5 Cara Mengatasi Wa Tidak Menanggapi Paling Mudah!

Bagi pengguna WhatsApp, mungkin sudah tak asing dengan notifikasi error berupa WhatsApp tidak menanggapi. Mungkin sebagian orang akan merasa panik karena mengira WhatsApp miliknya rusak. Namun, tak perlu khawatir begini cara mengatasi wa tidak menanggapi dengan mudah.


Dengan pemberitahuan seperti itu, mungkin ada yang merasa tidak terganggu. Karena jika didiamkan sebenarnya aplikasi akan kembali normal. Namun, terkadang meski sudah didiamkan sebentar pemberitahuan tersebut masih saja muncul.Oleh sebab itu, pengguna bisa praktikkan cara mengatasi wa tidak menanggapi berikut.


Cara Mengatasi WA Tidak Menanggapi yang Ampuh

1. Bersihkan Cache


Cara mengatasi wa tidak menanggapi pertama adalah dengan membersihkan cache. Setiap smartphone akan menyimpan data aktivitas setiap aplikasi dan dinamakan cache. Meski cache tergolong sedikit, namun bila tidak dibersihkan maka bisa sampai beratus mb hingga bahkan gb.


Dengan menumpuknya cache, tentu akan mempengaruhi kinerja dari WhatsApp sendiri. Jadi, pembersihan cache pada aplikasi WhatsApp dan aplikasi lainnya perlu dilakukan. Untuk membersihkan cache pun cukup mudah dilakukan.


Pertama masuk ke menu setelan atau setting. Selanjutnya pilih aplikasi terinstal lalu pilih aplikasi WhatsApp, buka penyimpanan, lalu klik hapus data, hapus data cache. Bila masih belum berhasil, coba lakukan hal tersebut pada aplikasi lain.

Instal Ulang


Apabila cara sebelumnya masih belum bisa bekerja, maka pengguna bisa coba cara selanjutnya. Jadi mungkin bukan masalah cache penyimpanan yang menumpuk, namun karena aplikasi sudah kadaluarsa. Bila aplikasi sudah kadaluarsa atau versi lama, maka aplikasi tidak bisa berjalan optimal.
Dengan begitu, pengguna hanya perlu menghapus aplikasi terlebih dahulu. Sebelum melakukannya, cadangkan data terlebih dahulu agar tidak hilang. Bila sudah, maka coba instal ulang aplikasinya. Sehingga, secara otomatis langsung menggunakan aplikasi versi terbaru dari WhatsApp.

#TRENDING  Membuat Feed Instagram Olshop yang Menarik Minat Pembeli

2. Bersihkan Ram


Cara mengatasi wa tidak menanggapi di urutan ke-tiga adalah dengan membersihkan RAM ponsel. Jika memang ponsel sudah penuh, mungkin tidak akan berpengaruh bila hanya membersihkan cache saja. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembersihan ram.


Pembersihan ram ini bisa dengan mematikan aplikasi yang masih aktif namun jarang digunakan pada aplikasi bawaan. Atau pengguna juga bisa menghapus aplikasi unduhan yang sekiranya memakan banyak ruang. Jadi, hapus saja aplikasi yang berukuran besar.


Untuk menghapus aplikasi sendiri cukup mudah diterapkan. Yakni pengguna hanya perlu menekan lama aplikasi yang ada pada layar utama. Setelah itu, klik atau geser aplikasi ke ikon tong sampah lalu klik uninstall dan selesai.

3. Bersihkan Memori Internal


Pada urutan keempat cara mengatasi wa tidak menanggapi adalah membersihkan memori internal. Bila pengguna selalu melakukan pengunduhan foto, video dan file lain yang terdapat di WhatsApp maka data tersebut akan masuk ke memori internal. Bila tidak dibersihkan maka akan menumpuk.


Jika sudah penuh, maka yang perlu pengguna lakukan adalah dengan menghapus foto, video atau file yang ada. Atau bila semua dirasa penting maka bisa pindahkan file tersebut ke penyimpanan eksternal. Jadi tambah ruang penyimpanan dengan sd card.

#TRENDING  Cara Menonaktifkan Pengguna Sekitar di Telegram

4. Restart Ponsel


Cara terakhir yang bisa dicoba adalah melakukan restart pada ponsel. Dengan melakukan restart, maka ponsel akan kembali fresh. Biasanya setelah melakukan restart, ponsel akan bekerja dengan maksimal kembali.


Melakukan restart juga tidak akan menghilangkan data di dalamnya, jadi tak perlu khawatir. Atau jika memang takut data akan hilang, maka bisa coba cadangkan terlebih dahulu. Namun umumnya proses ini tidak mengulang data dalam ponsel.


Itulah tadi adalah lima cara memperbaiki wa tidak menanggapi yang bisa pengguna lakukan. Bila masih saja tidak bisa, maka cobalah lakukan reset ponsel. Karena reset ponsel bisa menghilangkan semua data yang ada, jadi cadangkan terlebih dahulu.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA