5 Cara Menghapus Data Sistem Di Iphone dengan Mudah

Cara Menghapus Data Sistem Di Iphone – iPhone adalah ponsel berkelas yang dibekali spek tinggi dari semua sektor. Kendati demikian, untuk tipe lawas belum terlalu mencolok spek yang dihadirkan. Masih ada beberapa keterbatasan, salah satunya memori internal terbatas. Memori penyimpanan penuh pastinya cukup mengganggu aktivitas pengguna. Sistem mulai lemot dan kurang nyaman dipakai sehari-hari. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara menghapus data sistem di iPhone.

Untuk melancarkan kembali performa iPhone yang lelet, maka perlu membersihkan memorinya. Anda harus memastikan kapasitas memori memadai agar ponsel bebas ngelag. Sayangnya, belum banyak orang tahu bagaimana cara melakukannya.

Tanpa panjang lebar, begini cara menghapus data sistem di iPhone dengan mudah.

Beberapa Cara Menghapus Data Sistem di iPhone 

1. Membersihkan cache

Cara pertama untuk menghapus data sistem bisa diawali dengan menghapus file cache. Menghapus data berupa file cache pada iPhone terbukti membuat kinerja perangkat jadi lebih baik. Adapun langkah mudahnya sebagai berikut:

  • Pertama, pengguna dapat membuka aplikasi pengaturan atau setting yang terdapat di perangkat iPhone.
  • Kemudian, cari dan pilihlah menu Pengaturan Safari.
  • Apabila sudah menemukan, selanjutnya tekan menu tersebut dan pilihlah opsi Bersihkan Riwayat dan Data Situs web. Tunggu proses penghapusan hingga selesai.
#TRENDING  5 Cara Mengatasi System Launcher Tidak Menanggapi Pada Xiaomi

2. Melalui Sistem Penyimpanan

Selanjutnya, cara menghapus data sistem di iPhone juga bisa lewat sistem penyimpanan. Cara ini cukup efektif membersihkan atau menghapus data yang sudah tidak diperlukan lagi pada perangkat. Adapun untuk caranya sebagai berikut:

  • Langkah pertama, tentu saja membuka aplikasi pengaturan atau setting yang ada di perangkat iPhone.
  • Jika sudah, cari dan pilihlah menu Umum. Nantinya akan muncul beberapa opsi pilihan. Disini pengguna bisa pilih opsi Penyimpanan iPhone.
  • Lalu, cobalah scroll hingga pada menu Safari, pilih menu tersebut. Setelah itu, tekan data pada situs web.
  • Kemudian, pulih hapus semua data. Terakhir, proses penghapusan akan otomatis berjalan.

3. Menghapus Pembaruan iOS

Update File iOS kerap kali membuat data sistem menjadi penuh, dengan begitu pengguna perlu untuk menghapus. Seperti yang diketahui, perangkat biasanya akan melakukan update iOS jika ada yang baru.

Namun, pengguna terkadang tidak sadar akan aktivitas update tersebut. Sehingga tidak terkontrol dan membuat data sistem semakin banyak. Simak berikut untuk menghapusnya:

  • Hal yang perlu dilakukan yakni mengunjungi aplikasi pengaturan atau setting yang ada di perangkat iPhone.
  • Lalu, akan ditampilkan berbagai menu yang ada di halaman pengaturan. Disini, pengguna bisa cari dan pilih menu Umum.
  • Jika sudah, pilihlah opsi Penyimpanan iPhone.
  • Selanjutnya, cari dan tekan iOS updates. Terakhir, tekan opsi tersebut dan pilih Hapus. Maka, proses penghapusan salah satu data sistem di iPhone mulai berjalan.
#TRENDING  5 Cara Membersihkan RAM Di Hp Oppo A15 Paling Mudah

4. Menghapus File Aplikasi

Data Sistem memang cukup banyak sekali dari berbagai situs yang dijelajahi sampai pada aplikasi yang digunakan. Untuk cara menghapus data sistem di iPhone bisa dengan menghapus file pada aplikasi. Adapun berikut cara mudahnya:

  • Langkah pertama, bisa buka aplikasi pengaturan atau setting yang ada.
  • Kemudian, cari dan pilih menu General.
  • Selanjutnya, pilihlah menu iPhone Storage yang muncul di halaman menu General.
  • Jika sudah, dari menu iPhone Storage akan muncul berbagai aplikasi yang terpasang pada perangkat iPhone tersebut.
  • Kemudian, pilih data sistem dari aplikasi yang akan dihapus. Pilih aplikasinya dan tekan hapus cache.

5. Menghapus Aplikasi yang tidak digunakan

Terakhir, menghapus data sistem dari aplikasi yang ada. Terlalu banyak aplikasi yang terpasang akan membuat data sistem menjadi penuh. Dengan begitu, akan berpengaruh terhadap kinerja dari perangkat iPhone tersebut. Nah, untuk cara menghapus data sistem di iPhone sangatlah sederhana.

#TRENDING  3 Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo A12 Seperti Semula

Pengguna hanya tinggal cari aplikasi mana yang akan dihapus. Kemudian, tekan lama pada aplikasi tersebut sampai muncul opsi hapus. Pengguna bisa tekan opsi hapus tadi, maka aplikasi otomatis akan terhapus.

Itulah beberapa cara menghapus data sistem di iPhone dengan gampang. Data sistem yang terlalu banyak sering kali akan mengganggu kinerja dari perangkat, seperti adanya penurunan performa. Sehingga, menghapus data sistem sangatlah penting dilakukan pada file yang tidak diperlukan.

Leave a Comment