2 Cara Membuka File Heic Di Hp Android dengan Mudah

Cara Membuka File Heic Di Hp Android – File HEIC yang berasal dari iPhone bukanlah hal familiar bagi pengguna android. Tidak banyak dari pengguna ponsel android yang mengerti cara untuk membukanya. Padahal, ini bukanlah hal mustahil untuk dilakukan. Ada berbagai macam cara membuka file HEIC di hp android yang bisa dicoba.

Anda tinggal memilih ingin menggunakan aplikasi pihak ke-tiga ataupun website online. Tinggal menyesuaikan sendiri sesuai kebutuhan pengguna. Jika sering membuka file HEIC, maka disarankan menginstall aplikasinya.

Tanpa harus berlama-lama lagi, berikut uraian selengkapnya tentang cara membuka file HEIC di hp android.

Apa Itu File HEIC?

File HEIC atau heiv merupakan file kompresi video efisiensi tinggi yang dikodekan HEVC. Jadi, sebelum tahu bagaimana cara membuka file HEIC di hp android pahami dulu apa itu file HEIC. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

File HEIC ini merupakan format yang digunakan pada gambar hasil jepretan menggunakan iPhone. Dikatakan bahwa file HEIC ukuran filenya setengah lebih kecil daripada file JPG. Namun meski lebih kecil, kualitas gambar yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan format JPG.

Bagaimana Cara Membuka File HEIC Di Android?

Sudah tahu tentang apa yang dinamakan file HEIC bukan? maka pengguna bisa langsung simak bagaimana cara membukanya. Di bawah ini akan disebutkan dua cara yang bisa pengguna coba. Untuk lebih jelasnya simak berikut:

1. Membuka File HEIC Melalui Sebuah Web

Cara pertama yang bisa pengguna coba adalah membuka melalui web. Jadi, meski hanya menggunakan android bukan iPhone pengguna masih bisa membuka file tersebut. Langkah sendiri bisa langsung simak pada perinciannya berikut:

  • Langkah pertama yang perlu pengguna lakukan sebagai cara membuka file HEIC di hp android adalah mengaktifkan jaringan internet pada ponsel.
  • Bila sudah, maka bisa coba buka aplikasi google Chrome yang merupakan aplikasi bawaan pada android atau bisa gunakan browser lain.
  • Selanjutnya, pengguna bisa klik kolom pencarian lalu buka alam atau kata kunci https://convertio.co atau bisa langsung klik link.
  • Kemudian bila sudah sampai halaman utama web tersebut, pengguna bisa pilih menu file.
  • Pengguna hanya perlu memilih tempat atau aplikasi dimana pengguna menyimpan file HEIC yang akan dibuka tersebut, lali pilih file.
  • Jika sudah begitu, pengguna bisa ubah file yang semua memiliki format HEIC itu ke dalam bentuk JPG.
  • Bila cara tersebut sudah berhasil mengubah file HEIC ke dalam format JPG maka proses telah berhasil.

2. Membuka File HEIC Dengan Bantuan Aplikasi

Jika cara buka file HEIC di hp android sebelumnya melalui web, maka kali ini menggunakan bantuan aplikasi. Jadi, bila memori penyimpanan pada android masih longgar pengguna bisa coba cara ini. Pengguna bisa langsung simak langkah caranya sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah mengaktifkan atau menyambungkan android dengan jaringan internet.
  • Bila sudah, maka bisa coba masuk ke dalam aplikasi play store atau tempat pengunduhan aplikasi lainnya yang ada di android.
  • Selanjutnya, cari aplikasi Luma: HEIC to JPG converter and viewer offline untuk menemukan aplikasi.
  • Jika sudah ditemukan aplikasinya, maka bisa langsung klik unduh pada aplikasi, lalu pasang dan gunakan.
  • Saat pertama kali membuka aplikasi, pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa aplikasi butuh perizinan, klik allow saja.
  • Pada halaman pertama akan ada ikon +, pengguna hanya perlu klik ikon tersebut.
  • Berikutnya klik pilihan berupa open single image atau pilih open image folder.
  • Cari gambar atau file dengan ekstensi HEIC yang akan dibuka menggunakan android tersebut.
  • Kemudian tinggal klik save as JPG untuk merubah format file tersebut dari hice ke JPG agar bisa dibuka menggunakan android.

Berikut tadi adalah sekilas penjelasan mengenai apa yang dinamakan file HEIC. Telah disebutkan juga dua cara membuka dokumen HEIC di hp android yang bisa langsung dipraktekkan pada android masing-masing.