Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka, Simak Beberapa Penyebabnya

Aplikasi DANA Tidak Bisa Dibuka – Menggunakan aplikasi DANA untuk transaksi sehari-hari memang sangat praktis. Namun, ada beberapa kendala yang seringkali membuat pengguna jengkel. Salah satunya aplikasi tidak dapat dibuka. Padahal, Anda sedang membutuhkan saldo didalamnya untuk melakukan pembayaran. Agar tidak bingung lagi, mari deh disimak apa saja penyebab aplikasi DANA tidak bisa dibuka berikut.

Setelah mengetahui faktor penyebab, kita bisa lebih mudah untuk mengatasinya. Sehingga, aplikasi DANA bisa dibuka kembali dan melakukan transaksi seperti biasa.

Faktor Penyebab Aplikasi DANA Tidak Bisa Dibuka

Kondisi ini sering terjadi, ketika aplikasi DANA mengalami salah satu masalah yang akan dijelaskan berikut ini. Selain karena bersumber dari aplikasi ternyata ada faktor lain yang membuat aplikasi DANA tidak bisa dibuka. Lebih singkatnya langsung saja simak penjelasannya:

#TRENDING  Cara Mengetahui Nama Kontak Kita di HP Orang Dengan Getcontact

1. Internet Tidak Stabil

Saat akan akses aplikasi khususnya DANA perlu menyambungkan smartphone ke internet. Kondisi internet yang tidak stabil akan mempengaruhi kinerja dari DANA itu sendiri. Misalnya internet dalam jaringan yang kurang, kuota limit, dan bahkan wifi yang tidak menjangkau.

2. Server Lagi Down

DANA memiliki server yang tentunya berperan besar dalam kelancaran membuka aplikasinya. Apabila server lagi down, bisa jadi DANA sedang dalam dua kondisi ini. Pertama adalah dalam kondisi pembaruan atau update. Kedua bisa jadi karena sedang perbaikan atau maintenance.

3. Versi Perangkat tidak Support

DANA Faktor ketiga alasan aplikasi DANA tidak bisa dibuka bisa jadi karena jenis perangkat yang tidak bisa mendukung adanya aplikasi DANA. Hal ini bisa terjadi dalam tipe ponsel yang tidak kurang dari versi 8.0 untuk perangkat android. Minimal ruang penyimpanan internal nya juga paling sedikit 2 GB.

4. Perangkat Kondisi Root

Kemungkinan yang terjadi ketika tidak bisa membuka aplikasi DANA karena kondisi hp telah di root. Alasannya hp yang di root dan akan mendeteksi perangkat apakah legal atau tidak di aplikasinya. DANA akan menolak membuka dan bahkan tidak dapat masuk akun.

5. DANA Aplikasinya Crash

DANA tidak bisa dibuka karena telah berhenti. Alasannya pun beragam, bisa jadi dipengaruhi oleh masalah aplikasi DANA ataupun perangkatnya. Bisa juga karena aplikasi tidak diupdate. Cache di perangkat banyak sehingga menghambat kerja DANA. Bisa juga dikarenakan OS di hp sudah tidak cocok lagi.

#TRENDING  Daftar 5 Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis Wajib Dicoba

Baca : Cara Melihat ID DANA Paling Mudah Di Aplikasi

Solusi Ketika Aplikasi DANA Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi DANA tidak bisa dibuka. Maka, penting juga tahu pemecahan atau solusi yang bisa dilakukan. Kali ini akan dijelaskan tentang penanganan masalahnya. Simaklah penjelasan yang berikut ini:

1. Stabilkan Sambungan Internet

Apabila diperiksa permasalahannya ada di sambungan internet, maka pengguna bisa memilih cara memulihkan internet agar stabil. Opsi yang pertama dengan ganti koneksi awalnya data dengan wifi yang terhubung. Opsi lainnya dengan restart data dengan matikan lalu hidupkan kembali datanya.

2. Re open Aplikasi DANA

Saat aplikasi menolak dibuka, maka caranya membuka kembali aplikasinya. Langkanya dengan tutuplah segera DANA yang belum bisa dibuka di perangkat. Kemudian hapus penjelajahan aplikasi DANA dari recent apps. Baru bisa kembali buka aplikasinya. Cara yang dianggap efektif ketika kondisi bug.

3. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi ternyata mengganggu kerja DANA. Apabila cache sudah banyak, maka bisa menyebabkan crash di aplikasi sehingga menolak terbuka. Langkahnya langsung saja hapus cache. Buka settings, pilih menu aplikasi tekan DANA lalu clear cache.

#TRENDING  2 Cara Mengganti Background Foto Menjadi Merah di PicsArt

4. Restart Perangkat

Solusi yang bisa dicoba adalah dengan memulai kembali perangkat yang digunakan di aplikasi DANA. Siapa tahu dengan merestart perangkat DANA bisa kembali terbuka. Caranya dengan tekan tombol power pilih restart dan tunggu sampai perangkat hidup lagi. Cobalah membuka aplikasi DANA.

5. Update DANA di Layanan Unduhan

DANA yang sudah kadaluarsa bisa jadi tidak dapat dibuka. Pengguna perlu mengupdatenya secara berkala agar performa aplikasi DANA bisa berjalan lancar. Saat aplikasi sudah tidak di update, maka updatelah di playstore bagi perangkat android dan App Store untuk iPhone.

Itulah faktor yang menjadi penyebab dan solusi pemecahan aplikasi DANA tidak bisa dibuka.