Cara Membuat Situs Web di IG

Instagram selama ini mungkin populer sebagai platform berbagi foto dan video. Padahal, di IG kita bisa mempromosikan web blog untuk berbagi konten tulisan. Bagi pengguna yang memang hobi nulis, maka jangan sia-siakan kesempatan bagus ini. Traffic dari Instagram sangatlah besar dan cocok untuk memperluas pembaca. Cara membuat situs web di IG sama sekali tidak susah. Tenang, Anda bisa mempelajari pada artikel berikut.

Apa itu situs web dan bio di Instagram ?

Bio instagram adalah deskripsi pemilik akun pengguna di aplikasi instagram yang anda tampilkan di profil instagram anda , disini anda bisa memasukkan deskripsi tentang anda , bisnis anda , situs web yang bisa anda tempelkan di profil pengguna

Situs web pada Instagram adalah sebuah link website yang ditampilkan di profil pengguna. Fitur ini dihadirkan supaya pengguna bisa menautkan situs web, sehingga pemilik akun dapat memaksimalkan dalam memperluas jaringan relasi.

Situs web tidak hanya berupa link/website platform marketplace, melainkan bisa juga web blog bagi para penulis.

#TRENDING  Cara Mengatasi HP Bootloop Tanpa Ribet

Cara Membuat Situs Web di IG yang Anti Ribet

1. Membuat Situs Web di Akun Profil Instagram

Pertama, cara membuat situs web di Ig adalah dengan menaruh situs web pada akun profil Instagram. Selain nama akun dan bio untuk menuliskan hal tentang diri sendiri, Instagram juga telah menyediakan kolom khusus untuk situs web. Kalau begitu, bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama yaitu buka terlebih dahulu profil instagram.
  • Lalu cari tombol “Edit Profile”. Klik tombol tersebut.
  • Setelah itu, akan muncul banyak fitur seperti nama, nama pengguna, situs web, dan bio. Istilah pada bagian kolom situs web tersebut dengan memasukkan web marketplace maupun web blog.
  • Jika sudah diisi kolom situs web tersebut, cek kembali apakah sudah benar alamat web nya. Jika merasa sudah benar, tidak ada yang salah, bisa langsung klik tombol ceklis yang terdapat pada bagian pojok atas sebelah kanan.
  • Selesai. Kini kolom situs web telah terisi dengan alamat web. Ini akan bertahan selama 30 hari dan tidak bisa diganti. Maka dari itu sebelum klik ceklis, cek kembali.

2. Membuat Situs Web di Instagram Ads / Feed Instagram

Cara membuat situs web di Ig berikutnya adalah dengan memanfaatkan instagram ads. Sama seperti akan post gambar/video/sebuah kalimat di Instagram. Namun, yang bedanya disini, tinggal menautkan alamat web nya langsung. Untuk mengetahui lebih detailnya, simak langkah-langkah berikut ini:

  • Pilihlah sebuah gambar/video yang akan di upload nantinya.
  • Jika sudah ketemu, dan klik gambarnya, lalu klik ceklis pada pojok atas sebelah kanan. Lalu buatlah sebuah kalimat atau caption yang unik untuk judul dan penjelasan pada gambar/video yang di upload tersebut.
  • Jika sudah menuliskan caption yang menarik, langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan link website nya tersebut. Untuk link website atau alamat website, bisa di salin link nya. Tautkan atau taruh link tersebut pada lanjutan captionnya.
  • Cek kembali baik dari pemilihan gambar/video, dan juga pada caption nya. Cek juga alamat website nya untuk menghindari dari kesalahan menautkan alamatnya.
#TRENDING  Cara Mengatur Waktu Di Instagram dengan Mudah

3. Membuat Situs Web di Status Instagram/Instastory

Terakhir, cara membuat situs web di Ig adalah dengan memanfaatkan status instagram atau biasa dikenal dengan instastory. Cara ini sangat sedikit yang menggunakannya, karena masih bingung bagaimana menautkan alamat web pada instastory serta ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi.

Untuk mengetahui lebih dalam, simaklah langkah berikut ini:

  • Untuk menggunakan cara ini, langkah utama, terutama yaitu minimal harus memiliki pengikut sekitar 10K/ 10.000. Jika syarat itu sudah terpenuhi, ikuti langkah selanjutnya.
  • Pilih gambar/video yang ingin dijadikan status tersebut. Lalu buatlah caption yang menarik sesuai dengan gambar/video nya.
  • Terakhir yaitu dengan menautkan situs web seperti yang dilakukan cara kedua tadi. Sama seperti membuat status pada umumnya, bedanya hanya tinggal menaruh situs web nya. Nanti akan aktif sendiri fitur swipe up nya pada instastory.
#TRENDING  Daftar Followers Instagram Terbanyak di Dunia 2021

Baiklah, itu beberapa cara membuat situs web di ig yang bisa dicoba. Dengan memanfaatkan ketiga cara ini, akan semakin maksimal dalam jualan online maupun memudahkan pembaca bagi yang memiliki akun blog.

Tambahan untuk cara terakhir ini, jika pengikut atau followers nya berkurang mencapai 9000, maka fitur swipe up akan hilang.