5 Cara Mengembalikan Foto Instagram Yang Terhapus Di Galeri

Masih bingung dengan cara mengembalikan foto Instagram yang terhapus di galeri? Tidak perlu cemas, karena mudah banget untuk menyiasatinya. Ketika gambar yang diupload ke IG ternyata sudah dihapus, maka ada banyak opsi yang bisa dilakukan untuk menemukan foto tersebut kembali.

Berbeda cerita ketika foto yang terhapus tanpa sengaja tadi belum diposting, maka Anda perlu melakukan proses Recuva. Meskipun begitu, kemungkinan kembalinya cukup sedikit. Namun jika sudah, pengguna bisa memilih banyak opsi pemulihan tanpa bantuan aplikasi lain.

Cara Mengembalikan Foto Instagram yang Terhapus di Galeri

Adapun cara mengembalikan foto Instagram yang terhapus di Galeri seperti berikut ini.

1. Menggunakan Fitur Arsip Instagram

Cara mengembalikan foto Instagram yang terhapus di Galeri pertama adalah mencoba menemukannya kembali di arsip Instagram. Pasalnya semua postingan baik Story, Feed, Reels, dan Live Streaming semuanya akan tersimpan di arsip selama 30 hari.

#TRENDING  Cara Menghapus Akun Facebook Yang Lupa Kata Sandi Tanpa Ribet

Sebelum waktu tersebut berakhir, pengguna bisa memulihkannya kembali untuk disimpan di Galeri atau di posting ulang. Langkahnya di bawah:

  • Masuk ke aplikasi dan login menggunakan akun terdaftar.
  • Ketuk ikon garis 3 di pojok atas halaman.
  • Pilih saja arsip.
  • Tinggal pilih postingan apa yang ingin ditemukan (Story, Postingan atau Siaran langsung).

2. Melalui Google Foto

Meskipun terlihat menyebalkan karena memakan banyak ruang penyimpanan. Ternyata Google foto yang menjadi aplikasi bawaan ponsel ini terasa sangat berguna. Mengapa? Karena bisa menjadi salah satu alternatif dari cara restore foto Instagram yang terhapus di Galeri.

Namun pastikan sudah menghubungkan akun Gmail pengguna sebagai syarat pencadangan di dalamnya. Jika belum, kemungkinan besar tidak tersedia.

Baca : cara agar instagram tidak terhubung di facebook

3. Melalui File Manager

Jika ternyata cara yang saya bahas sebelumnya masih belum berhasil, langkah ini bisa menjadi pilihan. Sebab, hampir semua data aplikasi akan tersimpan di memori internal sebagai file sampah. Oleh karena itu, perlu melakukan pembersihan setiap saat.

Mengapa? Karena selain memenuhi penyimpanan juga akan membuat banyak masalah pada aplikasi. Mulai dari sering keluar sendiri, lambat, dan error. Bagaimana cara menemukan gambar tersebut? Berikut langkah yang dapat diikuti!

  • Masuk ke ‘File Saya’ atau ‘File Manajer’ perangkat.
  • Pilih ‘Penyimpanan internal’.
  • Kemudian temukan penyimpanan data aplikasi Instagram.
  • Jika sudah, klik dan tekan pilihan ‘Instagram Image’.
  • Di sana pengguna akan mendapati seluruh postingan yang pernah diupload sebelumnya.
#TRENDING  Cara Menambah Follower Twitter dengan Aplikasi Terbaru

4. Menggunakan Aplikasi ZIP

Jika pengguna mendownload aplikasi ZIP, masalah kehilangan gambar di aplikasi bukan menjadi masalah. Pasalnya, seluruh data akan tersimpan dengan rapi sekalipun pengguna sudah menghapusnya di Galeri dan File Penyimpanan. Selama pengguna belum menghapus di aplikasi ZIP, maka tetap tersedia.

Aplikasi pengubah format ini banyak fungsinya, selain bisa membuka file ZIP. Salah satunya sebagai penyimpanan seluruh data perangkat tanpa memori. Bahkan, beberapa orang memakainya udah memasukkan font tambahan ke dalam aplikasi melalui pembuatan folder di aplikasi ZIP.

Langkahnya tidak berbeda jauh dengan membuka file manager. Pengguna tinggal masuk ke aplikasi, lalu cari folder Instagram. Kemudian pilih data image dan temukan gambar yang dimaksud.

5. Aplikasi Bantuan Pemulihan Lain

Di Play Store terdapat banyak sekali aplikasi untuk memulihkan gambar yang sudah terhapus. Pilih salah satu yang paling terbaik berdasarkan rating, review pengguna lain, dan rekomendasi teman. Misal aplikasi Photo Recovery yang terbukti aman.

#TRENDING  Cara Menonaktifkan Pengguna Sekitar di Telegram

Namun sayangnya, pengguna perlu menghubungkan perangkat ponsel ke PC. Bagi yang tidak memilikinya mungkin bukan solusi yang dapat dipilih. Atau juga dapat meminjam pada orang terdekat.

Demikian beberapa alternatif cara restore foto Instagram yang terhapus di Galeri dan aplikasi. Gunakan metode diatas satu per satu, sampai menemukan yang ampuh.