Cara Mengecek Nomor Taspen dengan Mudah

Cara Mengecek Nomor Taspen – Keuangan yang stabil di masa pensiun merupakan hal yang diimpikan seluruh masyarakat, terutama PNS. Tentu saja hal tersebut bisa terwujud dengan melakukan kegiatan menabung. Salah satu pilihan untuk menyimpan uang adalah melalui Taspen. Namun, tidak bisa dipungkiri masih terdapat masyarakat yang belum mengetahui cara mengecek nomor taspen.

Taspen sendiri merupakan BUMN yang beroperasi dalam bidang jaminan hari tua serta dana pensiun bagi pejabat negara. Tentu dana taspen ini akan terkumpul apabila PNS aktif menjalani dinas di pemerintahan. Untuk iuran yang dikenakan pun terbilang sedikit.

Cara mengecek nomor taspen selengkapnya bisa disimak berikut.

Cara Mengecek Nomor Taspen Melalui Taspencare

Mengingat pembentukan jaminan sosial sangat penting untuk diterapkan sebagai bekal di masa purna bakti. Maka, sangat disarankan untuk menyiapkan dana tabungan asuransi pegawai negeri. Namun, sebelum menjalankannya PNS mesti mengetahui nomor taspen.

#TRENDING  5 Aplikasi Mempercepat Jaringan WiFi yang Wajib Dicoba

Tentu hal ini bertujuan untuk membuktikan bahwa nasabah tersebut memang benar terdaftar sebagai pegawai negeri. Di mana memiliki jaminan keuangan pada saat pensiun atau saat nasabah meninggal dunia. Untuk cara mengecek nomor taspen melalui Taspencare berikut ini informasinya:

1. Buka Situs Taspencare

Langkah pertama yang mesti dilakukan untuk mengecek nomor taspen adalah buka situs Taspencare. Tentu untuk mengakses situsnya, nasabah harus membuka salah satu aplikasi browser yang ada di perangkat laptop/PC seperti Chrome.

Jika browser sudah terbuka, silahkan ketikkan alamat https://tcare.taspen.co.id/tcare/ pada kotak pencarian. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga muncul halaman utama dari situs tersebut.

2. Pilih dan Isi kolom Pertanyaan

Setelah halaman utama dari situs Taspencare sudah terbuka, maka langkah selanjutnya adalah silahkan pilih dan isi kolom pertanyaannya. Nah, di dalam kolom pertanyaan, nasabah bisa mengkonsultasikan terkait dengan kendala yang dialami termasuk mengetahui nomor taspen.

Apabila nasabah telah mengisi kolom pertanyaan, silahkan klik tombol pencarian. Kemudian tunggu hingga pihak Taspencare memberikan nomor taspen. Jika masih bingung dengan dana asuransi ini, nasabah masih bisa menanyakan hal lain seperti pembayaran iuran/premi.

#TRENDING  2 Cara Scan Kode QR WiFi di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

3. Masukkan Kode Verifikasi

Sebelum nasabah telah menekan tombol pencarian, maka tahap berikutnya yang mesti dilalui adalah memasukkan kode verifikasi. Hal ini bertujuan agar data yang ditampilkan nantinya akan tetap aman tanpa adanya pembobolan. Kemudian untuk, memastikan bahwa nasabah yang ingin mengetahui nomor taspen tersebut, memang betul nasaba aslinya. Bukan pihak lain yang bermaksud ingin melakukan penipuan terhadap data yang dipertanyakan melalui kotak pertanyaan.

Cara Mengecek Nomor Taspen Melalui Aplikasi Taspen Mobile

Selain dengan memanfaatkan situs Taspencare, nasabah juga bisa menggunakan cara lain untuk mengecek nomor taspen melalui aplikasi taspen mobile. Tentu saja, cara ini terbilang sangat mudah untuk dijalankan.

Sebab, nasabah tidak perlu ribet untuk membuka aplikasi browser di perangkat laptop. Namun, cukup dengan mendownload aplikasinya melalui perangkat smartphone. Untuk tata cara pemakaiannya sebagai berikut:

1. Download Taspen Mobile

Tahap pertama yang harus dilakukan untuk mengecek nomor taspen menggunakan Taspen Mobile adala mendownload aplikasinya. Ketika ingin mendownloadnya, bisa melalui layanan Google Play Store. Setelahnya, silahkan pasang di perangkat smartphone.

2. Lakukan Pendaftaran

Setelah aplikasi Taspen Mobile sudah terpasang di perangkat smartphone, tahap selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Tentu saja, proses pendaftaran memerlukan identitas diri dengan memasukkan NIP, NIK serta tanggal lahir.

#TRENDING  Bagaimana Cara Melihat Foto Lama Di Google Foto

3. Masukkan Email Aktif

Apabila halaman identitas diri sudah terisi dengan lengkap, maka berikutnya adalah memasukkan email yang aktif. Hal ini bertujuan agar akun nasabah bisa terjaga keamanannya sehingga tidak dipergunakan secara bebas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Klik Menu Profil

Tahap terakhir untuk mengecek nomor taspen adalah mengklik menu profil. Tentu saja, karena semua data yang sudah nasabah isi pada saat pendaftaran telah tersimpan di menu profil pengguna. Jadi, para nasabah tak perlu bingung jika lupa atau menghilangkan nomor taspen.

Itulah tadi beberapa cara mengecek nomor taspen yang bisa dilakukan. Jadi, apabila PNS lupa dengan nomor taspennya bisa menggunakan metode tersebut.