bagian Cek Manual dan keterangan beberapa opsi di bawahnya. Beri tanda ceklist pada kolom yang tersedia, lalu klik menu Sensor. Ketuklah kolom Jalankan Diagnostik, maka akan muncul notifikasi perizinan. Pada menu tersebut pilihlah Saat Aplikasi Digunakan dan Izinkan.

 5. Lakukan Pengecekan pada Sensor

Melakukan pengecekan merupakan cara mengecek sensor HP Oppo yang terdiri dari 3 bagian. Ikutilah instruksi tersebut dan lakukan tahapan yang diminta oleh layar ponsel dengan klik Mulai. Pengecekan terdiri dari Sensor Kedekatan, Sensor Cahaya dan Sensor Lain. Pada bagian ini, akan diminta sentuhan telapak tangan yang didekatkan ke layar ponsel untuk mengetes apakah ada kesalahan atau tidak.

6. Ketuklah Tombol Selesai

Di tahap akhir akan muncul hasil pengecekan dan ketuklah tombol Selesai. Pada halaman ini ada 2 bagian keterangan yakni Materi device berupa Abnormal dan Normal serta menu Semua Hasil Pengecekan. Apabila ada kesalahan pada bagian Materi maka nominal angka akan menunjukkan dari skor nilai tersebut. Di bagian menu Hasil akan menunjukkan Normal jika perangkat tidak bermasalah begitu juga sebaliknya. 

#TRENDING  Apakah HP Infinix Awet? Ketahui Kelebihan dan Kelemahannya

Itulah keenam cara mengecek sensor HP Oppo yang dijamin pasti berhasil dan mudah dilakukan. Silakan mencobanya sendiri di rumah dan ikuti instruksi di atas tahap demi tahap agar prosesnya berhasil. Sensor adalah fitur terpenting yang tersedia pada Smartphone sebagai perlindungan privasi, mendeteksi gerakan maupun mengukur percepatan. Oleh sebab itu, pastikan fitur ini tidak ada masalah sebelum memutuskan membelinya.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA