Cara Menghapus Google Smart Lock dengan Mudah

Cara Menghapus Google Smart Lock – Layanan keamanan dari Google yaitu Google Smart Lock pada dasarnya merupakan sistem keamanan yang sangat penting bagi pengguna google. Namun, tidak semua pengguna merasa nyaman dengan layanan ini. Sehingga beberapa pengguna lebih memilih untuk mencari cara menghapus google smart lock.

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai bagaimana cara menghapus layanan google smart lock. Ada baiknya jika pengguna mengetahui terlebih dahulu apa fungsi dan manfaatnya bagi pengguna. Dengan begitu, pengguna dapat mempertimbangkan kembali untuk menghapus layanan tersebut atau tidak.

Fungsi Google Smart Lock

Google smart lock memiliki fungsi yang sangat penting bagi pengguna layanan google. Fungsi utamanya yaitu sebagai sistem keamanan. Berikut ini merupakan fungsi google smart lock, yaitu:

  • Untuk menyimpan password atau kata sandi berbagai akun baik media sosial maupun akun-akun lainnya. Sehingga. ketika login ke salah satu akun tidak perlu memasukkan password manual. Hal ini juga dapat mengantisipasi apabila pengguna lupa dengan kata sandi akun yang dimiliki.
  • Fitur deteksi tubuh yang berfungsi untuk mengunci perangkat secara otomatis apabila perangkat diletakkan. Namun jika perangkat sedang dipegang atau di saku maka perangkat tidak akan terkunci otomatis.
  • Fitur buka kunci perangkat dengan deteksi wajah. Sehingga selain pemilik perangkat tidak bisa membuka perangkat sembarangan. Dan masih banyak fungsi lainnya.
#TRENDING  Cara Mengubah Foto Menjadi Ukuran Postcard Offline dan Online

Cara Menghapus Google Smart Lock

Bagi pengguna yang tidak nyaman dengan layanan ini dapat menghapusnya dengan mudah. Untuk menghapus layanan google smart lock dapat dilakukan melalui menu pengaturan perangkat dan juga melalui Chrome. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukannya:

1. Menghapus Google Smart Lock Melalui Pengaturan Perangkat

Setiap perangkat android memiliki pengaturan yang terhubung ke google. Sehingga cara pertama yang paling mudah untuk mematikan layanan tersebut adalah melalui pengaturan yang tersedia di perangkat android. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, bukalah menu pengaturan yang ada di perangkat android yang digunakan.
  • Selanjutnya carilah menu “Keamanan” dan langsung klik saja.
  • Lalu pilih “Setelan Lanjutan”.
  • Setelah itu, pilihlah menu “Smart Lock”.
  • Jika sudah maka pengguna akan diminta untuk memasukkan PIN, pola maupun sandi untuk memverifikasi bahwa yang melakukan benar-benar si pemilik akun.
  • Kemudian klik “Deteksi Pada Tubuh” lalu menonaktifkan menu “Gunakan Deteksi Pada Tubuh”.
  • Terakhir, hapus semua “Perangkat Terpercaya” dan juga “Tempat Percaya”, jika sudah maka Google smart lock pada akun-akun yang digunakan akan terhapus.
#TRENDING  5 Cara Mengecek Sisa Kuota Internet Axis Paling Mudah

2. Menghapus Google Smart Lock Melalui Chrome

Selain melalui pengaturan yang tersedia di perangkat, menghapus google smart lock juga dapat dilakukan melalui Chrome. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan. Bagi yang sedang mencari tahu bagaimana menghapus google smart lock melalui Chrome, mari simak langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, bukalah aplikasi browser Chrome terlebih dahulu.
  • Jika sudah masuk, maka selanjutnya silahkan buka pengaturan Chrome dengan cara mengetuk icon titik tiga yang ada pada sisi kanan atas halaman chrome.
  • Setelah itu, pilih menu “Kata Sandi” yang terletak persis di bawah tulisan “Isi Otomatis”.
  • Selanjutnya akan muncul 2 opsi, yaitu opsi “Masuk Otomatis” dan juga opsi “Tawarkan Untuk Menyimpan Kata Sandi”.
  • Yang perlu dilakukan pengguna adalah menghapus centang yang terdapat pada semua opsi yang diberikan.
  • Terakhir, pilih “OK” maka dengan begitu google smart lock pada akun-akun yang ada di perangkat tersebut akan terhapus.
#TRENDING  Cara Daftar Shopee Affiliate Tanpa Minimal Followers Bisa Mengumpulkan Rupiah

Demikianlah beberapa cara menghapus google smart lock yang dapat dilakukan dengan mudah. Namun, alangkah lebih baik jika google smart lock ini tetap digunakan demi keamanan akun-akun yang dimiliki pengguna.

Leave a Comment